5 Makanan Ini Bisa Membersihkan Usus

By | August 12, 2019


Photo Credit: Flickr.com/Charles Haynes

DokterSehat.Com– Usus yang sehat akan memberikan pengaruh besar bagi kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sayangnya, kita masih sering menerapkan pola makan yang buruk sehingga akhirnya membuat organ pencernaan ini menjadi kotor dan rentan memicu datangnya masalah kesehatan. Pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk mengonsumsi makanan-makanan yang bisa membantu membersihkan usus secara rutin.

Berbagai makanan yang bisa membantu membersihkan usus

Jika usus sampai kotor, maka risiko untuk mengalami masalah kesehatan layaknya usus buntu, diare, atau demam tifoid akan meningkat. Karena alasan inilah kita harus rajin-rajin mengonsumsi makanan yang bisa membantu membersihkan usus dengan tuntas.

Berikut adalah makanan-makanan yang bisa memberikan manfaat kesehatan tersebut.

  1. Sayuran hijau

Sudah menjadi rahasia umum jika sayuran hijau adalah salah satu makanan yang paling baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan serat di dalamnya. Kandungan serat ini tak hanya akan membuat buang air besar menjadi lancar, melainkan akan ikut membantu membersihkan pencernaan dari berbagai macam kotoran dan racun sehingga usus pun akan menjadi lebih bersih.

Di dalam sayuran juga terdapat kandungan mineral dan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas sekaligus racun. Hal ini berarti, rutin makan sayur memang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan.

Hanya saja, pastikan untuk mengolah sayuran dengan benar seperti direbus, dijadikan sup, atau dijadikan lalapan mentah. Jika ingin menumisnya, sebaiknya memakai minyak sehat layaknya minyak zaitun. Ada baiknya kita juga tidak menggoreng sayuran karena akan membuatnya memiliki kandungan lemak jahat.

  1. Biji chia

Biji chia atau chia seeds lebih dikenal sebagai makanan bagi mereka yang menjalankan program diet. Tak hanya bisa membantu menurunkan berat badan, biji chia ternyata juga bisa memberikan manfaat detoksifikasi bagi saluran pencernaan, termasuk dalam hal membersihkan usus.

Mengingat rasa biji chia biasanya hambar, sebaiknya kita mengonsumsi biji chia dengan susu atau mencampurkannya di dalam makanan lainnya layaknya oatmeal atau yoghurt.

  1. Makanan yang diolah dengan teknik fermentasi

Makanan yang diolah dengan teknik fermentasi layaknya kimchi, yoghurt, dan tape memang memiliki rasa yang sedikit asam sehingga belum tentu disukai oleh banyak orang, namun pakar kesehatan menyebut makanan-makanan ini bisa memberikan banyak sekali manfaat kesehatan, khususnya dalam memperlancar pencernaan dan membersihkan usus. Makanan-makanan ini juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi semakin kuat.

  1. Berbagai jenis buah-buahan

Sudah menjadi rahasia umum jika buah-buahan adalah salah satu makanan terbaik bagi kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi di dalamnya.

Rutin mengonsumsi buah-buahan yang tinggi serat juga akan membuat pencernaan lebih lancar sekaligus membuat usus menjadi lebih bersih. Selain itu, beberapa jenis buah seperti alpukat tinggi kandungan asam lemak omega 3 yang bisa melindungi dinding usus dari berbagai macam racun yang berbahaya bagi kesehatan.

  1. Mengonsumsi minuman sehat

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperbanyak asupan teh hijau dan teh kombucha yang bisa membantu membersihkan usus dari berbagai macam kuman dan bakteri penyebab penyakit. Sebagai informasi, kombucha yang berbentuk gelatin ini ternyata bisa memberikan perlindungan bagi usus.

Minuman lain seperti yoghurt dan kefir juga sangat disarankan untuk rutin dikonsumsi jika ingin menjaga kesehatan pencernaan, membersihkan usus, dan meningkatkan kekuatan sistem imun tubuh.

Selain mengonsumsi makanan dan minuman ini, kita juga disarankan untuk memperbanyak asupan air putih yang bisa memperlancar sistem pencernaan dan proses pembersihan usus.





Source link