5 Khasiat Temulawak, Bahan Alami yang Digemari Jokowi

By | July 23, 2019


DokterSehat.Com– Melalui akun Instagram pribadinya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap rahasia yang membuatnya selalu sehat dan bugar di balik kesibukannya menjalankan roda pemerintahan negeri ini. Tak disangka, Jokowi ternyata rajin mengonsumsi ramuan bahan alami sejak 18 tahun silam. Ramuan ini terdiri dari campuran temulawak, jahe, dan kunyit.

Temulawak dan bahan alami lainnya digemari Presiden Jokowi

Dalam unggahan ini, Jokowi menyebut berbagai rempah-rempah ini dirajang dan ditumbuk. Setelahnya, bahan ini diseduh dengan air panas, disaring, dan kemudian diminum. Ramuan yang mirip dengan jamu inilah yang membuatnya selalu segar dan bertenaga.

Sebagai informasi, temulawak atau dalam dunia ilmiah disebut sebagai curcuma xanthorrizha termasuk dalam bahan alami yang mudah ditemukan di Indonesia. Bahan ini sering dijadikan bahan obat-obatan tradisional.

Berdasarkan sebuah penelitian yang diunggah hasilnya dalam Pakistan Journal of Nutrition, dihasilkan fakta bahwa temulawak tinggi kandungan antioksidan alami, khususnya curcumin yang bisa menangkal berbagai macam radikal bebas dan paparan-paparan lain yang bisa menyebabkan datangnya masalah kesehatan.

Berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari temulawak

Pakar kesehatan menyebut hobi mengonsumsi temulawak sebagaimana yang dilakukan oleh Presiden Jokowi bisa memberikan banyak sekali manfaat kesehatan.

Berikut adalah berbagai manfaat kesehatan tersebut.

  1. Bisa membuat nafsu makan meningkat

Cukup banyak anak-anak atau remaja yang kehilangan nafsu makan. Padahal, mereka membutuhkan nutrisi makanan demi bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Beruntung, pakar kesehatan menyebut orang tua bisa memberikan temulawak bagi buah hatinya demi mengembalikan nafsu makan mereka.

Selain dijadikan jamu, kini telah banyak obat-obatan atau suplemen yang dibuat oleh ekstrak temulawak yang bisa dikonsumsi demi membantu menambah nafsu makan dengan aman.

  1. Bisa mengatasi masalah pencernaan

Berdasarkan sebuah penelitian yang hasilnya diunggah dalam Clinical Gastroenterology and Hepatology Journal, dihasilkan fakta bahwa mengonsumsi jamu atau ekstrak temulawak bisa membantu mengatasi beberapa gangguan pencernaan seperti perut kembung, diare, serta dyspepsia. Kandungan alami di dalam rempah-rempah ini juga disebut-sebut bisa membantu meningkatkan fungsi pencernaan dengan efektif.

  1. Bisa membantu mengatasi masalah osteoarthritis

Pakar kesehatan menyebut kandungan di dalam temulawak cukup efektif untuk mengatasi penyakit degeneratif pada persendian seperti osteoarthritis. Penyakit ini bisa memicu sensasi nyeri dan kaku pada persendian.

Dalam peneltiian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine. Dihasilkan fakta bahwa ekstrak temulawak bisa memberikan efek layaknya obat ibuprofen atau obat penghilang rasa sakit dengan efektif.

  1. Bisa mencegah datangnya kanker

Sebenarnya, masih cukup sedikit penelitian yang membuktikan bahwa temulawak bisa mencegah datangnya kanker atau ikut membantu pengobatan penyakit ini, namun ada sebagian penelitian yang yakin jika ekstrak dari bahan alami ini bisa membantu pasien kanker prostat, kanker payudara, serta kanker usus mengalami peningkatan kemungkinan untuk sembuh.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada 2001 dan dilakukan di University of Maryland Medical Center, Amerika Serikat, dihasilkan fakta bahwa kandungan antioksidan di dalam temulawak bisa membantu melawan sel-sel kanker, menghambat perkembangnya, dan membantu proses penyembuhannya.

  1. Bisa dijadikan obat anti peradangan

Temulawak memiliki kandungan anti radang yang bisa mencegah produksi hormon prostaglandin E2 di dalam tubuh. Sebagai informasi, hormon ini bisa memicu peradangan dii tenggorokan, pencernaan, persendian, dan bagian tubuh lainnya.

Selain itu, temulawak dipercaya tinggi kandungan senyawa anti bakteri serta anti jamur sehingga bisa membantu kinerja berbagai macam organ tubuh, termasuk organ hati sehingga kondisinya akan tetap terjaga.





Source link