5 Khasiat Minum Kopi Saat Sarapan

By | August 30, 2019


Photo Source: Flickr/Susanne Nilsson

DokterSehat.Com– Banyak orang yang terbiasa minum kopi saat sarapan. Biasanya, hal ini disebabkan oleh faktor kebiasaan. Hanya saja, apakah ada manfaat kesehatan yang bisa didapatkan jika kita rutin mengonsumsi kopi saat sarapan pagi?

Berbahayakah Minum Kopi Saat Sarapan?

Pakar kesehatan menyebut minum kopi saat sarapan memang bisa memberikan manfaat kesehatan tersendiri. Banyak orang yang merasakan energi tubuh menjadi lebih tinggi setelah mengonsumsinya. Hanya saja, ada baiknya kita tidak meminumnya sebelum sarapan atau saat perut masih dalam kondisi kosong.

Jika kita meminumnya sebelm sarapan, dikhawatirkan akan membuat produksi asam lambung meningkat dengan drastis. Hal ini tentu akan memicu masalah asam lambung tinggi yang bisa menyebabkan sensasi tidak nyaman pada perut, perut kembung, begah, hingga sensasi nyeri pada ulu hati. Bahkan, jika hal ini sering terjadi, risiko untuk terkena tukak lambung atau luka pada dinding lambung bagian dalam akan meningkat.

Selain itu, dalam beberapa kasus, minum kopi di waktu yang terlalu pagi akan mempengaruhi produksi hormon kortisol di dalam tubuh. Meski dikenal sebagai hormon stres, hormon ini berperan besar dalam membuat rasa kantuk menghilang di pagi hari dan menambah energi.

Jika kita minum kopi di waktu yang terlalu pagi atau sebelum sarapan, dikhawatirkan akan membuat tubuh ketergantungan kafein dan akhirnya baru bisa menghilangkan rasa kantuk setelah minum kopi saja.

Berbagai Manfaat Kesehatan Minum Kopi Saat Sarapan

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan jika kita terbiasa minum kopi saat sarapan.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Menyediakan antioksidan dalam jumlah yang tinggi

Salah satu alasan mengapa kopi termasuk dalam minuman yang baik bagi kesehatan adalah tingginya kandungan antioksidan di dalam minuman ini. Kandungan ini akan membuat sel-sel tubuh lebih kuat sekaligus memberikan perlindungan dari paparan buruk radikal bebas yang bisa menyebabkan peradangan dan penyakit.

Keberadaan antioksidan ini juga bisa dijadikan penawar stres dan membuat pikiran menjadi lebih rileks. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi kopi hijau yang lebh tinggi kandungan antioksidannya.

  1. Bisa membantu kita lebih baik berkonsentrasi

Kandungan kafein di dalam kopi akan merangsang sel-sel otak agar bisa berkonsentrasi dan fokus menjadi lebih baik. Bahkan, mengonsumsinya bisa membuat kita mengatasi sakit kepala.

  1. Memberikan perlindungan bagi kesehatan usus

Kopi ternyata bisa memberikan manfaat layaknya probiotik. Hal ini berarti, mengonsumsinya akan membuat bakteri baik di dalam usus terjaga kondisinya. Keberadaan bakteri baik ini tidak hanya akan membuat pencernaan menjadi lebih lancar, melainkan juga akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Hal ini tentu akan membuat kita tidak mudah terkena penyakit.

  1. Bisa mendukung kesehatan pencernaan

Meskipun bisa menyebabkan kenaikan asam lambung bagi sebagian orang, kandungan di dalam kopi sebenarnya juga bisa mempengaruhi produksi enzim di dalam saluran pencernaan. Hal ini tentu akan meningkatkan proses pengolahan makanan dan penyerapan nutrisi.

Bagi sebagian orang, minum kopi juga bisa membuat buang air besar menjadi lebih lancar. Hal ini tentu akan mencegah datangnya sembelit atau susah buang air besar.

  1. Mendukung kesehatan hati

Telah ada penelitian yang menghasilkan fakta bahwa kandungan di dalam kopi bisa memberikan manfaat bagi kesehatan sel-sel hati. Hal ini tentu bisa mencegah datangnya masalah kesehatan layaknya sirosis atau atau penyakit hati berlemak.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak menambahkan gula pada kopi yang kita minum karena bisa membuat manfaat kesehatan dari minuman ini menurun.





Source link