5 Kebiasaan Ini Bisa Rusak Sistem Kekebalan Tubuh

By | July 6, 2019


DokterSehat.Com– Salah satu hal yang paling menentukan kondisi kesehatan tubuh adalah sistem kekebalan tubuh. Jika kondisinya prima, maka kita pun bisa melawan berbagai hal yang bisa menyebabkan datangnya penyakit, namun jika sistem kekebalan tubuh menurun, maka kita pun akan lebih rentan jatuh sakit. Sayangnya, kita cukup sering melakukan aktivitas yang akhirnya bisa membuat sistem kekebalan menurun.

Berbagai hal yang bisa membuat sistem kekebalan tubuh menurun

Demi mencegah paparan buruk radikal bebas, kuman, bakteri, dan berbagai hal lain yang bisa membuat sistem kekebalan menjadi semakin melemah, kita sebaiknya menjaga gaya hidup sehat dan menghindari berbagai hal.

Berikut adalah berbagai hal yang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Kurang tidur

Sudah menjadi rahasia umum jika kurang tidur bisa berimbas pada datangnya masalah kesehatan. Tak hanya tubuh yang kurang fit, terkadang kita juga akan merasakan gejala seperti pilek, batuk, meriang, hingga demam. Hal ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang semakin menurun.

Tanpa disadari, kurang tidur akan membuat kadar hormon stres semakin meningkat. Selain itu, hal ini juga akan membuat peradangan di dalam tubuh. Berbagai hal inilah yang berpotensi melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Melihat fakta ini, jika memang tidak benar-benar harus begadang, sebaiknya kita tidur tepat waktu setiap hari demi memastikan tubuh tetap sehat dan bugar.

  1. Kurang gerak

Selain karena bekerja di kantor seharian dengan posisi duduk, banyak orang yang terbiasa menikmati acara televisi atau memainkan gawai seharian. Meskipun cukup menyenangkan untuk dilakukan, kebiasaan ini akan membuat tubuh menjadi kurang gerak dan akhirnya mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dengan signifikan.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk rutin berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari demi menjaga kesehatan tubuh. Olahraga ringan seperti berjalan kaki atau bersepeda sudah cukup untuk memberikan manfaat kesehatan.

  1. Pola makan yang kurang sehat

Pakar kesehatan dari American Academy of Nutrition and Dietetics menyebut pola makan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dengan signifikan. Jika kita menerapkan pola makan yang tidak sehat seperti dengan terlalu banyak banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh, garam, dan gula terlalu tinggi namun malas mengonsumsi sayu dan buah-buahan, maka sistem kekebalan tubuh akan melemah.

Hal ini disebabkan oleh kandungan lemak jenuh, garam, dan gula yang bisa meningkatkan peradangan pada tubuh. Selain itu, jika kita kekurangan asupan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan, maka sistem kekebalan tubuh juga akan mengalami penurunan kekuatan dengan signifikan.

  1. Sering terkena stres

National Cancer Institute menyebut stres sebagai salah satu biang keladi dari penurunan sistem kekebalan tubuh yang berujung pada datangnya masalah kesehatan. Hal ini disebabkan oleh produksi hormon kortisol dalam jumlah yang lebih tinggi di dalam tubuh. Padahal, hormon ini akan mengganggu fungsi dari salah satu sel pelawan infeksi, yakni sel T. Hal ini tentu akan membuat infeksi lebih mudah menyerang tubuh kita.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengelola stres dengan lebih baik. Tak harus dengan berlibur, menikmati pemandangan alam di sekitar tempat tinggal, melakukan yoga, melakukan hobi yang disukai, hingga melakukan latihan pernapasan bisa membantu mengendalikan stres dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

  1. Merokok

Kandungan beracun di dalam rokok bisa memicu peradangan yang merusak sistem kekebalan tubuh. Bahkan, tak hanya rokok konvensional, rokok elektrik atau vape juga bisa memberikan dampak yang sama. Mereka yang menjadi perokok pasif juga lebih rentan untuk jatuh sakit karena tubuhnya kerap terpapar racun.





Source link