5 Kebiasaan Buruk yang Kita Sering Lakukan di Toilet

By | June 23, 2019


DokterSehat.Com– Hampir setiap hari kita melakukan aktivitas di toilet berupa buang air, baik itu buang air kecil dan buang air besar. Hanya saja, kebanyakan orang menganggap akivitas ini sebagai sesuatu yang jorok atau tidak sehat. Ditambah dengan berbagai kebiasaan buruk yang kita lakukan di dalam toilet, bisa jadi kita mengalami peningkatan risiko terkena masalah kesehatan.

Beberapa kebiasaan buruk yang sering kita lakukan saat berada di toilet.

Mengingat toilet sudah dikenal sebagai tempat yang dipenuhi oleh bakteri atau kuman, sebaiknya kita memang tidak lagi melakukan beberapa hal yang bisa mempengaruhi kesehatan kita.

Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk di toilet yang sebaiknya tidak lagi kita lakukan.

  1. Hobi membawa ponsel di dalam toilet

Hobi yang paling sering dilakukan oleh banyak orang di dalam toilet ini ternyata sangat tidak sehat. Meskipun bisa membuat kita merasa asyik karena bisa memainkan ponsel untuk berselancar media sosial, bermain game, atau hal-hal lainnya selama buang air, hal ini justru bisa embuat kita lebih rentan untuk terpapar bakter atau kuman penyebab penyakit.

Pakar kesehatan menyebut ponsel yang sering dibawa ke dalam toilet cenderung memiliki kandungan kuman yang sangat tinggi. Masalahnya adalah kita juga memakai ponsel di saat-saat lainnya, baik itu saat berada di kasur, hingga memainkannya saat makan. Kuman yang mengontaminasi ponsel saat berada di toilet pun bisa berpindah ke tangan, wajah, hingga masuk ke dalam mulut kita saat kita mengonsumsi makanan.

  1. Menggunakan toilet terlalu lama

Hal ini sebenarnya juga terkait dengan penggunaan ponsel saat buang air besar. Pakar kesehatan menyebut kebiasaan memainkan ponsel telah membuat banyak orang cenderung menghabisan waktu di dalam toilet jauh lebih lama dibandingkan dengan jika buang air besar tanpa membawa ponsel.

Masalahnya adalah terlalu lama berada di dalam toilet akan memberikan tekanan jauh lebih besar bagi pembuluh darah vena di dalam anus sehingga akan membuat kita lebih rentan terkena wasir atau ambeien.

  1. Cebok dengan teknik yang salah

Ada sebagian orang yang cebok dengan menyiramkan air dari arah depan ke belakang, namun ada juga yang menyiramnya dari arah belakang ke depan. Cara penyiraman air yang kedua ini dianggap sangat tidak baik bagi kesehatan.

Jika kita menyiram air dari arah pantat dulu dan mengarah ke organ vital, bisa jadi hal ini akan membuat risiko terkena infeksi saluran kemih meningkat. Kondisi ini cenderung lebih rentan menyerang kaum hawa dibandingkan dengan pria.

  1. Malas mencuci tangan setelah buang air besar

Salah satu kebiasaan paling buruk yang dilakukan cukup banyak orang ini bisa membuat kita lebih rentan jatuh sakit, lho. Jika kita tidak mencuci tangan setelah buang air besar, maka kuman-kuman di dalam toilet akan menempel pada kulit dan bisa berpindah ke dalam mulut atau wajah saat kita menyentuh muka dengan tangan atau mengonsumsi makanan tertentu.

  1. Menyiram kloset tanpa menutupnya

Sebenarnya, hal ini hanya berlaku jika kita menggunakan kloset atau toilet duduk. Usai buang air besar, kita akan menekan tombol flush. Hal ini akan membuat air dengan tekanan dan jumlah yang cukup besar akan segera membersihkan saluran pembuangan kloset.

Jika kita tidak menutupnya saat melakukannya, maka kuman akan lebih mudah tersebar ke seluruh toilet, termasuk ke baju atau kulit kita. Padahal, beberapa kuman yang bisa saja berpindah ke tubuh kita ini berbahaya seperti bakteri e.coli penyebab gangguan pencernaan.





Source link