5 Jenis Olahraga untuk MS dan Manfaatnya untuk Tubuh

By | July 3, 2019


DokterSehat.Com – Multiple Sclerosis atau MS adalah salah satu penyakit autoimun yang banyak menyerang seseorang khususnya wanita. Kalau seseorang terkena MS, fungsi organ tubuhnya akan mengalami penurunan khususnya di saraf karena sistem imun justru menyerang jaringan itu karena dianggap sebagai sesuatu yang berbahaya.

Manfaat latihan untuk penderita MS

Seseorang dengan kondisi MS akan mudah sekali mengalami masalah dengan alat gerak. Olahraga yang dilakukan oleh penderita MS dianggap bisa menyebabkan masalah pada mereka. Padahal dengan memilih jenis olahraga yang tepat dan melakukannya dengan benar, beberapa hal di bawah ini bisa didapatkan.

  • Meningkatkan mobilitas seseorang. Penderita MS bisa bergerak dengan lebih mudah dan melakukan berbagai aktivitasnya tanpa merasa terbebani lagi.
  • Otot akan menjadi lebih fleksibel dan fungsinya bisa meningkatkan. Kalau fleksibilitas dari otot mengalami penurunan, Anda akan sulit melakukan berbagai aktivitas. Bahkan mengangkat suatu benda pun tidak bisa dilakukan dengan sempurna.
  • Seseorang dengan kondisi MS biasanya pasrah dan tidak bisa banyak melakukan aktivitas. Bahkan ada yang susah melakukan pekerjaan dengan baik. Dengan latihan, kehidupan akan lebih mudah secara general atau umum.
  • Mencegah terjadinya komplikasi MS. Seseorang dengan kondisi memang tidak bisa disembuhkan. Namun, gejala dan efek dari MS bisa diminimalkan. Akhirnya berbagai dampak yang parah seperti komplikasi tidak akan terjadi.
  • Mencegah terjadinya gangguan mental seperti depresi yang umum terjadi pada mereka yang memiliki MS.

Jenis latihan untuk penderita MS

Penderita MS memang bisa berolahraga, tapi tidak semua jenis olahraga bisa dilakukan. Kalau Anda salah melakukan olahraga, kemungkinan besar bisa memicu cedera. Berikut beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh penderita MS.

  1. Latihan aerobik

Latihan aerobik juga bisa dilakukan oleh seseorang yang mengalami kondisi MS. Latihan aerobik yang dilakukan bisa dalam bentuk senam, bersepeda, atau sekadar jogging ringan asal rutin dilakukan setiap harinya.

Dengan melakukan latihan aerobik, Anda akan mendapatkan cukup banyak manfaat seperti energi meningkat, mood jadi membaik, kesehatan jantung meningkat, dan kondisi fisik secara menyeluruh bisa dinaikkan.

  1. Latihan beban

Masalah kekuatan otot adalah isu utama pada penderita MS. Kalau kondisi MS sedang memburuk, seseorang akan mengalami beberapa masalah seperti penurunan kekuatan otot dan tubuhnya jadi terlalu kaku. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan angkat beban yang progresif.

Latihan beban dilakukan dengan beban yang rendah di awal latihan. Selanjutnya setiap beberapa minggu atau bulan sekali akan ada tambahan beban agar kekuatan otot tubuh meningkat dan bisa digunakan secara maksimal untuk kehidupan sehari-hari.

  1. Tai Chi

Tai Chi adalah olahraga yang dilakukan untuk memberikan kelenturan pada tubuh dan juga memperbaiki kondisi mental tubuh. Singkatnya tai chi mirip dengan yoga dan bisa membuat tubuh jadi lebih sehat termasuk menurunkan tekanan darah dan menurunkan stres.

  1. Yoga

Yoga memiliki kelebihan dibandingkan dengan jenis olahraga lainnya. Dengan melakukan yoga, anda akan memperbaiki toga hal buruk yang terjadi pada tubuh. Dengan melakukan yoga, Anda bisa meningkatkan kelenturan dari tubuh sehingga gerakan yang dilakukan tidak akan mengalami kaku.

Selanjutnya olahraga juga membuat seseorang mudah sekali meningkatkan kekuatan otot yang selama ini menurun. Terakhir, yoga lebih banyak dilakukan untuk memberikan ketenangan sehingga kondisi stres atau mungkin depresi juga bisa diatasi perlahan-lahan.

  1. Olahraga di air

Olahraga yang dilakukan di dalam air memiliki cukup banyak manfaat untuk penderita MS. Pasalnya olahraga yang dilakukan di dalam air akan membuat seseorang tidak mengalami overheating yang memperburuk kondisi MS dan bisa memicu gejala muncul seperti tubuh jadi kaku dan sulit digerakkan lagi.

Berolahraga di dalam air juga menghindarkan seseorang mengalami kecelakaan karena tubuh tidak begitu seimbang. Anda bisa melakukan berbagai olahraga di dalam air seperti berenang, berjalan di dalam air, atau melakukan olahraga lainnya asal intensitasnya tidak berlebihan.

Tips olahraga untuk penderita MS

Melakukan olahraga secara rutin memang baik untuk mengatasi berbagai gejala yang berhubungan dengan MS. Namun, kalau Anda baru saja melakukan olahraga, kemungkinan besar akan memicu lelah berlebihan hingga kaki di kaki dan tangan.

Karena masih memungkinkan terjadinya efek samping, olahraga hanya boleh dilakukan maksimal 2 jam saja per sesi. Atau Anda bisa mengenali sendiri seberapa besar kemampuan diri. Berikut tips melakukan olahraga untuk penderita MS.

  • Berhenti olahraga kalau sudah tidak merasa nyaman seperti lelah berlebihan, pusing, badan jadi sangat panas, kesadaran menurun, dan koordinasi tubuh kian anjlok.
  • Sebisa mungkin membawa air yang cukup saat berolahraga. Kalau sudah merasa haus, segera minum dan jangan membuat tubuh mengalami dehidrasi.
  • Pilih jenis olahraga yang tepat dan menggunakan beberapa alat untuk membantu. Terkadang penderita MS memiliki masalah dengan keseimbangan tubuhnya. Kalau olahraga dilakukan tanpa bantuan, mereka akan rawan jatuh dan mengalami cedera.
  • Selalu lakukan pemanasan dengan baik sebelum melakukan olahraga. Pemanasan dilakukan dengan melakukan gerakan ringan atau peregangan di beberapa bagian tubuh agar lebih relaks dan tidak mengalami cedera.
  • Selalu perhatikan sekitar saat berolahraga. Seseorang dengan gangguan ini mudah jatuh. Kalau di sekitarnya ada benda berbahaya akan sangat berisiko.
  • Tidak usah tergesa-gesa saat berolahraga. Kalau Anda melakukan olahraga, selalu fokus pada form gerakan yang benar agar tidak mengalami cedera.

Inilah beberapa ulasan tentang jenis latihan yang bisa dilakukan oleh mereka yang mengalami gangguan multiple sclerosis atau MS. Dengan melakukan latihan di atas, seseorang dengan gangguan MS bisa melakukan aktivitasnya dengan baik dan mobilitas tubuhnya tidak akan menurun karena sudah terlatih dengan sangat baik.

 





Source link