5 Jenis Olahraga Terbaik untuk Menurunkan Kolesterol

By | Agustus 16, 2019


DokterSehat.Com– Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menurunkan kolesterol. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Hanya saja, apakah ada olahraga yang bisa membantu menurunkan kolesterol darah dengan efektif?

Olahraga yang bisa membantu menurunkan kolesterol

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis olahraga yang bisa kita lakukan untuk menurunkan kolesterol darah. Hal ini tentu akan berimbas pada menurunnya risiko terkena penyakit kardiovaskular seperti hipertensi, aterosklerosis, penyakit jantung, stroke, dan lain-lain.

Berikut adalah berbagai jenis olahraga yang bisa memberikan manfaat tersebut.

  1. Berjalan cepat

Sebenarnya, pakar kesehatan masih memperdebatkan manfaat dari berjalan cepat. Ada yang menyebut kegiatan ini bisa memberikan manfaat lebih besar dibandingkan dengan melakukan olahraga lari, namun ada sebagian pakar lain yang tidak menyetujuinya. Satu hal yang pasti, berjalan cepat bisa memberikan manfaat kesehatan. Salah satunya adalah mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Fakta ini terungkap dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul Ateriosclerosis, Thrombosis, and Vascular Biology pada 2013 silam. Dalam penelitian yang melibatkan puluhan ribu partisipan yang melakukan aktivitas olahraga secara teratur ini, disebutkan bahwa berjalan cepat ternyata membutuhkan energi yang hampir setara sebagaimana saat berlari. Hal ini bisa membantu memperlancar sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Paul Williams, penulis penelitian ini menyarankan kita untuk rutin melakukan olahraga jalan cepat jika memang ingin menurunkan kolesterol dengan efektif.

  1. Jogging

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, berlari atau jogging juga bisa memberikan manfaat kesehatan. Hal ini disebabkan oleh sirkulasi darah yang meningkat saat melakukannya. Hal ini ternyata bisa berimbas pada penurunan tekanan darah sekaligus penurunan kadar kolesterol dengan efektif.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Archives of Internal Medicine yang terbit pada 2013 silam, dihasilkan fakta bahwa lari jarak jauh bisa membuat kadar kolesterol baik meningkat dengan signifikan. Kondisi tekanan darah juga akan semakin membaik.

  1. Berenang

Berenang adalah salah satu olahraga yang digemari oleh banyak orang. Hal ini disebabkan oleh olaharga ini yang cenderung mirip seperti rekreasi yang menyenangkan. Tak hanya itu, manfaat kesehatan dari olahraga ini juga sangat besar, termasuk dalam hal menurunkan kadar kolesterol jahat.

Penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam International Journal of Aquatic Research and Education pada 2010 lalu menghasilkan fakta bahwa berenang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat lebih efektif dibandingkan dengan berjalan. Olahraga ini juga akan menurunkan berat badan dan mengendalikan distribusi lemak tubuh dengan lebih baik.

  1. Bersepeda

Sebagaimana berenang, bersepeda juga termasuk dalam olahraga yang sangat menyenangkan untuk dilakukan, apalagi jika pemandangan di jalur bersepeda sangatlah indah. Penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of American Heart Association menyebut bersepeda tak hanya akan membuat sirkulasi darah meningkat, mengatasi nyeri sendi, dan membuat kadar kolesterol jahat menurun dengan signifikan.

Bersepeda juga terbukti mampu menurunkan stres dan peradangan di dalam tubuh dengan signifikan.

  1. Yoga

Olahraga yang mulai populer di kalangan anak muda dan masyarakat perkotaan ini ternyata juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dengan efektif. Bahkan, penelitian juga membuktikan bahwa yoga mampu menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Yoga juga mampu membuat kadar stres menurun, mencegah peradangan, menurunkan tekanan darah, dan memperbaiki kondisi jantung serta pembuluh darah.

Dengan rutin melakukan olahraga-olahraga ini, tekanan darah dan kadar kolesterol bisa ditekan sehingga risiko terkena kematian dini pun akan menurun.





Source link