5 Cara Menurunkan Hipertensi Selain Minum Obat

By | Agustus 21, 2019


DokterSehat.Com– Hipertensi adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Jika sampai tekanan darah sudah naik tak terkendali, maka risiko untuk terkena penyakit mematikan seperti penyakit jantung dan stroke akan meningkat. Karena alasan inilah sebaiknya kita melakukan berbagai cara demi menurunkan tekanan darah dengan efektif.

Berbagai cara untuk menurunkan tekanan darah selain dengan minum obat

Demi menurunkan tekanan darah, penderita hipertensi bisa diminta untuk minum obat secara teratur. Hanya saja, selain dengan minum obat, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk melakukan berbagai hal ini.

  1. Meditasi

Meditasi tidak hanya akan menurunkan stres. Dalam realitanya, rutin melakukannya juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini diungkap dalam penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam American Society of Hypertension. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa rutin melakukan meditasi dalam waktu 20 menit dua kali saja dalam sehari bisa menurunkan tekanan darah hingga 3 mm/Hg.

Terdapat banyak sekali jenis meditasi yang bisa kita coba. Setiap jenis meditasi ini bisa memberikan manfaat, namun semuanya bisa membantu menurunkan stres, salah satu faktor yang menyebabkan tekanan darah tinggi.

  1. Yoga

Selain meditasi, olahraga lain yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan psikis adalah yoga. Rutin melakukan yoga juga bisa melatih kelenturan dan ketahanan tubuh. Selain itu, melakukannya secara teratur juga bisa menurunkan tekanan darah dengan efektif.

Yoga bisa dilakukan sendirian di rumah atau bersama dengan orang lain melalui kelas-kelas yoga berbayar. Hanya saja, jika kita mengalami kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu agar bisa melakukan yoga yang aman bagi kondisi kesehatan.

  1. Melakukan latihan pernapasan

Melakukan latihan pernapasan ternyata juga bisa membantu menurunkan tekanan darah, lho. Hal ini diungkap dalam penelitian yang diunggah hasilnya dalam Journal of Hypertension. Dengan mengatur napas menjadi lebih teratur, dalam, dan perlahan, maka kita bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Hal ini akan berimbas pada keseimbangan hormon di dalam tubuh. Kondisi ini tentu akan menurunkan tekanan darah.

  1. Mendengarkan musik

Musik ternyata bisa membantu kita menurunkan tekanan darah, lho. Hal ini diungkap dalam penelitian yang dilakukan para peneliti dari University of Florence, Italia. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa partisipan yang mendengarkan musik klasik dalam kurun waktu sepekan sudah mampu menurunkan tekanan darah hingga 3 mm/Hg.

Pakar kesehatan menyebut musik yang memiliki nada yang cenderung lembut akan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks, menurunkan kadar hormon stres, dan akhirnya berimbas pada menurunnya tekanan darah.

Kita bisa meminta saran ke dokter demi mengetahui musik jenis apa yang bisa menurunkan tekanan darah.

  1. Mengonsumsi suplemen herbal tertentu

Tak hanya obat-obatan kimia yang diberikan oleh dokter atau didapatkan di apotek, penderita hipertensi juga bisa mengonsumsi suplemen atau obat-obatan herbal tertentu demi menurunkan tekanan darah. Sebagai contoh, suplemen lemak ikan, suplemen dengan kandungan koenzim Q10 hingga suplemen dengan kandungan L-arginine bisa memberikan manfaat kesehatan ini.

Hanya saja, sebaiknya kita tidak sembarangan mengonsumsi suplemen ini dengan sembarangan. Pastikan untuk meminta saran ke dokter terlebih dahulu demi memastikan bahwa suplemen-suplemen ini bisa memberikan manfaat kesehatan dengan maksimal.

Selain dengan melakukan berbagai hal tersebut, ada baiknya kita juga mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap malam dan rajin berolahraga demi membantu menurunkan tekanan darah.





Source link