5 Cara Mengatasi Sakit Kepala Akibat Stres

By | August 27, 2019


Image by Robin Higgins from Pixabay

DokterSehat.Com– Stres adalah sesuatu yang bisa kita alami setiap hari. Penyebabnya pun bermacam-macam, baik itu akibat masalah pada pekerjaan, kemacetan lalu lintas, masalah ekonomi, hingga masalah dengan pasangan. Masalahnya adalah, stres bisa menyebabkan dampak kesehatan yang lebih serius seperti munculnya sakit kepala.

Stres Bisa Menyebabkan Sakit Kepala

Banyak orang yang mengalami stres ternyata melaporkan gejala sakit kepala. Bahkan, gejala sakit kepala seperti migrain ini bisa berlangsung semakin parah. Ternyata, stres memang bisa menyebabkan dampak kesehatan ini.

Pakar kesehatan menyebut saat kita terkena stres, tubuh akan segera melepaskan senyawa kimia yang bisa membuat tubuh mengeluarkan respons “flight or fight”. Masalahnya adalah hal ini akan berdampak pada munculnya sakit kepala, migrain, hingga sensasi cemas, takut, dan khawatir. Selain itu, kita juga akan mengalami otot tegang atau penyempitan pembuluh darah yang membuat sensasi nyeri semakin parah.

Salah satu jenis sakit kepala yang terkait langsung dengan stres adalah sakit kepala berjenis tegang atau tension headache. Sakit kepala ini sayangnya bisa kambuh sewaktu-waktu, apalagi jika kita kembali mengalami stres.

Cara Mengatasi Sakit Kepala akibat Stres

Mengingat sakit kepala bisa menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari, pakar kesehatan menyarankan kita untuk melakukan berbagai cara demi mengatasinya.

Berikut adalah berbagai cara tersebut.

  1. Melakukan Relaksasi

Mengingat sakit kepala ini disebabkan oleh stres, maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengatasi stres tersebut terlebih dahulu. Caranya adalah dengan melakukan latihan relaksasi, meditasi, dan hal-hal lainnya yang bisa membuat pikiran lebih tenang dan rileks.

Selain itu, kita juga bisa melakukan latihan pernapasan, tepatnya dengan menarik napas dalam-dalam dan mengembuskannya melalui mulut. Dengan melakukannya, stres akan mereda dan sakit kepala akan berangsur-angsur menghilang.

  1. Membiasakan Diri Berolahraga

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk membiasakan diri berolahraga demi mengatasi stres dan meredakan sakit kepala yang sedang diderita. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya suasana hati saat kita melakukannya.

Pakar kesehatan menyebut olahraga akan meningkatkan produksi hormon dopamine, hormon yang bisa menghilangkan stres. Olahraga yang bisa dilakukan adalah berjalan santai, bersepeda, jogging, atau berenang yang menyenangkan untuk dilakukan.

  1. Beristirahat

Stres akan semakin memburuk jika kita kurang tidur. Hal ini bisa membuat kadar hormon kortisol semakin meningkat dan membuat gejala sakit kepala semakin parah. Kita bahkan akan sulit berpikir dan berkonsentrasi dengan baik.

Kita bisa mulai membuat kondisi kamar lebih nyaman dengan menyalakan AC atau kipas angin, mematikan televisi dan ponsel, dan mandi air hangat sebelum tidur demi membuat tubuh terasa nyaman dan siap untuk beristirahat.

  1. Hindari Rokok dan Minuman Beralkohol

Kebiasaan merokok dan minum alkohol tidak akan mengatasi stres. Justru, hal ini akan membuat stres dan sakit kepala menjadi semakin parah. Hal ini disebabkan oleh kandungan beracun dari asap rokok yang akan meningkatkan hormon kortisol semakin meningkat. Selain itu, rokok dan alkohol juga akan memicu gangguan tidur yang akhirnya membuat stres menjadi semakin parah.

  1. Melakukan Hobi yang Disukai

Atasi stres dengan hal-hal yang menyenangkan seperti dengan pergi ke kafe dan menikmati makanan atau minuman yang disukai, menonton film atau pertandingan olahraga yang menyenangkan, menikmati acara komedi yang bisa membuat kita tertawa, atau melakukan hobi yang kita sukai.

Selain itu, kita juga bisa pergi ke tempat yang menyenangkan seperti di gunung atau pantai yang bisa membuat pikiran menjadi lebih nyaman sekaligus menghilangkan stres.





Source link