5 Cara Mengatasi Diare di Rumah yang Efektif

5 Cara Mengatasi Diare di Rumah yang Efektif

[ad_1]

sakit-perut-sembelit-diare-asam-lambung-doktersehat

DokterSehat.Com– Pakar kesehatan menyebut buang air besar yang dilakukan lebih dari tiga kali sehari dengan bentuk kotoran yang encer sebagai tanda dari diare. Apalagi jika kita juga sampai mengalami gejala lainnya seperti sakit perut, badan lemas, perut kembung, dan lain-lain. Mengingat hal ini bisa menjadi semakin parah, sebaiknya kita segera mengatasi diare sebelum memberikan dampak kesehatan yang lebih buruk.

Cara Mengatasi Diare di Rumah yang Efektif

Diare bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Karena alasan inilah sebaiknya kita segera mengatasinya sehingga diare bisa reda dengan lebih cepat.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan demi mengatasinya.

  1. Perbanyak Asupan Air Mineral

Salah satu hal yang harus kita lakukan saat diare menyerang adalah dengan memperbanyak asupan air putih. Hal ini disebabkan oleh cairan tubuh yang terkuras saat kita sedang mengalami masalah pencernaan ini.

Jika kita juga tak kunjung bisa mendapatkan pengganti cairan tubuh yang hilang, dikhawatirkan akan menyebabkan masalah dehidrasi yang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan secara keseluruhan.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperbanyak asupan air putih saat diare, namun kita juga bisa mengonsumsi minuman lainnya seperti minuman elektrolit yang ada di warung-warung dan minimarket atau oralit yang bisa dibeli di apotek-apotek terdekat. Selain itu, kita juga bisa membuat campuran air, garam, dan gula yang bisa membuat usus tidak mudah memproduksi kotoran dalam bentuk yang sangat cair.

  1. Konsumsi Makanan yang Tepat

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat namun rendah serat dengan rasa yang cenderung hambar, bukannya tinggi bumbu.

Hal ini diharapkan bisa mengembalikan energi tubuh sekaligus membuat kotoran menjadi lebih keras. Beberapa jenis makanan yang sangat direkomendasikan adalah pisang, nasi merah, nasi putih, roti tawar, kentang, selai kacang, dan daging ayam tanpa kulit.

Selain itu, kita sebaiknya menghindari beberapa jenis makanan atau minuman seperti minuman berkafein yang berpotensi bisa menyebabkan gangguan pencernaan, minuman beralkohol, minuman bersoda, dan minuman yang sangat panas karena bisa membuat diare bisa menjadi semakin parah.

  1. Konsumsi Probiotik

Probiotik sebenarnya adalah bakteri baik yang bisa mendukung kesehatan sistem pencernaan. Probiotik bisa membuat usus berfungsi dengan lebih baik sekaligus membuat tubuh lebih kuat dalam melawan infeksi pada saluran pencernaan.

Beberapa jenis makanan probiotik seperti yoghurt dan kimchi sangatlah direkomendasikan untuk dikonsumsi saat kita terkena diare. Kita juga bisa mengonsumsi minuman probiotik yang bisa ditemukan di warung-warung atau mini market terdekat.

  1. Hindari Jenis Sayuran

Sebenarnya, sayuran termasuk dalam makanan yang baik bagi kesehatan, namun saat terkena diare, sebaiknya kita menghindari buah beri, brokoli, kacang polong, kubis, kembang kol, buncis, dan paprika karena sayuran ini bisa menyebabkan masalah perut kembung dan memperburuk masalah diare yang sedang diderita.

Selain itu, kita juga sebaiknya menghindari permen dan minuman manis karena memiliki kandungan pemanis buatan yang bisa membuat kondisi pencernaan memburuk.

  1. Konsumsi Teh Chamomile

Teh chamomile ternyata bisa dijadikan obat herbal untuk mengatasi diare. Hal ini diungkap dalam sebuah penelitian yang dilakukan di India dan dipublikasikan dalam jurnal berjudul Molecular Medicine Reports. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa teh ini bisa mengatasi perut kembung, nyeri perut, dan mual-mual.

Jika berbagai cara ini tidak mempan mengatasi masalah diare, sebaiknya segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter demi segera mengatasinya.



[ad_2]

Source link

AKDSEO