5 Camilan Terbaik bagi Penderita Diabetes

By | August 9, 2019


Photo Source: Flickr/stone-soup

DokterSehat.Com– Bagi penderita diabetes, memilih camilan bisa menjadi masalah tersendiri. Bagaimana tidak, salah memilih camilan bisa memicu lonjakan kadar gula darah yang tentu akan membahayakan kondisi kesehatan. Bisa jadi, hal iani akan menyebabkan peningkatan risiko terkena komplikasi atau bahkan kematian dini.

Penderita diabetes masih bisa mengonsumsi camilan

Sudah menjadi rahasia umum jika penderita diabetes mengalami kesulitan untuk mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuhnya. Jika mereka makan dengan sembarangan, kadar gula darah akan melonjak tajam. Sebaliknya, jika mereka tidak makan, maka kadar gula darah akan turun drastis. Berbagai kondisi ini sama-sama berbahaya bagi kesehatan.

Selain dengan menerapkan pola makan yang sehat, pakar kesehatan dr. Bent Wisse dari University of Washington School of Medicine, Amerika Serikat menyebut camilan penting bagi penderita diabetes, khususnya pengidap diabetes tipe 1 demi menjaga kadar gula darahnya tetap normal. Hanya saja, bukan berarti mereka bisa mengonsumsi camilan dengan sembarangan.

Sebagaimana saat makan besar, penderita diabetes juga harus memastikan bahwa camilan yang mereka konsumsi adalah yang sehat, tidak memiliki kandungan gula tinggi, tidak memiliki indeks glikemik yang tinggi, dan tidak akan memicu kekacauan kadar gula darah.

Beberapa camilan yang direkomendasikan bagi penderita diabetes

Pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk mengonsumsi camilan yang tepat demi menjaga kondisinya.

Berikut adalah camilan-camilan yang sangat direkomendasikan untuk mereka konsumsi.

  1. Telur rebus

Tak hanya dijadikan lauk, telur rebus ternyata juga direkomendasikan bagi penderita diabetes untuk dijadikan camilan. Hal ini disebabkan oleh kandungan nutrisinya yang tidak akan memicu kekacauan kadar gula darah, yakni kadar protein yang tinggi di dalamnya.

Keberadaan protein ini akan membuat penderita diabetes merasa kenyang lebih lama. Hal ini akan berimbas pada terjaganya kadar gula darah sekaligus mencegah keinginan berlebihan untuk mengonsumsi camilan atau makanan.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam British Journal of Nutrition menghasilkan fakta bahwa penderita diabtes sebaiknya mengonsumsi satu atau dua butir telur setiap hari demi menjaga kadar gula darahnya. Hanya saja, telur ini sebaiknya tidak digoreng karena keberadaan minyak di dalamnya kurang baik bagi kondisi diabetes.

  1. Kedelai

Kedelai rebus sangat cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes. Selain mengenyangkan perut, kedelai tidak akan menyebabkan kenaikan kadar gula darah. Hal ini diungkap dalam penelitian yang dilakukan di Ahvaz Jundishapur University of Medical Sciences.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa mengonsumsi 8 gram kedelai setiap hari selama 8 pekan akan membantu penderita diabetes menurunkan jumlah kadar hemoglobin HbAic yang berimbas pada lebih terkendalinya kadar gula darah, menurunkan resistensi insulin, dan menurunkan kadar kolesterol total.

Kedelai juga termasuk dalam makanan dengan indeks glikemik yang rendah sehingga tidak akan mudah memicu kenaikan kadar gula darah dengan signifikan.

  1. Yoghurt

Yoghurt bebas atau rendah gula dengan ukuran 148 gram atau satu cangkir bisa dijadikan camilan yang cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes. Salah satu jenis yoghurt yang mereka rekomendasikan adalah yang berjenis plain greek yang tinggi protein dan bisa membuat kadar gula darah tetap terjaga.

Jika ingin menambah rasa pada yoghurt ini, kita bisa menambahkan kacang-kacangan, stroberi, atau bubuk kayu manis yang baik bagi kesehatan.

  1. Kacang almond

Kacang almond yang tinggi kandungan protein, lemak baik, serat, magnesium, dan vitamin B cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes karena mampu mengendalikan kadar gula darah dan memperbaiki kesehatan organ kardiovaskular.

  1. Beberapa jenis buah-buahan

Buah segar seperti pisang satu buah, separuh buah apel, secangkir melon potong, hingga satu cangkir stroberi sangat direkomendasikan untuk dijadikan camilan sehat dan mengenyangkan bagi penderita diabetes.





Source link