15 Manfaat Permen Karet bagi Kesehatan

By | June 28, 2019


DokterSehat.Com– Mengunyah permen karet memang menyenangkan dan begitu banyak orang yang menyukainya, terutama anak muda. Permen karet banyak yang menyukai karena cenderung memilki rasa manis, lengket dan bisa dimainkan di mulut. Tahukah Anda, manfaat permen karet ternyata dipercaya bisa membantu seseorang mengatasi kejenuhannya dan dapat menambah rasa percaya diri. Tak hanya sampai di situ saja, ternyata manfaat mengunyah permen karet juga memiliki manfaat yang tak terduga. Apa saja manfaatnya? Selengkapnya simak di bawah ini.

Manfaat Permen Karet bagi Kesehatan

Tidak hanya menghilangkan rasa mulut yang asam setelah makan, ternyata banyak manfaat mengunyah permen karet yang tak terduga, berikut di antaranya:

1. Mengatasi mual

Dari hasil penelitian terbaru mendapati hasil bahwasanya manfaat permen karet dipercaya mampu dalam memerangi mual. Bahkan, digadang-gadang jika permen karet lebih ampuh daripada obat mual umumnya. Maka tak heran jika banyak pasien yang menderita mual akibat pengaruh obat, disarankan untuk mengunyah permen karet di waktu senggang.

2. Melancarkan BAB

Jika Anda memiliki masalah dengan pencernaan, khususnya susah buang air besar, maka Anda harus mencoba mengatasinya dengan permen karet. Sebab, manfaat makan permen karet yang menghasilkan air liur bisa memicu dan merangsang pergerakan usus sehingga fases lebih mudah keluar.

3. Bantu mendapatkan mood baik

Manfaat mengunyah permen karet memberi Anda semangat, langsung mengubah suasana hati Anda dengan merangsang aliran darah dan air liur. Mengunyah permen karet yang memiliki sensasi rasa dan aroma, juga benar-benar dapat membuat Anda tersenyum.

4. Mengatasi telinga berdengung

Pernahkah Anda mengalami telinga berdengung? Jika pernah, maka Anda tak perlu repot-repot lagi mengatasinya. Anda bisa menggunakan permen karet, karena manfaat makan permen karet dpat mengatasi telinga berdengung. Hal ini telah dibuktikan pada sebagian orang yang sedang dalam perjalan menggunakan pesawat. Sebab, biasanya di dalam pesawat, suara yang menggema bisa membuat telinga berdengung.

5. Melindungi & memutihkan gigi

Penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat permen karet yang bebas gula setelah makan dapat membantu menetralkan asam – yang dapat merusak gigi.

Manfaat mengunyah permen karet juga dapat meningkatkan produksi air liur, yang membantu membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi.

Namun, permen karet berpotensi memiliki efek sebaliknya pada gigi, dan bagi Anda yang sedang mengalami sakit rahang harus menahan diri untuk tidak mengunyah permen karet.

6. Meningkatkan konsentrasi

Ketika konsentrasi terpecah, cobalah permen karet karena manfaat mengunyah permen karet dipercaya dapat membantu Anda lebih berkonsentrasi.

Pengulangan dan mengunyah yang monoton dapat membantu pikiran orang tetap waspada. Permen karet telah terbukti memiliki waktu reaksi lebih cepat dan memiliki kemampuan yang bagus untuk mengingat fakta menurut sebuah penelitian.

7. Mengatasi stres

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat mengunyah permen karet dapat mengurangi hormon stres kortisol, yang membuat Anda mudah mengurangi stres.

Penurunan hormon tersebut dapat membantu Anda berkonsentrasi, lebih mudah untuk mencapai sedikit efek meditatif dengan mengunyah permen karet yang monoton.

8. Membuat Anda tetap waspada & terjaga

Mengunyah pemen karet sebenarnya merangsang otot-otot wajah, yang dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, karena reaksi tubuh seperti berkedip.

Aliran darah akan membuat Anda tetap waspada dan fokus ketika Anda melakukan sesuatu yang panjang dan membosankan seperti mengemudi jarak jauh.

9. Menurunkan berat badan

Mungkin cara ini terkesan cukup aneh, sebab tidak ada sangkut pautnya antara diet dan permen karet. Tapi, fakta telah membuktikan bahwa permen karet ternyata bisa membantu program diet seseorang.

Secara sederhana, mengunyah permen karet bisa membuat seseorang menjadi aktif pada bagian mulut dan usus sehingga membuat rasa lapar tak kunjung datang. Dengan begitu, tentu saja jumlah makanan yang masuk akan berkurang, bukan?

Pemen karet bebas gula adalah cara yang bagus untuk menahan untuk makan karena cara ini berfungsi sebagai camilan bebas kalori yang bisa Anda kunyah selama berjam-jam.

Permen karet tanpa gula sangat efektif dalam menahan keinginan untuk makan dan kecanduan makanan, membuatnya lebih mudah untuk menahan ngemil yang tidak sehat.

Meskipun tidak akan membantu mengurangi berat badan sendiri, cara ini dapat membantu Anda membuat keputusan kecil yang lebih bermanfaat, yang akan mengarah pada kebiasaan yang lebih sehat.

10. Meningkatkan pencernaan

Jangan salah paham, menelan permen karet (tidak disarankan) tidak akan membantu sistem pencernaan Anda sedikit pun. Tetapi air liur yang Anda hasilkan dari mengunyah permen karet dapat membentuk asam di perut Anda. Asam Inilah yang akan membantu tubuh mencerna makanan dengan lebih efisien.

11. Mempertajam memori Anda

Manfaat permen karet yang disebutkan di atas untuk meningkatkan konsentrasi, juga dapat membantu memori atau ingatan jangka pendek, lho!

Mengunyah dapat meningkatkan aliran darah karena otot di sekitar mulut bergerak, jadi ini berarti lebih banyak darah yang dipompa ke otak!

12. Menyegarkan napas

Jika ingin menyegarkan napas tetapi tidak membawa pasta gigi dan sikat gigi, permen karet adalah cara termudah dan paling efektif untuk mengatasi bau mulut.

Rasa mint dari perman karet dapat menutupi bau mulut, sedangkan air liur yang dihasilkan dapat membantu menghilangkan sisa makanan yang bisa menyebabkan bau yang tidak sedap.

13. Mengatasi kecanduan tertentu

Manfaat permen karet bisa menjadi cara yang bagus untuk mengalihkan perhatian Anda dari kecanduan rokok.

Ada juga berbagai jenis permen karet yang mengandung nikotin, dapat Anda kunyah untuk membantu mengalihkan keinginan untuk merokok.

Manfaat mengungah permen karet juga membantu mengendalikan kecanduan makanan atau ngemil pada saat itu juga. Selama Anda memiliki sesuatu untuk dikunyah (permen karet) dan berkonsentrasi, Anda dapat menahan keinginan untuk makan.

14. Mencegah mulut kering

Karena manfaat makan permen karet bagi kesehatan dapat membantu merangsang kelenjar untuk menghasilkan lebih banyak air liur, ternyata ini adalah cara yang bagus untuk mengatasi mulut kering.

Ada banyak cara agar permen karet yang bebas gula dapat membuat tubuh Anda lebih baik — jadi kunyahlah permen karet.

15. Membantu melawan gejala pilek

Masuk Angin membuat hari Anda tidak bergairah. Gejala-gejala yang ditimbulkan dari pilek di antaranya adalah penumpukan dahak dan lendir. Tenang, manfaat makan permen karet bagi kesehatan ternyata dapat membantu menghilangkan rasa tidak enak ini, lho. Meskipun pada akhirnya Anda mungkin perlu mengonsumsi obat bebas untuk benar-benar menghilangkan dahak dan lendir.





Source link