15 Manfaat Lari bagi Kesehatan (Turunkan Risiko Kanker)

By | July 12, 2019


DokterSehat.Com– Olahraga lari digemari banyak orang karena sangat praktis dan bisa dilakukan di manapun dan kapanpun. Olahraga lari juga terbilang cukup ekonomis sebab Anda tidak memerlukan alat khusus. Selain itu, ada banyak manfaat lari bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Apa saja khasiatnya?

Manfaat Lari secara Rutin bagi Kesehatan Tubuh

Sebuah studi menunjukkan bahwa manfaat olahraga lari hanya 5 hingga 10 menit dengan kecepatan sedang (6,0 mil per jam) setiap hari dapat menyehatkan tubuh. Berikut ini manfaat jogging atau olahraga lari jika dilakukan secara rutin:

1. Menyehatkan Jantung

Setiap melakukan olahraga lari, detak jantung Anda akan berdegup lebih kencang dari normalnya. Itu menandakan bahwa jantung sedang dilatih agar lebih kuat, sehingga bisa terhindar dari ancaman penyakit. Apabila sudah terbiasa, maka degupan jantung itu tidak akan berdetak terlalu kencang lagi. Itu artinya jantung sudah terbiasa akan hal yang melelahkan.

2. Menguatkan otot dan tulang kaki

Ketika olahraga lari, kaki adalah bagian tubuh yang paling diandalkan dan otot serta tulang pada kaki pun semakin terlatih. Selain itu, manfaat lari secara rutin juga bisa memperbaiki struktur kaki dan koordinasinya sehingga memiliki bentuk yang atletis.

3. Mencegah obesitas

Manfaat olahraga lari sendiri sangat efektif dalam meluruhkan lemak karena lancarnya metabolisme. Semakin rutin melakukan olahraga lari, maka lemak yang menumpuk pada tubuh Anda akan cepat berkurang secara efektif dan aman. Anda pun akan terbebas dari risiko obesitas.

4. Meningkatkan stamina

Sampai saat ini, banyak yang salah kaprah dengan olahraga lari. Banyak yang beranggapan bahwa lari bisa menurunkan stamina dan membuat tubuh menjadi sangat lemas.

Faktanya, manfaat lari secara rutin membuat tubuh menjadi bugar dan stamina pun membaik. Hal itu dikarenakan aliran darah akan tersuplai secara baik ke seluruh tubuh sehingga Anda akan terhindar dari rasa lemas.

5. Meredakan stres

Jika Anda sering mengalami stres akibat pekerjaan atau masalah lainnya, cobalah untuk melakukan olahraga lari. Manfaat berlari telah terbukti membuat mood atau suasana hati menjadi baik, apalagi jika Anda lari bersama kawan. Cobalah lari di pagi hari sebab udara yang segar juga bisa memperbaiki mood yang sedang jelek.

6. Memperkuat sendi

Bersasarkan studi Medicine & Science in Sports & Exercise, dari hampir 100.000 pelari dan pejalan kaki menemukan bahwa, berlari tidak meningkatkan risiko osteoartritis — bahkan orang yang menempuh jarak 26,2 mil secara teratur.

Studi tersebut menunjukkan bahwa pelari cenderung dapat mengurangi risiko menderita osteoartritis lutut dibandingkan dengan pejalan kaki.

Setiap kali Anda berlari, Anda akan menekan tulang dan tulang rawan, seperti halnya otot yang membuat otot-otot kembali menguat.

7. Membakar kalori

Berlari membutuhkan banyak kalori. Rata-rata orang yang berbobot 150 kilogram akan membakar sekitar 12,2 kalori per menit berjalan selama 10 menit. Itulah manfaat lari secara rutin setiap hari.

Bergegaslah kelar dan berlari ketika pagi karena udara masih dalam keadaan segar. Ini akan membantu meningkatkan semangat Anda untuk membakar kalori lebih banyak lagi.

8. Meningkatkan memori

Sering lupa menaruh barang? Cobalah mulai berlari setiap hari!

Perlu diketahui bahwa manfaat olahraga lari dapat meningkatkan ingatan Anda dalam jangka pendak panjang dan jangka panjang.

Sebuah studi tahun 2014 di University of British Columbia mengungkapkan bahwa olahraga lari dan aerobik yang teratur — jenis yang meningkatkan detak jantung dan membuat Anda berkeringat, dapat meningkatkan ukuran hippocampus Anda. Hippocampus adalah area otak yang terlibat dalam memori verbal dan kognitif. Bahkan, olahraga lari dengan treadmill dapat mencegah gejala Alzheimer.

9. Meningkatkan libido

Setelah olahraga lari secara teratur, banyak wanita melaporkan mereka merasakan peningkatan libido (gairah seksual). Manfaat lari yang satu ini berasal dari kepercayaan diri tubuh yang meningkat, sehingga tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks atau pelepasan bahan kimia otak.

10. Mengurangi risiko kanker payudara

Ada hingga 20 persen pengurangan risiko terkena kanker payudara pada pelari reguler. Jika Anda pernah menderita kanker payudara, maka berlari secara teratur dapat mengurangi risiko berulangnya sebanyak 40 persen.

11. Menyehatkan paru-paru

Manfaat berlari juga dapat meningkatkan kualitas paru-paru dan memperkuat otot-otot pernapasan Anda. Ini adalah otot-otot antara tulang rusuk dan diafragma Anda. Paru-paru juga menjadi lebih efisien, dan ini kabar bagus bagi mereka yang menderita asma.

12. Menyehatkan hati

Berlari untuk menjaga berat badan yang sehat secara signifikan dapat mengurangi risiko pengembangan fatty liver – masalah yang semakin sering terjadi di mana lemak menumpuk di sel-sel hati. Biasanya kondisi ini tidak berbahaya, tetapi terkait dengan penyakit jantung dan stroke dan kadang-kadang bisa meradang, yang mengarah ke sirosis.

13. Menurunkan tekanan darah tinggi

Khusus untuk Anda yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi, cobalah untuk berlari secara rutin!

Meskipun berlari dapat menyebabkan tingkat tekanan darah melonjak sementara, peningkatan tekanan darah yang disebabkan oleh olahraga ini seharusnya tidak perludikhawatirkan.

Menurut American Heart Association, manfaat berlari selama lima menit sehari juga dapat dicapai dengan 15 menit jalan cepat. Ini dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes sebanyak Anda berlari.

14. Memerbaiki suasana hati

Apakah Anda sedang mengalami hari yang buruk atau suasana hati yang cukup baik? Mulailah berlari karena akan meningkatkan semangat dan membuat Anda merasa positif.

Aktivitas ketahanan yang intens diduga dapat menyebabkan peningkatan endocannabinoid – bahan kimia otak yang memberi sinyal kesenangan, menurut sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Biology.

15. Memperbaiki kualitas tidur

Manfaat olahraga lari setiap pagi dapat membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak di malam hari.

Sebuah studi pada 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Adolescent Health menemukan bahwa mereka yang melakukan olahraga jalan secara teratur di pagi hari menunjukkan peningkatan tidur yang lebih nyenyak.

Meskipun penelitian difokuskan pada olahraga lari di siang hari, lari siang atau malam hari juga dapat mengurangi kesulitan tidur melalui efek pemanasan tubuhnya.

Olahraga diketahui memicu peningkatan suhu tubuh, dan penurunan suhu setelah olahraga dapat menyebabkan tertidur. Selain itu, olahraga dapat mengurangi masalah tidur dengan mengurangi gairah, kecemasan, dan depresi.

Nah, itu dia manfaat lari bagi kesehatan Anda. Berlarilah secara rutin agar mendapatkan manfaatnya, ya!





Source link