15 Cara Merawat Kuku yang Alami (Cantik & Berkilau)

By | August 16, 2019


DokterSehat.Com– Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang sering menjadi perhatian karena mencerminkan kepribadian, untuk itu kita harus selalu merawat kuku agar selalu tampak bersih, cantik dan berkilau. Setiap orang mempunyai jenis kuku yang berbeda-beda, mulai dari jenis kuku lunak, kuku rapuh, kuku kering, hingga kuku yang sehat, semua itu hanya tergantung bagaimana kita merawat dan menjaganya agar kuku menjadi cantik dan sehat berkilau. Lalu bagaimana cara merawat kuku yang benar? Selanjutnya simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Merawat Kuku

Merawat kuku tidak hanya dengan gunting kuku, namun ada berbagai cara merawat kuku tangan maupun kaki, seperti berikut ini:

1. Sempatkan tanpa cat kuku

Untuk kamu yang gak bisa hidup tanpa cat kuku, sebaiknya luangkan waktu sehari dalam satu minggu untuk tidak menggunakannya. Biarkan kuku-kukumu beristirahat dan mendapatkan udara agar lebih segar.

Apabila telah selesai menggunakan cat kuku, pastinya tidak ada noda yang tersisa pada kuku. Untuk itu, rendam tanganmu ke dalam air hangat yang telah dicampur dengan perasan jeruk nipis. Biarkan selama 15-20 menit. Air jeruk ini mengandung astringent yang bisa menghilangkan warna kusam pada kuku. Cara merawat kuku ini juga bisa kamu lakukan bila tangan terkena noda kunyit setelah memasak.

2. Hindari menggunakan cat kuku yang keras

Cat kuku biasanya mengandung bahan kimia yang sangat beracun seperti toluena, dibutil ftalat, dimetil dan dietil ftalat, kapur barus, dan formaldehida. Untungnya, ada beberapa produsen yang tidak menggunakan bahan kimia ini, tetapi pastikan Anda membaca label dengan cermat sebelum membelinya ya.

Anda juga dapat membeli cat kuku berbahan dasar air, yang tidak tahan lama tetapi merupakan pilihan teraman.

3. Merendam kuku di dalam jus jeruk

Setelah memasak atau membersihkan rumah, biasakan untuk merendam tanganmu ke dalam jus jeruk yang telah dicampur madu selama 10 menit. Cara merawat kuku ini bisa membantu tangan dan kukumu tetap lembut.

4. Potong kuku pendek

Sejak kecil kita selalu diajari cara merawat kuku dengan memotong kuku pendek, karena kuku yang panjang bisa membuat kuman serta bibit penyakit mudah masuk dan bersarang di celah kuku.

Dibandingkan kuku kaki, kuku tangan kita pertumbuhannya empat kali lebih cepat daripada kuku kaki, lho! Jadi rajinlah memotong kuku ketika sudah panjang.

5. Menggunakan krim khusus

Memelihara kuku panjang sah-sah saja, namun cara merawat kuku panjang haruslah tepat. Mulai dari kebersihan kuku, kelembapan, dan penggunaan cat kuku yang tepat pula.

Supaya kukumu tidak cepat kering, pada saat penggunaan pewarna kuku jangan menghapusnya dengan penghapus berbahan kimia. Kamu juga bisa memberikan krim khusus untuk kuku.

6. Perawatan kuku dari dalam tubuh

Cara merawat kuku tidak hanya dari luar, juga lakukanlah perawatan dari dalam tubuh. Minum air putih sebanyak mungkin juga bisa membuat kukumu lebih sehat dan indah. Tidak hanya itu, konsumsi pula makanan yang mengandung banyak kalsium, seperti susu, makanan yang terbuat dari susu dan keju, ikan pari dan ikan sarden, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Sementara untuk sayuran, Anda bisa mengonsumsi wortel, brokoli, bayam, asparagus dan kangkung juga sangat bagus. Begitu pula dengan buah-buahan seperti apel merah, stroberi, pepaya, nanas, mangga, alpukat, anggur, manggis dan buah lainnya.

7. Mengonsumsi suplemen

Selain mengonsumsi buah dan sayuran, cara merawat kuku juga bisa dengan mengonsumsi suplemen yang praktis. Sebelum mengonsumsi suplemen, sebaiknya konsultasikan kepada dokter tentang supleman yang tepat untuk Anda, salah satunya biotin.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen nutrisi biotin mungkin dapat membantu memperkuat kuku yang lemah atau rapuh.

8. Menggosok kuku dengan belimbing wuluh

Apabila kuku-kukumu mulai rusak dan kering, banyak sekali bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk meremajakan kuku-kukumu, salah satunya belimbing wuluh.

Gunakan blimbing wuluh dengan menggosokkan potongan buah yang memiliki rasa asam ini pada kuku yang mau dibersihkan. Kemudian bilas dengan air bersih.

Cara merawat kuku panjang juga bisa menggosokkan belimbing wuluh pada dasar kuku Anda.

9. Merendam kuku dalam cuka sari apel

Kamu juga bisa merendam tangan ke dalam cuka sari apel dan minyak zaitun yang sudah dihangatkan. Gak hanya itu, bahkan lidah buaya yang dioleskan pada kuku juga bisa membuat kuku-kukumu menjadi cantik dan bening.

10. Menjaga agar kuku tetap kering dan bersih

Membiarkan kuku tetap kering dapat mencegah bakteri tumbuh di bawah kuku. Sering bersentuhan atau berkepanjangan dengan air berisiko mengalami kuku pecah-pecah. Misalnya seorang karyawan pencuci piring atau cuci kendaraan.

Jadi, kenakanlah sarung tangan karet berlapis katun saat mencuci piring, membersihkan kendaraan atau menggunakan bahan kimia yang keras.

11. Menggunakan pelembap

Saat menggosokkan lotion atau minyak ke tangan, pastikan kutikula dan kuku terlapisi. Mencuci tangan secara teratur atau menggunakan pembersih tangan dapat mengeringkan kulit dan kuku dengan cepat, jadi cobalah untuk melembapkan setiap selesai mencuci.

Minyak kelapa adalah cara merawat kuku yang terbaik dan alami karena sangat baik untuk digosokkan ke kuku dan kutikula Anda.

12. Hindari kebiasaan menggigit kuku

Tidak sedikit yang memiliki kebiasaan ini, dan biasanya kukunya panjang. Kebiasaan menggigit bisa merusak kuku, bahkan luka kecil di samping kuku dapat memungkinkan bakteri atau jamur masuk dan menyebabkan infeksi.

Sementara mulut Anda adalah area yang kotor dan air liur adalah enzim yang dapat memecah kulit. Jadi kamu bisa terkena infeksi jika menggigit kuku atau kutikula.

Jika Anda memiliki kebiasaan menggigit kuku atau menggigit kutikula, cobalah untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut, agar kukumu tampak lebih cantik dan lebih sehat.

Semntara bila ingin merawat kuku panjang, carilah cara merawat kuku panjang yang tepat.

13. Jangan memotong kutikula kuku

Dermatologis (ahli kulit) mengatakan bahwa tidak ada alasan yang baik untuk memotong kutikula – kulit bewarna putih atau batas antara kuku dan kulit. Memotongnya akan berisiko terhadap infeksi atau iritasi, karena

Memotong kutikula juga dapat menyebabkan masalah kuku, seperti punggung kuku berbintik putih atau garis putih. Sementara jika kuku mengalami infeksi bakteri, kondisi ini akan menghambat pertumbuhan kuku.

14. Hindari manikur yang kasar

Cara merawat kuku panjang ataupun pendek bisa dilakukan di salon kuku. Namun, tidak sedikit yang mengeluh mengalami masalah pada kukunya.

Menurut Richard Scher, MD, profesor dermatologi Universitas Cornell, Banyak orang pergi ke dokter kulit ketika kukunya tampak bintik-bintik merah dan sakit di sekitar kuku atau kutikula yang disebabkan oleh infeksi kulit yang disebut paronychia.

Para pasien biasanya berobat ke dokter kulit setelah melakukan perawatan kuku di salon kuku baru dan memiliki teknisi kuku yang sangat agresif. Keluhannya mengalami infeksi yang tampak kemerahan dan terasa nyeri. Jadi antibiotik mungkin diperlukan.

Sebelum memulai menikur kuku, beri tahu pada praktisi manikur untuk menggosok kuku dan kutikula dengan sangat lembut. Jika dia menggosok kutikula terlalu keras, mintalah untuk untuk segera berhenti, dan mulai kembali dengan lembut.

15. Hindari kontak langsung dengan sabun cuci

Sering bersentuhan dengan air sabun untuk mencuci piring bahkan dapat melemahkan kuku yang kuat, karena proses membuat kuku mengering bersama dengan sisa kulit di tangan.

Sebelum mencuci piring, sebaiknya Anda menggunakan sarung tangan untuk melindungi tangan dari air sabun.

Itulah cara merawat kuku tangan yang bisa Anda lakukan di rumah. Bila ingin atau sudah mencoba tips di atas tapi tidak mengatasi masalah kuku, sebaiknya konsultasikan dengan dermatologis atau dokter kulit ya, Teman Sehat!

 

Sumber:

  1. Fingernails: Do’s and don’ts for healthy nails (mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/nails/art-20044954, diakses 16 Agustus 2019)
  2. 6 Ways to Care for Your Cuticles (https://www.webmd.com/beauty/features/caring-for-your-cuticles#1, diakses 16 Agustus 2019)
  3. 8 tips for naturally beautiful nails (https://www.treehugger.com/organic-beauty/8-tips-naturally-beautiful-nails.html, diakses 16 Agustus 2019
  4. 8 Ways to Keep Your Nails Healthy (https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty-pictures/ways-to-keep-your-nails-healthy.aspx, diakses 16 Agustus 2019)





Source link