15 Cara Mengecilkan Lengan (Mudah & Cepat)

By | August 5, 2019


DokterSehat.Com – Salah satu bagian tubuh yang kerap mendapat perhatian adalah lengan. Kondisi lengan besar dan bergelambir menjadi masalah bagi sebagian besar orang, khususnya wanita. Mengapa kondisi seperti ini bisa terjadi? Lantas, bagaimana cara mengecilkan lengan yang cepat dan mudah?

Cara Mengecilkan Lengan yang Mudah dan Efektif

Punya ukuran lengan besar dan bergelambir memang bisa mengganggu penampilan. Anda punya masalah ini dan sedang dilanda krisis kepercayaan diri? Tenang saja karena ada solusinya!

Begini cara mengecilkan lengan yang cepat, mudah, dan bisa dilakukan di rumah:

1Counter Push Up

Cara mengecilkan lengan yang pertama adalah dengan melakukan counter push up. Counter push up adalah jenis latihan push up yang dilakukan dengan cara menjadikan meja sebagai medium bertumpunya kedua tangan.

Melakukan counter push up efektif untuk membantu Anda mengecilkan lengan. Jenis push up ini juga untuk mengakomodir Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang maupun ruangan yang cukup untuk melakukan push up biasa.

Agar counter push up yang Anda lakukan berjalan lancar, usahakan meja yang digunakan untuk bertumpu tidak mudah bergeser.

2Wall Push up

Pada dasarnya, wall push up sama seperti halnya Anda melakukan counter push up. Bedanya, jenis push up yang satu ini, sesuai dengan namanya, memanfaatkan ‘wall’ atau dinding sebagai medium untuk bertumpunya tangan.

Cara mengecilkan lengan tangan ini juga lebih dikhususkan bagi Anda yang terhitung baru memulai aktivitas push up. Pasalnya, wall push up tidak memerlukan tenaga besar dari lengan untuk menopang tubuh, tidak seperti jenis push up pada umumnya.

Lakukan push up dinding ini secara rutin 3-5 kali dalam sehari sebanyak 10 kali push up per sesi. Jika sudah terbiasa, Anda bisa menaikkan intensitasnya agar hasilnya lebih maksimal.

3. Push Up Lutut

Jika umumnya latihan push up menggunakan tangan sebagai tumpuan, maka jenis push up kali ini akan menggunakan lutut Anda sebagai tumpuan.

Agar memberikan kenyaman pada Anda saat melakukan push up lutut, baiknya sanggah lutut dengan alas, bisa berupa karpet lembut atau bantal.

4. Push up Sempurna

Ini adalah posisi push up yang paling umum dilakukan. Anda disarankan untuk melakukan push up sempurna sebagai cara mengecilkan lengan atas yang tepat dan efektif.

Posisikan tubuh dalam keadaan tengkurap, lalu gunakan bawah jari kaki dan telapak tangan sebagai tumpuan. Pastikan dari mulai kaki sampai kepala lurus sejajar, kemudian lakukan gerakan naik turun dengan menekuk lengan sampai 90 derajat. Saat mengangkat tubuh, tarik napas Anda, kemudian buang secara perlahan sambil menurunkan tubuh.

Lakukan gerakan ini secara berulang. Untuk tahap awal, lakukan sebanyak 8-10 kali, kemudian tambah intensitasnya jika sudah mulai terbiasa.

5Pull up

Untuk menerapkan cara mengecilkan lengan tangan yang satu ini, Anda membutuhkan medium berupa tiang horizontal atau kusen pintu yang tinggi.

Setelah itu, pegang tiang atau kusen pintu dengan kedua tangan. JIka sudah siap, maka angkat tubuh Anda dengan cara menekuk lengan tangan. Saat tubuh sudah terangkat, tahan terlebih dahulu selama kurang lebih 10 detik sebelum kembali menurunkan tubuh.

Untuk hasil yang maksimal, lakukan gerakan ini setiap hari dengan durasi sekitar 5 menit per sesi. Anda juga bisa menambah intensitasnya tiap minggu.

6. Angkat Beban

Cara mengecilkan lengan lainnya yang cukup mudah dilakukan namun efektif adalah mengangkat beban, dalam hal ini barbel.

Sediakan barbel dengan bobot sesuai dengan kemampuan Anda, entah itu 1 kilogram, 2 kilogram, dan seterusnya. Ambil posisi duduk, kemudian tempatkan siku tangan di atas paha kaki. Setelah itu, angkat barbel dengan yang sudah digenggam secara perlahan-lahan, dan turunkan juga secara perlahan. Lakukan gerakan ini secara berulang sebanyak 5-10 kali.

Mengangkat barbel secara rutin setiap hari adalah kunci keberhasilan dalam mengecilkan lengan Anda. Oleh sebab itu, jangan sampai melewatkan hari tanpa melakukan kegiatan ini jika Anda memang ingin memiliki lengan ideal.

7. Lompat Tali (Robe Skipping)

Aktivitas fisik yang satu ini tentu juga sudah tidak asing lagi bagi Anda, bukan? Nah, lompat tali (robe skipping) juga ternyata menjadi cara mengecilkan lengan tangan yang cukup ampuh, lho.

Bahkan, lompat tali tak hanya efektif untuk mengecilkan lengan. Gerakan melompat yang dilakukan juga bisa membantu Anda untuk mengecilkan paha dan menguatkan otot-otot kaki.

8. Bench Dips

Bench dips adalah aktivitas fisik yang juga bisa menjadi cara mengecilkan lengan tangan yang efektif namun mudah untuk dilakukan.

Anda hanya memerlukan medium seperti meja atau kursi, asalkan keduanya tidak mudah bergeser. Kemudian, posisikan tubuh dalam keadaan duduk, kaki diselonjorkan, bokong diangkat, dan tangan bertumpu pada meja atau kursi tersebut.

Jika sudah pada posisi siap, tekuk lengan Anda hingga 90 derajat, tahan selama kurang lebih 10 detik, kemudian luruskan lagi secara perlahan. Lakukan cara mengecilkan lengan ini secara rutin setiap hari sampai hasilnya terlihat.

9Weighted Punch

Weighted punch adalah variasi aktivitas angkat barbel. Oleh sebab itu, untuk menerapkan cara mengecilkan lengan atas ini adalah dengan menyiapkan barbel kecil sebanyak 2 (dua) buah dengan berat yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Setelah kedua barbel digenggam oleh kedua tangan Anda, lakukan gerakan layaknya tinju, yakni melayangkan kedua tangan ke depan secara bergantian. Lakukan cara ini berulang-ulang sampai tangan sudah terasa lelah. Anda bisa menambah intensitas latihan setiap minggunya demi mempercepat pembakaran lemak pada lengan.

10. Memutar Tangan

Mengecilkan lengan tangan bisa dilakukan dengan aktivitas fisik yang bahkan sangat sederhana sekalipun. Gerakan memutar tangan misalnya. Kendati mudah untuk diterapkan, faktanya olahraga ringan yang satu ini cukup ampuh untuk membantu mengecilkan lengan.

Anda tidak butuh alat atau medium apapun untuk melakukan gerakan ini. Cukup rentangkan kedua tangan, kemudian putar lengan tangan ke depan dan belakang, masing-masing putaran sebanyak 8 (delapan) kali.

Lakukan kegiatan ini secara rutin pagi, siang, dan sore hari dengan durasi memutar tangan sekitar 5 menit per sesinya.

11. Berenang

Jika Anda tidak terlalu ‘mager’, berenang juga bisa menjadi solusi mengecilkan lengan yang patut untuk dicoba. Pasalnya, berenang membutuhkan kontribusi lengan tangan (dan juga kaki tentunya).

Oleh sebab itu, jika Anda ingin mengecilkan lengan tangan secara cepat, terapkan cara mengecilkan lengan yang satu ini. Lagipula, berenang juga membawa manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Cobalah untuk berenang setidaknya 1 kali dalam seminggu, dan tambah intensitasnya seiring berjalannya waktu dan Anda sudah terbiasa.

12. Makan Makanan Bergizi

Lengan yang besar dan bergelambir disebabkan oleh penumpukan lemak berlebih. Pun, kondisi ini juga diakibatkan oleh metabolism tubuh yang buruk sehingga proses pembakaran lemak menjadi terhambat.

Guna mengatasi hal ini, selain melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi makanan bergizi adalah jalan keluar Anda dari masalah kesehatan yang satu ini. Pilihlah makanan yang mengandung banyak vitamin, mineral, dan zat-zat penting lainnya yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Sebaliknya, Anda disarankan untuk menghindari, atau paling tidak mengurangi, konsumsi makanan-makanan yang mengandung banyak lemak jenuh di dalamnya. Pasalnya, konsumsi makanan berlemak secara berlebihan inilah yang menjadi awal dari terbentuknya lengan besar dan bergelambir tersebut.

13. Sauna

Jika Anda masih juga tidak ingin terlalu repot ketika hendak mengecilkan lengan, sauna bisa dijadikan alternatif cara mengecilkan lengan atas. Kegiatan sauna berfungsi untuk membakar kalori tubuh, sama seperti berolahraga. Hanya saja, jumlah kalori yang dibakar saat sauna tidak sebanyak ketika Anda berolahraga.

Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin mempraktekkan metode yang satu ini guna mengecilkan lengan. Asalkan, lakukan secara rutin dengan durasi sekitar 20-30 menit per sesi.

14Plastic Wrap

Membungkus lengan dengan pembungkus plastik (plastic wrap) adalah cara mengecilkan lengan tangan yang layak Anda coba.

Metode ini juga tergolong sangat mudah karena Anda tidak perlu melakukan aktivitas fisik. Anda hanya perlu membungkus lengan dengan plastic wrap, kemudian diamkan selama kurang lebih 60 menit setiap hari.

15. Banyak Minum Air Putih

Minum air putih yang banyak adalah cara mengecilkan lengan non-olahraga lainnya yang juga jangan sampai Anda lewatkan. Bagaimana tidak? Air putih ini memiliki peran penting untuk mengurai timbunan lemak di dalam tubuh, termasuk pada lengan, dengan cara meningkatkan kinerja metabolisme tubuh.

Metabolisme tubuh yang baik berdampak positif pada kelancaran sistem pencernaan, pun proses pembakaran lemak di dalam tubuh.

Apa Penyebab Lengan Besar dan Bergelambir?

Lengan adalah bagian tubuh yang sedikit banyak memengaruhi penampilan. Hal inilah yang membuat banyak orang ingin memiliki ukuran dan bentuk lengan yang ideal. Bagi pria, lengan besar namun berotot adalah dambaan, sementara wanita cenderung ingin memiliki lengan yang kecil.

Sayangnya, tidak semua orang bisa mempunyai lengan yang dikatakan ideal tersebut. Alih-alih demikian, sebagian orang justru memiliki lengan yang berukuran besar dan bergelambir. Apa penyebabnya?

Lengan yang besar dan bergelambir bisa disebabkan oleh sejumlah hal, namun utamanya, kondisi ini disebabkan oleh adanya timbunan lemak berlebih. Seperti yang kita ketahui, lengan memang merupakan salah satu tempat berkumpulnya lemak tubuh. Oleh sebab itu, lengan besar dan bergelambir umumnya berkaitan dengan kenaikan berat badan secara drastic atau disebut obesitas.

Itu dia beberapa cara mengecilkan lengan tangan yang bisa Anda terapkan guna mendapatkan ukuran serta tekstur lengan yang ideal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!





Source link