14 Penyakit Aneh & Langka (No. 9 Paling Mengerikan)

14 Penyakit Aneh & Langka (No. 9 Paling Mengerikan)

[ad_1]

penyakit-aneh-langka-doktersehat

DokterSehat.Com – Beragam jenis penyakit mengintai tubuh kita. Penyakit-penyakit tersebut disebabkan oleh banyak faktor, bisa karena genetik, infeksi, hingga gaya hidup. Pun level penyakit itu sendiri, dari mulai ringan hingga berat yang bisa mengancam nyawa. Namun, ada sejumlah penyakit aneh yang acap kali membuat semua orang tidak habis pikir. Apa saja macam-macam penyakit aneh dan langka tersebut?

Penyakit Aneh di Dunia: Aneh tapi Nyata

Berbicara tentang penyakit, yang terlintas di bayangan Anda mungkin penyakit-penyakit seperti flu, diabetes, kanker, serangan jantung, dan sebagainya. Akan tetapi, ada sejumlah orang yang mengalami penyakit tidak biasa, dalam artian penyakit-penyakit tersebut sangat jarang terjadi dan gejala yang ditimbulkannya tak jarang membuat siapapun yang melihatnya terheran-heran.

Aneh tapi nyata, mungkin itulah pernyataan yang bisa menggambarkan macam-macam penyakit aneh tersebut. Berikut ini adalah penyakit langka dan aneh di dunia yang perlu Anda ketahui.

1. Exploding Head Syndrome

Jika diterjemahkan, exploding head syndrome berarti ‘sindrom kepala meledak’. Sesuai dengan namanya, penyakit aneh ini memang membuat penderitanya mengalami sensasi kaget—utamanya malam hari saat tidur—dan terbangun secara tiba-tiba akibat mendengar ‘suara’ yang muncul di dalam kepalanya. Suara tersebut dirasa sangat keras bagaikan bom yang meledak atau suara pistol.

Hal tersebut lantas disertai oleh gejala lainnya seperti peningkatan denyut jantung dan sesak napas, pun penderita melihat sebersit kilatan cahaya saat terbangun.

Exploding head syndrome disebabkan oleh adanya kesalahan proses shutdown otak ketika tidur. Jika seharusnya otak mengalami shutdown secara bertahap, mulai dari motorik, pendengaran, saraf, dan terakhir visual, maka hal ini tidak terjadi pada mereka yang mengalami penyakit langka tersebut.

Sayangnya, belum ada obat khusus yang bisa benar-benar menyembuhkan penyakit kepala ‘meledak’ ini. Namun, penderita bisa mengonsumsi obat-obatan yang dapat meminimalisir ‘ledakan’.

2. Penyakit Fields’

Fields’ adalah nama sebuah penyakit langka yang pernah terjadi di dunia ini. Dikatakan sebagai penyakit langka karena penyakit aneh yang satu ini baru dialami oleh sepasang anak kembar asal Wales bernama Catherine Fields dan Kristine Fields. Itulah sebabnya mengapa penyakit ini disebut sebagai penyakit Fields.

Belum memiliki nama medis, namun dokter menganggap penyakit ini sebagai penyakit saraf dan otot (neuromuscular) oleh karena penyakit Fields’ menyebabkan penderitanya mengalami kemerosotan otot tubuh, yang mana kondisi ini lambat laun malah bertambah buruk.

3. Progeria

Progeria adalah penyakit aneh berupa terjadinya penuaan dini pada seseorang. Seseorang sudah pasti akan menua, namun apa jadinya jika proses penuaan tersebut terjadi bahkan ketika orang tersebut masih berusia balita, sekitar 2 – 5 tahun? Kondisi inilah yang disebut sebagai progeria atau nama lainnya Hutchinson-Gilford Progeria Syndrome 3. Adanya kelainan genetik diduga kuat menjadi penyebab progeria ini

Progeria ditandai dengan sejumlah gejala khas penuaan, seperti mata yang menonjol, hidung tipis dan berparuh di ujungnya, telinga mencuat, dagu terlihat lebih kecil, bibir yang tipis, pun gejala-gejala lainnya yakni rambut memutih, kulit keriput, bahkan terjadi pengeroposan tulang.

Progeria adalah salah satu penyakit langka yang sayangnya, bisa berujung pada kematian si penderitanya. Sejarah mencatat hanya ada 48 anak yang berhasil bertahan hidup hingga usia dewasa dalam kondisi ini, sementara sisanya hanya mampu bertahan hidup hingga usia 13 tahun, termasuk seorang anak asal Indonesia bernama Wiradianty yang meninggal pada tahun 2006 silam.

Ya, progreria adalah salah satu penyakit langka di Indonesia yang sudah atau pernah merenggut nyawa seseorang.

Penyakit aneh di dunia ini bisa dikategorikan sebagai penyakit mematikan oleh karena penderitanya juga turut mengalami pelbagai penyakit yang umum terjadi pada orang berusia lanjut, seperti stroke, jantung, dan arthritis.

4. Von-Hippel-Lindau (VHL)

Von-Hippel-Lindau (VHL) adalah penyakit aneh dan langka yang menyerang 1 dari 35 ribu orang di dunia ini. VHL sejatinya merupakan penyakit yang serupa dengan tumor jinak. Akan tetapi, tumor ini menyerang ke hampir seluruh organ penting dari tubuh manusia, sebut saja otak, ginjal, saraf, dan sejumlah area tubuh lainnya.

VHL dalam dunia medis dikenal dengan sebutan hemangiobalstomas. Adanya gangguan pada pembuluh darah disinyalir menjadi penyebab penyakit ini. VHL perlu ditangani sesegera mungkin karena jika tidak, dapat menyebabkan kematian mendadak pada penderitanya.

5. Stone Man’s Disease

Stone man’s disease yang dalam dunia medis dikenal sebagai Fibrodysplasia Ossificans Progressiva (FOP) ini adalah kondisi di mana muncul tulang baru di sejumlah area tubuh yang seharusnya tidak ditumbuhi tulang, seperti ligament, tendon, otot, dan beberapa jaringan ikat.

Penyakit langka yang satu ini disebabkan oleh aktivitas mutasi genetik yang terjadi di dalam sistem kekebalan tubuh ketika dalam proses pemulihan cedera. Tulang-tulang tersebut lantas tumbuh dan terus berkembang hingga menutupi persendian tubuh, mengakibatkan terhambatnya gerakan tubuh.

FOP atau stone man’s disease, sesuai dengan namanya, membuat penderitanya tampak seperti patung, oleh karena tidak bisa menggerakkan anggota tubuhnya. Tercatat, ada sekitar 800 kasus penyakit aneh di dunia ini, dan belum ada obat khusus yang bisa benar-benar menyembuhkannya.

6. Persistent Sexual Arousal Syndrome

Normalnya, Anda akan merasa bergairah dan ingin orgasme ketika sedang berhubungan seksual, atau setidaknya mendapatkan rangsangan seksual dari pasangan. Namun, hal ini tidak berlaku bagi mereka yang menderita penyakit aneh bernama Persistent Sexual Arousal Syndrome (PSAS).

Penderita PSAS justru merasakan adanya gairah seksual dan keinginan untuk orgasme di setiap saat, sekalipun mereka tidak sedang mendapatkan rangsangan seksual, sebut saja ketika sedang memasak, mengendarai mobil, dan sebagainya.

Belum ada penelitian yang secara spesifik dapat menjelaskan sindrom ini. Kuat dugaan, hal in ibis aterjadi akibat adanya hipersensitivitas pada saraf. Pun, gangguan hormon dan penyempitan pembuluh darah vena diklaim turut andil dalam menyebabkan seseorang mengalami PSAS.

7. Alien Hand

Satu lagi jenis penyakit aneh yang membuat kita tidak habis pikir. Adalah alien hand, di mana penyakit ini menyebabkan penderita tidak dapat mengontrol pergerakan tangannya sendiri. Seakan-akan, tangannya memiliki ‘nyawa’ sehingga memiliki kehendaknya sendiri untuk bergerak, alih-alih mengikuti perintah dari otak si penderita.

Alien hand disinyalir dapat terjadi akibat adanya tindakan operasi otak, tepatnya operasi pemindahan fungsi lobus otak. Para dokter yang meneliti hal ini lantas menemukan bahwa pasca operasi tersebut, baik otak kanan dan otak kiri tidak sinkron dan memiliki kemauannya masing-masing. Pada kasus yang jarang, alien hand dapat terjadi akibat adanya cedera pada otak.

Sama seperti jenis penyakit langka lainnya, belum ada obat khusus guna mengatasi alien hand. Namun, sebuah studi yang dipublikasikan oleh Journal of Neurologist berpendapat bahwa alien hand dapat dikendalikan dengan cara memberikan suntikan botox.

8. Foreign Accent Syndrome

Aksen bahasa acap kali menjadi cara untuk mengidentifikasi wilayah asal seseorang. Contoh paling konkrit seperti misalnya bahasa Inggris Britania (British English) dan bahasa Inggris Singapura (Singapore English atau Singlish).

Akan tetapi, beberapa orang ‘dianugerahi’ suatu kondisi ketika ia mampu menguasai dua aksen bahasa yang berbeda secara cepat. Terkesan sebagai sebuah kemampuan, nyatanya hal ini merupakan jenis penyakit aneh, dan dipicu oleh penyakit-penyakit lainnya seperti stroke, cedera otak, dan lainnya.

Foreign Accent Syndrome dapat diatasi dengan melakukan terapi wicara ekstensif. Hal in bertujuan untuk melatih otak untuk dapat berbicara menggunakan cara yang telah ditentukan.

9. Microchepaly

Mungkin Anda sudah sering melihat berita tentang orang-orang yang mengalami kondisi di mana kepalanya memiliki ukuran tidak wajar, dalam hal ini, lebih kecil. Hal ini lantas dinamai sebagai penyakit microchepaly.

Microchepaly adalah satu dari penyakit langka yang cukup menakutkan. Penyakit yang kerap bersanding dengan penyakit down syndrome ini dipicu oleh sejumlah faktor, seperti paparan radikal bebas yang diterima sejak bayi masih berada di dalam kandungan, atau adanya kerusakan DNA dari janin tersebut.

Akan tetapi, sebuah fakta baru yang diungkapkan oleh Organsisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut bahwasanya microchepaly memiliki keterkaitan dengan virus zika yang baru-baru ini menggemparkan dunia.

Penderita microchepaly, selain memiliki ukuran kepala yang kecil, juga menderita sejumlah gejala lainnya, seperti hiperaktif, kejang, gangguan bicara dan gerak.

10. Epidermodysplasia Verruciformis

Masih ingat dengan almarhum Dede Koswara si ‘manusia akar’ yang beritanya sempat membuat heboh seantero negeri? Dikatakan sebagai manusia akar oleh karena pria asal Jawa Barat yang menghembuskan napas terakhirnya pada 2016 silam ini mengalami kondisi di mana sekujur tubuhnya—terutama tangan dan kaki—ditumbuhi kutil raksasa yang sekilas terlihat seperti akar pohon raksasa.

Apa yang dialami oleh Dede adalah penyakit aneh yang bernama Epidermodysplasia Verruciformis. Penyakit ini adalah salah satu penyakit langka di Indonesia yang cukup menggemparkan dan membuat banyak dari kita bergidik ketika melihatnya.

Belum dapat diketahui secara pasti apa yang menyebabkan seseorang mengalami penyakit tersebut. Prosedur amputasi mungkin saja dilakukan untuk melepaskan penderita dari penyakit mengerikan ini.

11. Cotard’s Delusion

Jika selama ini Anda gemar menonton film horror bertema mayat hidup alias ‘zombie’, maka perlu diketahui bahwa fenomena zombie tersebut terjadi di dunia nyata.

Adalah Cotard’s delusion, nama dari penyakit aneh ini. Akan tetapi, alih-alih penderita terinfeksi virus sebagaimana yang diceritakan di film-film, yang terjadi justru adalah penderita mengalami delusi bahwa ia telah menjadi seorang zombie. Penderita Cotard’s delusion menganggap tubuhnya terinfeksi virus, jiwanya diambil setan, dan sejumlah alasan tak masuk akal lainnya.

Parahnya, mereka yang menderita penyakit ini merasa jika daging tubuhnya sudah membusuk, pun mereka, dengan alasan ingin berkumpul dengan sesama zombie, pergi dan menyendiri di area pemakaman.

Pengidap skizofrenia dan gangguan pada otak lainnya disebut menjadi penyebab mengapa seseorang mengalami sindrom ini.

12. Riley-Day Syndrome

Riley-Day syndrome atau yang dikenal juga sebagai Familial dysautonomia ini adalah salah satu contoh penyakit aneh di dunia. Penyakit ini menyebabkan penderitanya tidak dapat merasakan sakit pada tubuhnya, sekalipun ia sedang terluka atau terbentur sesuatu yang keras.

Kondisi ini disebabkan oleh adanya mutasi genetik yang lantas berdampak pada sistem saraf otonom yang menghubungkan antara otak dan sumsum tulang belakang. Lebih spesifik, saraf otonom yang dimaksud ialah saraf yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi bau, sentuhan, dan rasa sakit.

Faktor keturunan adalah penyebab Riley-Day syndrome yang paling memungkinkan. Selain kebal rasa sakit, penderita penyakit ini juga kerap mengalami muntah-muntah dan sulit menelan makanan atau minuman.

13. Xeroderma Pigmentosum

Selain zombie, film horor lainnya yang kerap menghiasi layar perfilman adalah film bertema vampire. Nah, sama seperti zombie, ‘kehadiran’ vampir di dunia nyata juga benar adanya, lho.

Seperti yang kita ketahui, sinar matahari adalah musuh terbesar para vampir. Hal tersebut juga lantas dialami oleh mereka yang mengalami penyakit aneh satu ini, yaitu Xeroderma Pigmentosum (XP). Penderita XP sama sekali tidak bisa terpapar sinar UV. Kalaupun sampai terjadi, maka yang terjadi adalah kulit penderita mengalami sunburn yang sangat parah hingga menyebabkan kerusakan kulit.

Xeroderma pigmentosum yang tak lain merupakan sub penyakit porfiria ini disebabkan oleh adanya mutasi enzim yang mengakibatkan kulit tidak dapat memulihkan diri secara otomatis ketika terbakar oleh sinar UV.

Penyakit langka ini diawali dengan kulit yang melepuh dan disertai iritasi mata. Xeroderma pigmentosum sayangnya dapat berujung pada kanker kulit. Tercatat setengah dari total penderita XP, sebagian besar anak-anak, mengalami kanker kulit pada usia 10 tahun-an.

14. Hypertrichosis

Legenda manusia serigala (werewolf) juga kerap diadaptasi ke dalam karya film. Lagi-lagi, ternyata si ‘manusia serigala’ ini juga bisa kita temui di dunia nyata.

Menengok ke belakang, dunia beberapa kali pernah dibuat heboh dengan munculnya ‘manusia serigala’. Namun, manusia serigala yang kita lihat tersebut sejatinya adalah orang-orang yang menderita penyakit aneh bernama hypertrichosis.

Hypertrichosis adalah penyakit aneh yang gejalanya bisa dikatakan juga menyeramkan. Pasalnya, penderita penyakit ini hampir seluruh tubuhnya tertutupi rambut yang menyebabkan mereka sekilas bak manusia serigala. Bedanya, mereka tidak memiliki gigi taring dan cakar yang tajam.

Hypertrichosis disebabkan oleh adanya mutasi genetik sehingga berdampak pada pertumbuhan rambut yang sangat cepat. Selain itu, ada juga kasus di mana hypertrichosis disebabkan oleh pemakaian obat penumbuh rambut pada mereka yang mengalami kebotakan.



[ad_2]

Source link

AKDSEO