13 Penyebab Gampang Sakit yang Harus Diwaspadai

By | August 2, 2019


Doktersehat.com – Setiap orang memiliki sistem pertahanan tubuh yang berbeda-beda, ada yang mudah terserang penyakit, tetapi ada juga yang kuat menghadapi serangan penyakit. Meski sakit adalah hal yang lumrah terjadi pada tubuh, Anda harus mengetahui hal-hal yang menjadi penyebab gampang sakit. Simak penyebab mudah sakit selengkapnya di bawah ini. 

Penyebab Gampang Sakit

Perlu Anda ketahui bahwa penyebab mudah sakit tidak selalu terkait dengan paparan bakteri atau virus, penyebab gampang sakit juga bisa terkait dengan pola makan, stres, hingga kondisi psikologis seseorang.

Berikut ini adalah beberapa penyebab gampang sakit yang harus Anda kenali, di antaranya:

1. Defisiensi vitamin

Penyebab gampang sakit yang pertama dan sering kali tidak disadari adalah defisiensi vitamin. Sebuah penelitian mengungkapkan kenapa gampang sakit yaitu ketika seseorang kekurangan vitamin D. Kurangnya asupan vitamin D membuat sistem kekebalan tubuh mengalami penurunan.

Salah satu cara termudah dan gratis untuk meningkatkan vitamin D adalah dengan berjemur matahari pagi selama kurang lebih 10 sampai 15 menit. Vitamin D juga bisa didapatkan dari telur, lemak ikan dan jamur.

Selain asupan vitamin D, vitamin penting lainnya yang juga sangat penting dibutuhkan tubuh adalah vitamin C. Seperti halnya vitamin D, vitamin C memiliki peran untuk meningkatkan daya tahan tubuh, melindungi kulit dari kerutan, menjaga kesehatan mata dan jantung. Vitamin C bisa didapatkan dari sayuran, buah atau suplemen.

2. Gangguan sistem imun

Penyebab gampang sakit berikutnya adalah terganggunya sistem imunitas tubuh. Seseorang yang memiliki tubuh yang sehat, antigen akan berhadapan dengan antibodi, protein yang memiliki fungsi untuk melawan zat berbahaya. Sementara pada mereka yang sistem imun tubuhnya mengalami gangguan, tubuhnya tidak bisa memproduksi antibodi untuk mencegah datangnya penyakit.

3. Genetik

Ternyata, penyebab mudah sakit bisa juga dipengaruhi oleh genetik. Salah satu penyakit yang bisa dipengaruhi oleh genetik adalah menurunnya sel darah putih. Sel darah putih atau dikenal dengan sebutan leukosit, berfungsi untuk melawan organisme asing yang masuk ke dalam tubuh dengan menghasilkan antibodi.

Saat jumlah sel darah putih terlalu rendah, Anda akan mudah terserang penyakit. Selain gangguan yang bersifat genetik, menurunnya sel darah putih juga bisa dipengaruhi karena kurang gizi.

4. Alergi

Alergi adalah penyebab gampang sakit yang tidak umum terjadi. Alergi bisa terjadi karena sistem kekebalan tubuh merespon benda tertentu yang masuk ke dalam tubuh. Respon yang bisa muncul adalah ruam kulit yang gatal, sesak napas, dan pilek. Beberapa benda (alergen) yang memicu terjadinya alergi adalah bahan lateks, obat-obatan, gigitan serangga, dan debu.

5. Berkurangnya cairan tubuh

Hampir 60 % komposisi tubuh terdiri dari air, sehingga kurangnya cairan dalam tubuh bisa menjadi penyebab gampang sakit. Perlu diketahui, bahwa cairan dalam tubuh bisa hilang melalui buang air kecil/besar dan keringat.

Jika hilangnya cairan dalam tubuh tidak segera diganti, Anda bisa mengalami dehidrasi yang menimbulkan beberapa gejala seperti bibir kering, kelelahan, sakit kepala, dan warna urine pekat.

6. Stres

Setiap orang pasti pernah mengalami stres, namun tahukah Anda bahwa stres juga bisa menjadi penyebab gampang sakit. Stres bisa membuat daya tahan tubuh menurun, memperlambat penyembuhan, hingga meningkatkan keparahan infeksi.

7. Pola makan yang buruk

Memiliki pola makan yang tidak sehat bisa membuat tubuh tidak berfungsi dengan normal. Saat banyak fungsi organ tubuh tidak berjalan dengan baik, maka berbagai penyakit pun berisiko tinggi Anda alami.

8. Kurangnya waktu tidur

Apabila waktu tidur Anda kurang dari delapan jam dalam sehari, hal itu bisa menurunkan kemampuan alami tubuh untuk melawan virus dan infeksi. Pada akhirnya, Anda akan lebih mudah untuk terserang penyakit.

9. Tidak menjaga kesehatan rongga mulut

Menjaga kesehatan rongga mulut adalah ‘pintu’ menuju kesehatan tubuh secara keseluruhan. Di rongga mulutlah, sarang bakteri (baik maupun jahat) berada. Namun, apabila Anda tidak rutin membersihkannya, hal itu bisa membuat bakteri berbahaya berkembang, sehingga menyebabkan peradangan atau masalah lain.

10. Jarang cuci tangan

Penyebab mudah sakit selanjutnya adalah bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Lewat media apa bakteri masuk ke dalam tubuh? Salah satu media yang sering terkontaminasi adalah tangan. Oleh karena itu, apabila Anda tidak rutin untuk mencuci tangan, kemudian menyentuh makanan, maka tubuh bisa terjangkit penyakit.

Rutinlah cuci tangan menggunakan air dan sabun antibakteri. Agar tangan bebas dari penyakit, cuci tangan tidak boleh dilakukan dengan tergesa-gesa.

11. Minimnya konsumsi makanan bergizi

Sayur, buah dan gandum utuh adalah makanan yang bisa membuat sistem imun tubuh terjaga dengan baik. Selain itu, Anda juga harus menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh, karena makanan jenis ini bisa membuat sistem imun tubuh menjadi lemah.

12. Gaya hidup

Penyebab gampang sakit yang sering kali tidak disadari adalah gaya hidup sehari-hari. Jika Anda memiliki kebiasaan merokok, maka Anda cenderung memiliki kadar zat besi yang rendah, sehingga menjadi rentan terhadap bakteri dan kuman.

13. Usia

Penyebab mudah sakit yang terakhir adalah terkait dengan usia. Seiring dengan bertambahnya usia, sistem kekebalan tubuh seseorang akan semakin melemah. Perlu diketahui bahwa sistem kekebalan tubuh terdiri sel, jaringan, dan organ kompleks yang berperan dalam mempertahankan tubuh dari serangan bakteri dan infeksi, virus, toksin, dan sebagainya.

Saat tubuh Anda terjadi infeksi, kelompok sel T akan berkeliling tubuh dan memberikan sinyal mengenai adanya infeksi. Namun, saat usia semakin bertambah, sel T yang terbentuk akan menjadi lebih sedikit karena thymus (kelenjar kecil yang berada di belakang tulang dada) menyusut.

Kondisi inilah yang membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih tidak efisien, terutama dalam menghadapi jenis virus yang baru. Segera konsultasi dengan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.





Source link