13 Manfaat Kulit Apel Tak Diduga (No. 7 Mengejutkan)

13 Manfaat Kulit Apel Tak Diduga (No. 7 Mengejutkan)

[ad_1]

manfaat-kulit-apel-doktersehat

DokterSehat.Com – Berbicara tentang cara makan buah apel, Anda lantas terbagi ke dalam dua ‘kubu’. Kubu pertama makan buah apel dengan terlebih dulu mengupas kulitnya, sedangkan kubu satunya lagi langsung makan apel dengan kulitnya. Sebenarnya, Anda tidak perlu repot-repot mengupas kulit apel saat hendak memakannya. Terlepas dari rumor adanya pestisida dan lilin, ada sejumlah manfaat kulit apel yang bisa didapatkan.

Manfaat Kulit Apel bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Tak hanya daging buahnya, kulit apel juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan kulit apel juga mengandung pelbagai nutrisi dan vitamin, sebut saja vitamin A, vitamin C, vitamin K, serat, kalsium, hingga kalium.

Berikut ini adalah manfaat kulit apel yang penting sekali untuk Anda ketahui.

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kulit apel, sebagaimana telah dijelaskan di atas, mengandung sejumlah zat penting, salah satunya adalah serat. Adanya kandungan serat ini lantas menghasilkan manfaat kulit apel untuk melancarkan sistem pencernaan dan mencegahnya dari terkena pelbagai gangguan kesehatan.

Seperti yang kita ketahui, serat memiliki peran penting terkait kesehatan sistem pencernaan tubuh. Fungsi karbohidrat kompleks yang satu ini ialah memastikan seluruh organ pencernaan dapat bekerja dan meminimalisir risiko penyakit seperti diare, sembelit, irritable bowel syndrome, bahkan kanker usus besar.

2. Merawat Persendian

Manfaat kulit apel selanjutnya yang tak kalah penting yakni merawat persendian tubuh, pun mencegah dan mengatasi sejumlah penyakit yang berkaitan dengan persendian. Hal ini oleh karena kulit apel mengandung zat yang bersifat antioksidan, di mana zat ini berperan penting dalam menghalau radikal bebas dan peradangan (inflamasi) yang menyerang persendian.

Khasiat kulit apel yang satu ini bahkan sudah diamini oleh sebuah penelitian. Dikatakan dalam penelitian tersebut bahwasanya konsumsi apel disertai kulitnya secara rutin selama 12 minggu dapat memperbaiki dan meingkatkan jangkauan gerak sendi.

3. Mengatasi Gangguan Pernapasan

Untuk Anda yang memiliki masalah pada sistem pernapasan, mengonsumsi apel beserta kulitnya sangat dianjurkan. Pasalnya, kulit apel mengandung zat yang disebut quercetin, yang mana zat ini berdasarkan penelitian medis efektif dalam mengatasi gangguan pernapasan, termasuk paru-paru sebagai organ utama pernapasan.

Sekalipun Anda tidak memiliki masalah pernapasan, tak ada salahnya tetap mengonsumsi kulit apel secara rutin karena kandungan dan manfaat kulit apel juga untuk merawat kesehatan sistem pernapasan.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Kulit apel mengandung vitamin A, sama seperti buahnya. Dengan mengonsumsi buah apel yang tidak dikupas kulitnya, hal ini akan membuat Anda bisa mendapatkan manfaat ganda dari vitamin A tersebut. Diketahui apel yang tidak dikupas kulitnya mengandung vitamin A 142 persen lebih banyak ketimbang apel yang kulitnya sudah terkelupas.

Manfaat kulit apel melalui vitamin A-nya ini tentu sangat banyak, salah satu yang paling utama yakni menjaga kesehatan organ mata, dan mencegahnya dari serangan penyakit mata.

5. Menurunkan Berat Badan

Anda yang sekarang sedang menjalani program diet menurunkan berat badan juga patutnya memasukkan apel dengan kulit ke dalam dafata menu sehat sehari-hari.

Pasalnya, manfaat kulit apel juga bisa untuk menurunkan berat badan, lho. Hal ini tidak lepas dari kandungan enzim bernama asam ursolat, yang mana enzim ini diklaim efektif dalam membantu pembakaran lemak tubuh sehingga berat badan bisa mengalami penurunan.

6. Memperbaiki Kualitas Daya Ingat

Quercetin yang terkandung di dalam kulit apel juga memberikan manfaat kulit apel lainnya terkait kesehatan fungsi otak, dalam hal ini kemampuan mengingat.

Mengonsumsi kulit apel efektif untuk meningkatkan kemampuan daya ingat, dan mencegahnya dari penurunan fungsi yang berakibat pada kondisi pikun bahkan Alzheimer sekalipun.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Serat yang dikandung oleh kulit apel tidak hanya berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan. Lebih dari itu, serat tersebut bisa meminimlaisir risiko penyakit kardiovaskular nan mematikan yakni serangan jantung. Hal ini karena serat juga berfungsi untuk menurunkan kadar lemak LDL atau kolesterol ‘jahat’ sebagai pemicu penyakit ini.

8. Meminimalisir Risiko Kanker

Jangan sepelekan kulit apel karena faktanya, bagian dari buah apel ini juga memiliki kegunaan dalam meminimalisir penyakit serius seperti kanker.

Manfaat kulit apel dalam mencegah terjadinya kerusakan sel yang dapat berujung pada kanker ini bahkan sudah dibuktikan di dalam sebuah penelitian medis. Diketahui bahwasanya ekstrak kulit apel—khususnya apel gala—memiliki potensi paling besar terkait pencegahan penyakit kanker ini.

Alasannya, ekstrak kulit apel mengandung protein yang bernama maspin. Maspin ini bertugas untuk mencegah terbentuknya pembuluh darah pada tumor, sehingga tidak ada ‘celah’ bagi sel kanker untuk berkembang di dalamnya.

9. Mengatasi Diabetes

Para penderita diabetes juga disarankan untuk mengonsumsi apel tanpa dikupas kulitnya. Kandungan dan manfaat kulit apel ini bisa dikatakan cukup signifikan dalam mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh agar jangan sampai berlebihan.

Khasiat kulit apel dalam mengatasi diabetes dikarenakan adanya zat antioksidan yang berfungsi untuk menekan aktivitas enzim yang mengkonversi zat tepung menjadi gula.

Anda yang tidak punya penyakit diabetes pun kiranya jangan sampai melewatkan manfaat yang satu ini guna meminimalisir risiko untuk terkena penyakit tersebut di kemudian hari.

10. Menjaga Kesehatan Gigi

Dengan mengonsumsi apel beserta kulit apel, Anda secara tidak sadar tengah melakukan perawatan gigi secara alami, lho.

Apel dan kulitnya diklaim efektif untuk menjaga kesehatan gigi, dalam hal ini memastikan agar gigi senantiasa tampil bersih, pun mencegah gigi mengalami pelbagai kerusakan, baik itu akibat plak gigi maupun yang infeksi lainnya.

11. Menjaga Kesehatan Tulang

Tak hanya gigi, manfaat kulit apel pun juga mencakup kesehatan tulang. Menengok lagi ke atas ihwal kandungan gizi yang ada pada kulit apel, dapat kita ketahui bahwa kulit apel mengandung mineral kalsium dan vitamin K. Kedua zat ini memang memiliki fungsi utama untuk membentuk dan merawat tulang agar tetap sehat dan kuat.

Jadi, jika Anda tidak ingin mengalami gangguan kesehatan tulang seperti tulang yang mengeropos (osteoporosis), jangan kupas kulit apel saat hendak memakannya, ya.

12. Mengatasi Anemia

Kandungan zat besi dan asam folat pada kulit apel menjadikannya layak untuk dikonsumsi oleh Anda yang menderita penyakit anemia atau kurang darah. Sebagaimana diketahui, zat besi berperan penting dalam produksi hemoglobin di dalam darah.

13. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Zat besi dan asam folat pun merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil agar kesehatan ia dan janin yang dikandungnya tetap terjaga. Oleh karenanya, disarankan untuk ibu hamil agar banyak mengonsumsi apel dengan tidak mengupas kulitnya agar manfaatnya benar-benar terasa.

Sayangi Kulitnya, Dapatkan Manfaat Besarnya

Itu dia informasi mengenai kandungan dan manfaat kulit apel bagi kesehatan tubuh. Melihat banyaknya manfaat kulit apel tersebut, masih enggan untuk tidak mengupas kulit apel ketika ingin mengonsumsinya? Semoga bermanfaat!



[ad_2]

Source link

AKDSEO