12 Manfaat Yoghurt, Baik untuk Organ Dalam dan Luar

By | July 25, 2019


Photo Credit: Flickr.com/Letua

DokterSehat.Com– Yoghurt adalah salah satu produk olahan susu yang terbuat dari proses fermentasi. Sampai sekarang, produk olahan susu ini sangat populer dan digemari oleh banyak orang, baik anak kecil ataupun orang dewasa. Simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai manfaat yoghurt bagi kesehatan.

Manfaat Yoghurt

Sebelum menjelaskan manfaat yogurt, perlu Anda ketahui bahwa yoghurt digolongkan sebagai makanan probiotik. Probiotik jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat bisa memberikan manfaat kesehatan khususnya bagi sistem perncernaan, khususnya usus dan lambung.

Namun, tahukah Anda bahwa khasiat yoghurt tak sebatas menjaga kesehatan sistem pencernaan saja. Berikut adalah manfaat minum yogurt lainnya yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Mengusir jerawat

Tentu hal ini menjadi kabar gembira bagi semua orang yang memiliki masalah pada wajah. Manfaat yoghurt ini dipercaya bisa mengusir jerawat membandel pada wajah dikarenakan vitamin dan mineral yang dikandungnya bisa menekan perkembangan bakteri dan minyak pada area wajah. Penerapannya pun cukup mudah, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung ataupun menggunakannya sebagai masker.

baca juga: Susu atau Yoghurt yang Baik untuk Diet?

2. Menyegarkan kulit

Tak hanya mengusir jerawat, manfaat yoghurt lainnya juga bisa digunakan sebagai penjaga kesehatan dan kesegaran kulit. Jika Anda memiliki kulit kering, maka Anda bisa mengatasinya dengan yoghurt. Sebab, kandungan lactic acid dan hydroxyl pada yoghurt bisa melembutkan dan membuat kulit menjadi lebih elastis sehingga kelembapannya selalu terjaga.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan magnesium, selenium dan zinc di dalam yoghurt diklaim mampu memelihara kesehatan tubuh dengan cara memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, manfaat yogurt lainnya adalah mempercepat penyembuhan ketika sakit, terutama karena infeksi virus flu. Meski begitu, klaim ini masih dibutuhkan penelitian lanjutan.

4. Melancarkan pencernaan

Manfaat yoghurt yang paling banyak diketahui adalah menjaga kesehatan sistem pencernaan. Yoghurt sendiri sudah terbukti bisa membantu mengatasi masalah pencernaan.

Hal itu dikarenakan yoghurt mengandung bakteri probiotik yang bisa menyeimbangkan mikroflora pada usus sehingga masalah pencernaan pun teratasi dengan aman dan cepat.

5. Mencegah osteoporosis

Manfaat yoghurt lainnya adalah kemampuannya untuk mencegah osteoporosis karena yoghurt memiliki kandungan kalsium dan vitamin D. Kedua nutrisi tersebut adalah mikronutrien yang berperan penting dalam pertumbuhan tulang.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa lansia yang rutin mengonsumsi yoghurt memiliki kepadatan dan kekuatan tulang yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

6. Mengusir lemak

Dalam proses diet, ada beberapa makanan yang dilarang dan dianjurkan. Salah satu makanan yang dianjurkan adalah yoghurt. Yoghurt sendiri terbilang sebagai camilan sehat yang banyak direkomendasikan bagi mereka yang sedang dalam program diet.

Manfaat yoghurt ini didapatkan karena kandungan mineral dan senyawa di dalam yoghurt bisa mengatasi lemak jahat yang ada di dalam tubuh. Selain itu, manfaat yogurt lainnya adalah memberikan efek kenyang yang lama sehingga keinginan untuk makan bisa dikurangi.

7. Membuat infeksi lebih cepat sembuh

Manfaat yoghurt lainnya adalah mempercepat penyembuhan saat sakit dan membuat tubuh kebal terhadap infeksi. Manfaat ini bisa didapat dari kandungan zinc, selenium, dan magnesium di dalam yoghurt. Meski begitu, klaim terhadap hal ini masih membutuhkan penelitian lanjutan.

8. Menjaga berat badan ideal ibu hamil

Bagi wanita yang sedang hamil dan ingin menjaga berat badannya tetap ideal, sepertinya Anda harus mendapatkan manfaat yoghurt. Risiko yang bisa dialami apabila berat badan kurang saat hamil adalah Anda berisiko melahirkan bayi prematur.

Yoghurt adalah camilan sehat yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Konsumsilah yoghurt rendah lemak dengan tambahan buah secara rutin.

9. Mengurangi risiko komplikasi kehamilan

Manfaat yogurt yang satu ini sangat berguna bagi ibu hamil karena bisa menurunkan risiko komplikasi kehamilan seperti preeklamsia, alergi, dan diabetes gestasional. Manfaat yogurt ini bisa didapatkan karena kandungan probiotik yang ada di dalamnya.

10. Menjaga kesehatan jantung

Jika Anda mengonsumsi yoghurt yang rendah atau bebas lemak hal itu berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa asupan lemak dari produk susu murni meningkatkan kolesterol baik (HDL), sehingga berguna untuk melindungi jantung.

11. Mencegah infeksi vagina

Infeksi vagina adalah kondisi yang sering dialami oleh wanita yang menderita diabetes. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, wanita yang rutin mengonsumsi yoghurt setiap hari kadar pH vaginanya turun dari 6,0 ke 4,0 (pH normal 4,0-4,5). Dampaknya, manfaat yoghurt ini membuat wanita dengan diabetes mengalami penurunan infeksi jamur Candida.

12. Mencegah terjadinya tekanan darah tinggi

Sebuah penelitian mengungkapkan, seseorang yang rutin mengonsumsi yoghurt tidak berisiko untuk mengembangkan tekanan darah tinggi. Agar manfaat yoghurt ini dirasakan dengan maksimal, Anda disarankan untuk mengonsumsi yoghurt yang rendah lemak.

Manfaat yoghurt ini datang dari kandungan kalium yang memiliki kemampuan untuk membersihakn kelebihan natrium dari dalam tubuh. Natrium adalah mineral yang berperan dalam meningkatkan tekanan darah dan banyak ditemukan pada makanan yang mengandung garam tinggi.

Nah, itulah beberapa manfaat yogurt yang berguna bagi kesehatan tubuh Anda.

baca juga: 4 Menu Sehat Dari Olahan Yoghurt

Tips Mengonsumi Yoghurt

Guna mendapatkan manfaat yoghurt dengan maksimal, konsumsi yoghurt harus dalam porsi yang sesuai dan tidak berlebihan. Yoghurt dianjurkan untuk dikonsumsi sebanyak satu atau dua kali dalam sehari.

Jumlah yoghurt yang disarankan dalam sehari adalah 100-200 gram, sementara untuk orang dewasa yoghurt aman dikonsumsi sebanyak 200-450 ml setiap harinya. Anda bisa menyajikannya untuk sarapan pagi atau sajian camilan siang hari saat beraktivitas di tempat kerja.

Menambahkan yoghurt dalam berbagai kreasi resep makanan atau minuman juga bisa menjadi pilihan menikmati yoghurt untuk diet. Orang yang memiliki intoleransi terhadap laktosa atau memiliki alergi susu, dianjurkan membatasi asupan yoghurt atau tidak mengonsumsinya.





Source link