12 Manfaat Salad Sayur (Banyak Memengaruhi Organ Dalam Tubuh)

12 Manfaat Salad Sayur (Banyak Memengaruhi Organ Dalam Tubuh)

[ad_1]

manfaat-salad-sayur-doktersehat

DokterSehat.Com – Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, meningkatkan asupan gizi, atau sekadar menerapkan gaya hidup yang lebih sehat, mengonsumsi salad sayur adalah salah satu langkah mudah yang bisa dilakukan. Apa saja manfaat salad sayur yang berguna bagi kesehatan tubuh? Simak penjelasan manfaat makan salad sayur di bawah ini.

Manfaat Salad Sayur untuk Kesehatan

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat makan salad sayur, perlu Anda ketahui bahwa salad bisa memberikan asupan mineral, vitamin dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Tercukupinya kebutuhan nutrisi harian dengan baik maka risiko Anda untuk terkena beberapa penyakit berat bisa berkurang.

Berikut ini adalah manfaat salad sayur yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Menurunkan berat badan

Manfaat salad sayur yang pertama adalah kemampuannya untuk menurunkan berat badan. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, melakukan metode diet dengan mengonsumsi salad sayur adalah langkah terbaik.

Kandungan nutrisi serta kalori rendah yang terdapat di dalam salad sayuran bisa Anda jadikan sebagai asupan makanan saat diet. Namun, hindari menggunakan topping yang mengandung lemak seperti keju.

2. Mencegah sembelit

Gangguan pencernaan seperti susah buang air besar alias sembelit, sering dialami oleh mereka yang sedang menjalan diet. Guna mengatasi hal ini, Anda harus mendapatkan manfaat salad sayur.

Hal tersebut dikarenakan, pada saat diet tubuh kurang asupan nutrisi seperti serat. Oleh karena itu, cobalah untuk mengonsumsi salad sayuran yang kaya akan serat sehingga Anda akan terhindar dari masalah sembelit.

Serat yang terkandung di sayuran membantu kotoran mengikat air, sehingga kotoran akan menjadi lebih lunak. Jadi, manfaat salad sayur akan membantu Anda mencegah sembelit.

3. Menurunkan kolesterol

Selain mencegah sembelit, manfaat salad sayur lanjutannya adalah membantu menurunkan kadar kolesterol. Konsumsi serat dalam jumlah cukup dapat membantu Anda kenyang lebih lama, makan lebih sedikit, dan pada akhirnya menurunkan berat badan.

4. Menjaga kesehatan mata

Salad sayuran juga bisa bermanfaat untuk kesehatan mata. Hal ini dikarenakan jenis sayuran yang Anda jadikan sebagai salad seperti wortel, bayam, dan sayuran hijau lainnya merupakan sayuran yang mengandung vitamin A. Pada akhirnya, manfaat makan salad sayur sangat baik untuk kesehatan mata apabila dikonsumsi secara rutin.

5. Menurunkan risiko Alzheimer

Beberapa sayuran yang dikonsumsi di dalam salad sayur dapat membantu tubuh melawan oksidasi yang menyebabkan penyakit kronis seperti Alzheimer dan kanker. Sebagian besar sayuran di salad mengandung berbagai vitamin dan mineral yang kaya antioksidan alami. Antioksidan ini bermanfaat bagi tubuh untuk mencegah perkembangan sel kanker.

6. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Mencampurkan lemak sehat yang didapatkan dari minyak zaitun, almond, atau alpukat pada salad akan membuat salad sayur menjadi semakin bernutrisi. Selain membantu Anda menyerap nutrisi sayuran, lemak sehat juga menyediakan vitamin E dan selenium, membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

7. Mencegah diare

Berlawanan dengan sembelit, diare adalah suatu kondisi di mana kotoran Anda menjadi terlalu lunak atau mungkin dalam bentuk cair. Selain mengalami perubahan bentuk kotoran, buang air besar Anda juga akan lebih sering dari biasanya.

Meski salad sayur adalah sesuatu yang baik bagi kesehatan, Anda harus memberi perhatian pada beberapa sayuran karena ada beberapa sayuran yang harus dihindari ketika Anda mengalami diare. Beberapa sayuran yang direkomendasikan untuk mengatasi diare adalah wortel dan kentang.

8. Menjaga kesehatan usus

Usus adalah salah satu organ terpenting yang berperan dalam penyerapan nutrisi makanan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memiliki usus yang sehat. Agar hal itu bisa tercapai, salah satu cara yang paling direkomendasikan adalah mendapatkan manfaat salad sayur dari brokoli, kangkung, dan bayam.

9. Mencegah terjadinya maag

Konsumsi salad sayur adalah cara terbaik dan termudah untuk menjaga kesehatan perut dan mencegah terjadinya maag.

10. Meningkatkan metabolisme

Serat yang terkandung pada sayuran juga memainkan peran penting untuk metabolisme. Metabolisme yang baik akan membakar kalori dalam tubuh Anda secara optimal. Jadi, mengonsumsi salad sayur akan meningkatkan fungsi metabolisme tubuh.

11. Meningkatkan sistem kekebalan

Sistem kekebalan tubuh yang baik akan berguna untuk melawan serangan virus dan bakteri. Oleh karena itu, Anda harus mengonsumsi salad sayur secara rutin.

12. Menjaga kesehatan kulit dan mulut

Beberapa sayuran dalam salad mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk perawatan kulit. Manfaat salad sayur untuk mengatasi keriput dan flek hitam di wajah itu didapatkan dari vitamin E yang terkandung di dalamnya.

Selain itu, manfaat salad sayur yang banyak orang tidak sangka adalah kemampuannya menjaga kesehatan rongga mulut. Berbagai macam vitamin yang ada pada salad sayur diketahui berperan dalam kesehatan mulut, misalnya, vitamin C yang ada di paprika dan brokoli.

Nah, itulah manfaat makan salad sayur yang bisa Anda dapatkan. Meski memiliki banyak manfaat, Anda harus membatasi jumlah topping pada salad seperti daging asap, roti kering, keju, mayones, atau thousand island.

Sebagai gambaran, satu sendok makan mayones mengandung sekitar 94 kalori dan 10,3 gram lemak, sedangkan satu sendok makan saus thousand island mengandung sekitar 60 kalori dan 5,5 gram lemak.

Hal penting lainnya yang harus Anda ketahui adalah sayuran yang tidak dicuci bersih bisa membawa kuman yang berbahaya seperti E. coli, Listeria, dan Salmonella, yang bisa membuat Anda keracunan.

Pada akhirnya, guna mengetahui lebih jelas mengenai campuran serta cara membuat salad yang sehat dan sesuai kondisi kesehatan, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis gizi.



[ad_2]

Source link

AKDSEO