12 Manfaat Kuaci Bunga Matahari bagi Kesehatan (Lengkap)

By | June 24, 2019


DokterSehat.Com– Kuaci dari biji bunga matahari merupakan salah satu camilan yang digemari banyak orang, dari anak-anak hingga orang tua menyukainya. Meski tidak mengenyangkan, namun di balik bijinya yang kecil ternyata manfaat kuaci bunga matahari sangat baik untuk tubuh Anda lho!

Ini berkat kandungan biji bunga matahari yang lengkap, seperti protein, karbohidrat, vitamin A, C, E, magnesium, kalsium, zat besi, dan berbagai nutrisi yang baik lainnya bagi kesehatan. Lalu apa saja manfaat makan kuaci bagi tubuh kita? Yuk simak lebih lengkapnya di bawah ini.

Manfaat Kuaci untuk Kesehatan Tubuh

Tidak hanya mengasyikkan saat nonton atau berkumpul, manfaat makan kuaci yang kita dapatkan sangat banyak bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut manfaat kuaci untuk kesehatan yang lengkap:

1. Menurunkan kadar kolesterol darah

Manfaat kuaci bunga matahari dapat membantu metabolisme dan proses akumulasi karena mengandung banyak asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Lemak jenuh terdapat dalam mentega, margarin, dan mentega putih. Ketika mengganti lemak jenuh dengan yang tidak jenuh, kadar kolesterol dalam tubuh Anda bisa turun.

Manfaat kuaci dapat menurunkan kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL) dalam serum. Meskipun bijinya kecil, makan kuaci ternyata membuat anda merasa kenyang. Ini karena kandungan kalori yang tinggi dalam kuaci, sehingga Anda tidak terlalu banyak makan makanan kolesterol tinggi.

2. Menjaga kesehatan kardiovaskular

Manfaat kuaci dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam darah Anda. Kadar kolesterol rendah berarti risiko rendah aterosklerosis dan penyakit jantung lainnya. Manfaat makan kuaci biji bunga matahari juga sebagai anti-hipertensi (tekanan darah tinggi).

Biji kuaci mengandung protein, vitamin E, dan phytochemical seperti helianthin yang mengumpulkan radikal bebas dalam darah Anda. Protein yang ditemukan di dalamnya (seperti pepsin dan pankreatin) juga menghentikan angiotensin-I converting enzyme (ACE), yang merupakan vasokonstriktor. Ini mempersempit pembuluh darah, sehingga meningkatkan tekanan darah.

Mengonsumsi makanan yang mengandung ACE-inhibitor dapat membantu mengelola kondisi jantung secara efektif seperti hipertensi, serangan iskemik, dan aritmia.

3. Baik untuk penderita diabetes

Banyak pakar kesehatan menyarankan bahwa diabetes dapat dikontrol dengan makan makanan yang tepat. Makan makanan yang mengandung gula tinggi dan makanan tinggi karbohidrat dapat menyebabkan lonjakan gula dalam darah. Ini dapat memperburuk kondisi jika sudah mulai mengalami diabetes.

Mengemil makanan yang mengandung rendah kolesterol dan makanan rendah GI (glycemic index) seperti biji bunga matahari yang dapat membantu Anda mengelola diabetes. Biji bunga matahari memiliki indeks glikemik rendah sekitar 20. Manfaat makan kuaci dapat mencegah kadar gula darah meningkat (hiperglikemia).

Asam lemak tak jenuh dan senyawa polifenol dalam biji bunga matahari juga sebagai anti-diabetes. Khasiatnya untuk mengontrol kadar gula Anda, secara tidak langsung dapat melindungi hati, pankreas, dan juga organ vital lainnya.

4. Antikanker

Kandungan fitosterol dalam biji bunga matahari berpotensi mengurangi risiko kanker usus besar dan meningkatkan kekebalan tubuh. Biji bunga matahari juga mengandung selenium dan penelitian telah menghubungkan selenium yang memiliki khasiat untuk mencegah penyebaran dan terjadinya kanker. Mineral ini berfungsi sebagai antioksidan kuat dalam tubuh, yang dapat memperlambat stres oksidatif dan menetralkan radikal bebas sebelum menyebabkan kerusakan terlalu banyak.

Menurut sebuah studi oleh Shuangshuang Guo, et al, para periset melakukan berbagai penelitian dan menemukan bahwa biji bunga matahari mungkin sebagai antikanker dan sifat antioksidan karena adanya asam oleat dan asam linoleat terkonjugasi.

Berdasarkan penelitian, manfaat kuaci bunga matahari kemungkinan efektif melawan kanker berkat kandungan antioksidan vitamin E (tokoferol). Namun, penelitian lebih lanjut dan bukti klinis diperlukan lebih lanjut untuk mendukung khasiatnya sebagai antikanker.

5. Mengobati hipertensi

Magnesium adalah peran penting dalam saluran kalsium tubuh, yang dapat menyeimbangan elektrolit dan tekanan darah. Mengonsumsi 1/4 cangkir biji matahari dapat memenuhi hampir 30% dari kebutuhan harian magnesium Anda. Karena itu, manfaat kuaci bisa menjadi obat yang sangat baik untuk mengobati gejala hipertensi.

6. Berkhasiat selama kehamilan

Kandungan folat atau asam folat dalam biji bunga matahari sangat melimpah, yang merupakan jenis vitamin B. Folat sangat baik untuk kehamilan, karena dapat membantu memproduksi sel-sel baru dalam tubuh, sehingga membantu replikasi DNA dan RNA , yang sangat signifikan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Ini bekerja dalam hubungannya dengan vitamin B-12 untuk membentuk hemoglobin dalam sel darah merah. Bila memiliki cukup folat dalam tubuh, Anda juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

7. Perawatan kulit

Studi yang dilakukan oleh sekelompok peneliti, yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition, menunjukkan bahwa manfaat kuaci bunga matahari dapat meningkatkan antioksidan.

Salah satu komponen terbaik dari biji bunga matahari adalah kandungan vitamin E yang tinggi. Sekitar 80% dari kebutuhan harian Anda dipenuhi dengan 1/4 cangkir biji bunga matahari, akan dapat membantu meningkatkan antioksidan utama jika menambahkannya ke dalam makanan Anda.

Vitamin E dapat bertindak sebagai antioksidan bagi kulit dan dikenal untuk meremajakan kulit dengan meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi munculnya keriput.

8. Meningkatkan kesehatan otak

Beberapa penelitian telah terbukti, bahwa manfaat makan kuaci dapat menenangkan otak dan membantu meningkatkan mood atau suasana hati Anda. Ini berkat kandungan triptofan yang tinggi dalam biji bunga matahari.

Ketika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung triptofan, secara efektif dapat meningkatkan produksi serotonin otak, yang merupakan neurotransmitter. Serotonin juga secara efektif mengurangi ketegangan, sehingga membuat perasaan santai. Kandungan kolin dalam biji memainkan peran penting dalam fungsi memori dan penglihatan.

Biji bunga matahari juga memiliki betaine yang tinggi, yang secara efektif melindungi penyakit kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi. Selain itu, kandungan arginin dalam kuaci juga dapat membantu kesehatan jantung. Semantara lignan dapat menjaga kolesterol darah pada tingkat yang tepat, sehingga mencegah serangan jantung dan aterosklerosis.

9. Menurunan berat badan

Meski kuaci bunga matahari terkenal memiliki tinggi kalori, biji-bijian ini juga memiliki banyak serat makanan yang baik, yang dapat membantu mempercepat proses pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol. Berkat seratnya, manfaat makan kuaci juga dapat membantu membuat Anda terasa kenyang sehingga mencegah makan yang berlebihan.

Nah, bila Anda ingin memiliki tubuh langsing, kuaci adalah salah satu camilan yang sangat cocok untuk Anda.

10. Merawat rambut

Sebuah studi oleh Dr. D. H. Rushton, Universitas Portsmouth, Inggris mengungkapkan bahwa kerontokan rambut berhubungan dengan nutrisi dalam tubuh Anda.

Sementara sebuah penelitian pada 2010 menunjukkan bahwa tocotrienol, yang termasuk dalam keluarga vitamin E, adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi kerontokan rambut.

Ketika menghubungkan kedua studi tersebut, itu hanya menunjukkan bahwa makanan yang Anda konsumsi dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Biji bunga matahari mengandung vitamin E tidak hanya baik untuk kulit tetapi juga rambut. Jika Anda secara teratur makan biji bunga matahari, tentu bisa memberikan tekstur rambut yang bagus.

Selain mineral dan antioksidan, bijinya mengandung zat besi, yang dapat merangsang sirkulasi dan membantu aliran darah ke kulit kepala sehingga merangsang pertumbuhan rambut.

11. Meningkatkan mood

Magnesium telah dikaitkan dapat meningkatkan mood (suasana hati) dan mengendalikan temperamen. Magnesium adalah salah satu mineral yang terkandung dalam biji bunga matahari dengan jumlah sedang. Jika Anda secara teratur menderita kecemasan atau depresi, kuaci ini mungkin bias menjadi camilan untuk Anda.

12. Memperkuat tulang dan otot

Zat besi dalam biji bunga matahari dapat menyalurkan oksigen ke otot-otot Anda, sementara zinc dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah batuk dan pilek. Magnesium yang ditemukan dalam biji bunga matahari juga penting untuk menguatkan tulang dan memproduksi energi.

Hampir 2/3 dari magnesium dalam tubuh manusia disimpan dalam tulang. Magnesium membantu tulang dalam struktur fisik dan kekuatannya, sedangkan magnesium yang tersisa ditemukan di permukaan tulang, yang digunakan oleh tubuh sesuai kebutuhannya.

Jadi, tak perlu ragu lagi untuk sering-sering ngemil kuaci setelah mengetahui begitu banyaknya manfaat kuaci bunga matahari. Semoga bermanfaat ya, Teman Sehat!





Source link