11 Manfaat Raspberry, si ‘Permen Alami’

By | July 24, 2019


DokterSehat.Com – Raspberry. Nama buah yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga, bukan? Nah, di balik rasanya yang enak dan juga tampilannya yang cantik, buah raspberry ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, sama halnya seperti jenis buah beri lainnya. Lantas, apa saja manfaat raspberry bagi kesehatan sebagaimana dimaksud? Benarkah raspberry bisa meningkatkan kesuburan?

Buah Raspberry dan Kandungannya

Raspberry adalah buah yang masuk ke dalam keluarga beri-berian. Selain raspberry, kita juga mengenal jenis beri seperti blackberry, blueberry, dan stroberi. Raspberry (rubus) kerap dijuluki sebagai ‘permen alami’, oleh karena buah ini memiliki warna merah menyala yang tampak ‘meriah’, pun teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis.

Buah raspberry memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh yang tak kalah dengan buah-buahan lainnya, atau setidaknya dengan ‘saudara-saudaranya’ sesama beri. Manfaat buah raspberry ini tidak lepas dari kandungan sejumlah zat penting di dalamnya. Setiap 100 gram (gr) raspberry diklaim mengandung:

  • Kalori (52 Kcal)
  • Lemak (0,7 gram)
  • Karbohidrat (12 gram)
  • Protein (1,2 gram)
  • Kalium (151 miligram)
  • Natrium (1 miligram)
  • Kalsium (25 miligram)
  • Magnesium (22 miligram)
  • Zat besi (0,7 miligram)
  • Vitamin A (33 IU)
  • Vitamin B6 (0,1 mg)
  • Vitamin C (26,2 miligram)

Selain itu, terdapat pula kandungan zat antioksidan di dalam buah raspberry ini, meliputi:

  • Kolin
  • Lutein
  • Zeaxanthin
  • Polifenol
  • Anthocyanin
  • Ellagic acid

Manfaat Raspberry bagi Kesehatan

Mengonsumsi buah raspberry secara rutin akan mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh Anda. Berikut ini adalah daftar manfaat raspberry yang perlu diketahui.

1. Mengatasi Diabetes

Rasanya yang manis tak lantas membuat raspberry ‘haram’ dikonsumsi oleh mereka yang menderita penyakit gula darah atau diabetes. Alih-alih demikian, justru buah raspberry menjadi salah satu makanan yang disarankan untuk dikonsumsi para penderita diabetes.

Manfaat raspberry untuk mengatasi diabetes ini dihasilkan oleh serat yang terkandung di dalamnya. Menurut penelitian, penderita diabetes tipe-1 yang rutin mengonsumsi raspberry dilaporkan memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dan terkendali.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan juga disarankan untuk memasukkan raspberry ke dalam daftar menu sehat sehari-hari. Pasalnya, buah ini juga ternyata efektif dalam membantu penurunan berat badan.

Manfaat buah raspberry untuk menurunkan berat badan dikarenakan buah ini mengandung mangan, yang mana mangan memiliki peran penting dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang baik berefek pada proses pembakaran lemak yang optimal.

3. Mengoptimalkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh yang tidak mudah terserang penyakit dikarenakan sistem kekebalan tubuh dapat bekerja dengan optimal. Guna mengoptimalkan kinerja sistem kekebalan tubuh Anda, maka salah satu cara mudah yang bisa dilakukan adalah dengan rutin mengonsumsi buah raspberry.

Vitamin C yang terkandung di dalam raspberry inilah yang menghasilkan manfaat raspberry yang satu ini. Sebagaimana diketahui, salah satu fungsi utama vitamin C adalah untuk meningkatkan autoimun.

4. Merawat Sistem Pencernaan

Manfaat buah raspberry lainnya yang tak kalah penting adalah, buah ini efektif untuk merawat kesehatan sistem pencernaan. Lagi-lagi, hal ini dihasilkan oleh serat yang terkandung di dalamnya.

Seperti yang telah kita ketahui, sejumlah masalah pada sistem pencernaan diakibatkan oleh kurangnya asupan serat ke dalam tubuh. Oleh karena itu, pastikan Anda memenuhi kebutuhan serat harian agar terhindar dari gangguan sistem pencernaan.

5. Merawat Kesehatan Mata

Mata adalah organ vital yang harus senantiasa dijaga kesehatannya. Bicara tentang kesehatan mata, maka hal ini tidak lepas dari vitamin A yang memang fungsi utamanya untuk merawat mata.

Raspberry adalah satu dari sekian banyak sumber vitamin A yang bisa Anda dapatkan, Mengonsumsi raspberry diklaim dapat merawat kesehatan mata sehingga mata terhindar dari sejumlah penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula mata.

6. Merawat Fungsi Otak

Flavonoid yang terkandung di dalam buah raspberry menurut sejumlah penelitian ampuh dalam merawat fungsi otak. Hal ini utamanya berkaitan dengan fungsi otak dalam menyimpan memori. Flavonoid tersebut juga diklaim efektif untuk mencegah terjadinya penurunan fungsi kognitif otak seiring dengan usia yang semakin menua.

7. Mencegah Kanker

Kanker adalah penyakit mematikan yang dipicu oleh berkembangnya sel-sel abnormal di dalam tubuh. Serangan radikal bebas diduga kuat menjadi faktor utama yang menyebabkan munculnya sel kanker tersebut. Guna mencegah hal ini terjadi, maka mencukupi asupan zat antioksidan adalah solusi ampuh yang bisa Anda lakukan.

Buah raspberry mengandung sejumlah zat yang bersifat antioksidan, seperti lutein dan ellagic acid. Oleh sebab itu, konsumsilah buah ini (tentu diimbangi juga dengan makanan bergizi lainnya) secara rutin agar risiko terkena kanker dapat diminimalisir.

8. Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Studi yang dirilis oleh Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan kaya akan flavonoid dinilai efektif untuk mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular seperti jantung.

Nah, flavonoid ini terkandung di dalam buah raspberry, tepatnya Anthocyanin. Hal ini lantas menghasilkan manfaat raspberry untuk meminimalisir risiko penyakit jantung. Anthocyanin berfungsi untuk menghambat peradangan yang dapat memicu timbulnya penyakit jantung.

Tak hanya itu, polifenol pada raspberry juga bertugas untuk menghalau penumpukan platelet, juga mengendalikan tekanan darah.

9. Mengatasi Radang Sendi (Arthritis)

Raspberry juga bisa dijadikan alternatif pengobatan radang sendi (arthritis). Manfaat buah raspberry yang satu ini didapat dari polifenol yang dikandungnya.

Selain mengatasi peradangan (inflamasi), polifenol pada raspberry juga diketahui dapat mencegah terjadinya resorpsi tulang, yakni kalsium diambil dari jaringan tulang menuju darah.

10. Merawat Kesehatan Kulit

Nah, raspberry adalah buah yang juga identik dengan kesehatan kulit. Pasalnya, manfaat raspberry bagi kulit ini terbilang lengkap, dalam artian buah tersebut ‘sanggup’ untuk merawat dan mengatasi pelbagai masalah umum pada kulit, seperti:

  • Mencegah penuaan dini
  • Mencerahkan kulit
  • Melembapkan kulit
  • Mengendalikan produksi minyak
  • Mengatasi masalah kulit seperti jerawat, eksim, psoriasis

Manfaat buah raspberry untuk kulit ini didapat dari sejumlah zat yang memang sangat dibutuhkan oleh kulit supaya tetap sehat, seperti vitamin C, asam lemak tak jenuh (omega-3 dan omega-6), juga ellagic acid.

Guna mendapatkan khasiat raspberry yang satu ini, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung, diolah menjadi jus, atau dijadikan masker wajah.

11. Merawat Kesehatan Rambut

Ingin rambut Anda senantiasa sehat dan tampil menawan? Mengonsumsi raspberry adalah salah satu caranya.

Manfaat raspberry dalam merawat kesehatan rambut oleh karena buah tersebut mengandung asam folat yang berfungsi untuk mengatasi rambut rontok, pun merangsang pertumbuhan rambut. Hal ini juga ditunjang oleh biotin yang bertugas untuk merawat rambut agar tetap sehat.

Itu dia informasi mengenai kandungan dan manfaat raspberry yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!





Source link