11 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Tubuh & Mental

By | August 13, 2019


DokterSehat.Com– Meditasi adalah salah satu aktivitas yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Manfaat meditasi lainnya dapat menenangkan pikiran dan hal ini bisa berimbas pada kondisi kesehatan mental yang jauh lebih baik. Namun, pakar kesehatan menyebutkan bahwa manfaat meditasi untuk kesehatan ternyata lebih baik dari yang Anda kira. Yuk Ketahui lebih lanjut apa itu meditasi hingga manfaatnya di bawah ini.

Apa itu Meditasi?

Meditasi adalah latihan mental yang menyertakan relaksasi, fokus, dan kesadaran. Meditasi bagi pikiran adalah latihan fisik bagi tubuh.

Kamus Cambridge mendefinisikan meditasi sebagai “tindakan memberikan perhatian Anda hanya pada satu hal, baik sebagai aktivitas agama atau sebagai cara untuk mendapat ketenangan” atau “berpikir serius atau studi, atau hasil dari aktivitas ini.”

Jadi, meditasi dapat melibatkan fokus, rileks, perenungan atau ekspresi.

Manfaat Meditasi untuk Kesehatan

Meditasi tidak hanya dapat menenangkan jiwa, namun ada berbagai manfaat meditasi untuk kesehatan yang bisa kita dapatkan, di antaranya:

1. Mencegah penyakit jantung

Meditasi selama 20 menit bisa membuat Anda merasa seolah-olah tidur siang yang menyegarkan. Manfaat lainnya dapat menghilangkan kecemasan, memperbaiki mood, menenangkan perasaan dan membuat Anda selalu bersyukur.

Penelitian pencegahan Alzheimer baru-baru ini menunjukkan bahwa manfaat meditasi meningkatkan kognisi pada orang-orang dengan kehilangan ingatan. Juga meningkatkan aktivitas otak di daerah pusat memori.

Khasiat meditasi juga dapat membantu rasa sakit fibromyalgia, hot flashes, sindrom iritasi yang mudah tersinggung, dan PMS.

2. Mengurangi stres

Kita semua pasti mengalami stres dan meditasi adalah salah satu cara paling efektif untuk menangani atau bahkan menghilangkan stres.

Manfaat meditasi membuat kita terasa damai dan relaksasi yang mendalam. Jika berlatih meditasi, Anda akan merasa lebih sehat, memiliki lebih banyak energi dan merasa lebih baik secara emosional. Anda juga akan terlihat lebih baik secara penampilan, seperti kulit yang tampak lebih halus, berkat peningkatan oksigen dan peredaran darah yang lancar.

Bermeditasi sebelum tidur terasa nyaman dan santai, yang membantu menyelesaikan masalah setelah seharian lelah bekerja, sehingga Anda dapat bersantai dan tidur nyenyak.

3. Mengatasi rasa cemas

Anda mungkin pernah mengalami atau bahkan sedang merasa cemas, untuk itu cobalah atasi dengan meditasi, yang pasti menenangkan pikiran dan mengurangi stres.

Sebagai contoh, penelitian delapan minggu tentang meditasi kesadaran membantu para peserta mengurangi kecemasan.

Manfaat meditasi juga mengurangi gejala gangguan kecemasan, seperti fobia, kecemasan sosial, paranoid, perilaku obsesif-kompulsif, dan serangan panik.

Sementara penelitian lain pada 18 peserta selama tiga tahun setelah mereka menyelesaikan program meditasi delapan minggu. Sebagian besar peserta terus berlatih meditasi secara teratur dan mempertahankan tingkat kecemasan yang lebih rendah dalam jangka panjang.

4. Meningkatkan kesehatan mental

Berfokus pada hati dalam meditasi akan benar-benar menenangkan pikiran. Anda akan mengalihkan perhatian dari pikiran-pikiran cemas dan ‘obrolan’ mental dan fokus daripada perasaan penghargaan dan rasa syukur dari hati Anda sendiri.

5. Meningkatkan kesehatan emosional

Manfaat meditasi juga dapat meningkatkan citra diri yang lebih baik dan pandangan hidup yang lebih positif. Berdasarkan penelitian, meditasi dapat menurunkan depresi lebih dari 4.600 orang dewasa.

6. Membantu melawan kecanduan

Disiplin mental yang dapat dikembangkan melalui meditasi dapat membantu mengatasi ketergantungan, dengan meningkatkan kendali diri dan kesadaran terhadap penyebab perilaku adiktif.

Penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat meditasi dapat membantu orang belajar mengendalikan perhatian mereka, meningkatkan kemauan, mengendalikan emosi dan impuls, serta meningkatkan pemahaman tentang penyebab di balik perilaku adiktif.

Satu penelitian yang melatih 19 pecandu alkohol, menemunak bahwa mereka pulih dari kencanduan alkohol setelah melakukan meditasi. Peserta juga merasa lebih baik dalam mengendalikan keinginan dan stres yang berkaitan dengan keinginan. Mungkin juga berlaku pula bagi mereka yang meroko, ketergantungan obat-obatan terlarang, dan lainnya.

Tak hanya itu, meditasi juga dapat membantu mengendalikan keinginan makan. Sebuah tinjauan terhadap 14 studi menemukan bahwa meditasi perhatian membantu peserta mengurangi makan emosional dan makan berlebihan.

7. Meningkatkan kualitas tidur

Susah tisur atau insomnia? Susah saatnya Anda melakukan meditasi yang membantu tidur lebih nyenyak, yang dibuktikan berdasarkan penelitian.

Satu penelitian membandingkan dua program meditasi berdasarkan kesadaran dengan menugaskan peserta secara acak ke salah satu dari dua kelompok. Satu kelompok berlatih meditasi, sementara yang lain tidak.

Hasilnya, peserta yang bermeditasi tertidur lebih cepat dan tidur lebih lama, dibandingkan dengan mereka yang tidak bermeditasi.

Menjadi terampil dalam meditasi dapat membantu Anda mengendalikan pikiran yang sering kali menyebabkan insomnia. Selain itu, manfaat meditasi untuk kesehatan dapat membantu tubuh lebih rileks, melepaskan ketegangan, dan nyaman yang membuat Anda mudah untuk tertidur.

8. Membantu mengontrol nyeri

Pemahaman Anda tentang rasa sakit terhubung dengan kondisi pikiran, yang dapat meningkat stres. Sebagai contoh, satu studi menggunakan teknik MRI fungsional untuk mengamati aktivitas otak ketika peserta penelitian mengalami stimulus yang menyakitkan. Beberapa peserta telah menjalani empat hari pelatihan meditasi kesadaran, sementara yang lain tidak.

Para peserta yang bermeditasi menunjukkan peningkatan aktivitas di pusat-pusat otak yang dikenal dalam mengendalikan rasa sakit. Mereka juga kurang sensitif terhadap rasa sakit.

Satu studi lainnya yang lebih besar mengamati manfaat meditasi pada 3.500 peserta. Hasilnya, ditemukan bahwa meditasi dikaitkan dengan penurunan keluhan nyeri kronis atau intermiten.

Sementara itu, sebuah penelitian tambahan menunjukan bahwa meditasi pada pasien dengan penyakit terminal atau penyakit tahap akhir dapat membantu mengurangi rasa sakit kronis di akhir kehidupan atau menjelang kematian.

9. Menurunkan tekanan darah

Manfaat meditasi untuk kesehatan juga dapat meningkatkan kesehatan fisik dengan mengurangi ketegangan pada jantung.

Tekanan darah tinggi seiring waktu membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah, yang pada akhirnya menyebabkan gangguan fungsi jantung.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi juga menjadi pemicu aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah), yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Sebuah penelitian terhadap 996 peserta menemukan bahwa mereka yang bermeditasi, rata-rata telah menurunkan tekanan darah sekitar lima poin. Manfaat meditasi ternyata lebih efektif di antara peserta yang lebih tua dan mereka yang mengalami hipertensi sebelum penelitian.

10. Lebih fokus

Jika Anda sulit konsentrasi dalam pelajaran atau tidak fokus dalam pekerjaan, salah satu solusinya adalah meditasi, yang mampu membuat Anda lebih fokus dalam melakukan sesuatu.

Beberapa penelitian tentang meditasi dan dampaknya pada perhatian menunjukkan bagaimana meditasi dapat meningkatkan perawatan dengan mengendalikan gelombang otak alfa. Gelombang alfa di otak menjalankan cara kita menggunakan organ indera dan merespons rangsangan eksternal.

Ilmuwan dari penelitian ini membuat program meditasi selama delapan minggu dan penilaian mengungkapkan bahwa peserta yang bermeditasi menunjukkan peningkatan kepekaan terhadap rangsangan visual, pendengaran, dan sentuhan.

11. Meningkatkan kekebalan tubuh

Meditasi dan relaksasi yang penuh perhatian dapat meningkatkan jumlah limfosit dalam tubuh, dan membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan sel-sel beracun yang melahirkan penyakit fatal.

Meskipun penelitian ini belum diapresiasi, namun temuan penelitian ini memberikan bukti substansial tentang bagaimana manfaat meditasi membuat seseorang lebih kebal terhadap infeksi dan penyakit yang menyakitkan.

Itu dia berbagai manfaat meditasi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Jadi, tertarik untuk melakukan meditasi, Teman Sehat?

 

Sumber: 

  1. 12 Science-Based Benefits of Meditation (https://www.healthline.com/nutrition/12-benefits-of-meditation#section3, diakses 13 Agustus 2019).
  2. Meditation Definition: What is Meditation? Take Charge of the Mind (https://mindworks.org/blog/meditation-definition/, diakses 13 Agustus 2019).
  3. 5 Health Benefits of Daily Meditation According to Science (https://positivepsychology.com/benefits-of-meditation/, diakses 13 Agustus 2019).
  4. What Is Meditation? (https://liveanddare.com/what-is-meditation/, diakses 13 Agustus 2019).





Source link