11 Manfaat Ikan Kembung yang Tak Terduga

By | June 23, 2019


DokterSehat.Com – Ikan adalah makanan laut yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini tentu saja tidak lepas dari pelbagai kandungan nutrisi dan vitamin pada ikan. Salah satu jenis ikan yang patut untuk Anda konsumsi  karena memiliki banyak manfaat adalah ikan kembung. Percaya atau tidak, ikan kembung bahkan memiliki kandungan gizi yang lebih banyak daripada salmon. Apa saja manfaat ikan kembung?

Kandungan Nutrisi Ikan Kembung

Ikan kembung adalah jenis ikan laut yang—meskipun bertubuh kecil—ternyata berkerabat dengan ikan-ikan seperti tuna, tenggiri, tongkol, dan mackerel. Ikan kembung yang memiliki nama ilmiah Rastrellinger sp. ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda, bukan? Ikan ini kerap diolah menjadi sejumlah masakan yang begitu menggugah selera.

Nah, sama seperti ikan-ikan lainnya, ikan kembung adalah ikan yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin, membuatnya kaya akan manfaat. Sejumlah zat penting yang terkandung dalam ikan kembung antara lain fosfor, iodine, omega-3, protein, selenium, dan vitamin seperti vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, juga vitamin D. Oleh sebab itu, tak heran manfaat ikan kembung ini cukup banyak.

Manfaat Ikan Kembung yang Tidak Terduga

Banyak dari Anda yang cenderung mengonsumsi jenis ikan seperti ikan salmon, terlebih ikan ini umumnya disajikan dalam bentuk makanan khas Jepang yakni sushi yang kini menjadi salah satu makanan favorit banyak orang. Namun tahukah Anda jika ikan kembung ternyata memiliki manfaat yang tak kalah dengan ikan salmon?

Berikut ini adalah manfaat ikan kembung bagi kesehatan yang tidak terduga.

1. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Selain asam lemak omega-3, ikan kembung juga mengandung varian asam lemak tak jenuh lainnya yakni asam lemak omega-6. Adanya zat ini lantas menghasilkan manfaat ikan kembung yang terkait dengan fungsi omega-6, salah satu yang paling utama yakni mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh.

Hal ini tentu saja penting terutama untuk para penderita diabetes. Para penderita diabetes sangat disarankan untuk mengonsumsi ikan kembung secara rutin untuk menjaga agar kadar gula darah di dalam tubuhnya tetap terkendali.

2. Mengatasi Peradangan

Inflamasi atau peradangan yang terjadi pada tubuh juga bisa diatasi dengan cara mengonsumsi ikan kembung. Manfaat ikan kembung yang satu ini tidak lepas dari kandungan sejumlah senyawa aktif di dalamnya, yang mana senyawa-senyawa tersebut memiliki sifat anti-inflamasi.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Salah satu vitamin yang terkandung di dalam ikan kembung, yakni vitamin D, menghasilkan manfaat ikan kembung terkait dengan kesehatan tulang Anda.

Vitamin D adalah vitamin yang memiliki peran penting dalam memaksimalkan absorpsi kalsium, di mana kalsium adalah mineral yang fungsinya untuk membentuk dan memelihara kesehatan tulang dan juga gigi.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Teruntuk Anda yang kini sedang menjalani program diet menurunkan berat badan, salah satu makanan yang hendaknya ada di dalam daftar menu sehat  sehari-hari adalah ikan kembung.

Manfaat ikan kembung dalam membantu menurunkan bera badan ini oleh karena ikan kembung mengandung asam lemak tak jenuh yakni asasm lemak omega-3 sehingga dengan mengonsumsinya tak lantas menyebabkan terjadinya penumpukan lemak yang bisa menaikkan berat badan.

Asam lemak omega-3 justru berperan aktif dalam memaksimalkan metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran lemak bisa berjalan lancar. Akan tetapi, hal ini tentunya harus diimbangi juga dengan aktivitas fisik yang teratur, ya.

5. Meminimalisir Penyakit Otak

Ikan kembung diperkaya dengan kandungan docosahexaenonic acid (DHA), yang mana zat ini memiliki khasiat untuk meminimalisir risiko Anda terkena penyakit-penyakit yang berhubungan dengan gangguan fungsi otak seperti Alzheimer dan Parkinson.

Bagi para ibu hamil, adanya DHA ini juga lantas menghasilkan manfaat ikan kembung untuk ibu hamil, yakni membantu tumbuh kembang janin, utamanya dari segi perkembangan otak. Sehingga, diharapkan buah hati Anda nanti dapat memiliki otak yang cerdas.

6. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Mengonsumsi ikan kembung secara rutin tak disangka dapat mencegah Anda dari terserang penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke.

Khasiat ikan kembung yang satu ini merupakan buah dari adanya kandungan asam lemak tak jenuh yakni asam lemak omega-3, omega-6, dan juga omega-9. Ketiganya dengan didukung oleh pelbagai bukti ilmiah memiliki peran penting dalam mencegah penumpukan kolesterol jahat  (LDL) yang mana kolesterol jenis ini menjadi pemicu terjadinya penyakit jantung maupun stroke.

7. Mencegah Kanker Payudara

Kandungan minyak esensial yang terkandung pada ikan kembung juga lantas menghasilkan manfaat ikan kembung dalam mencegah terjadinya kanker payudara. Pasalnya, minyak esensial memiliki sifat antioksidan, di mana zat antioksidan ini nantinya bertugas menghalau radikal bebas yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh.

8. Penghancur Trigliserida

Trigliserida adalah sejenis lemak yang sejatinya sama sekali tidak diperlukan oleh tubuh, akan tetapi justru menyebabkan tubuh rentan terhadap sejumlah penyakit serius, termasuk penyakit jantung nan mematikan.

Mengonsumsi ikan kembung akan membantu tubuh dalam menghancurkan trigliserida tersebut sehingga risiko Anda untuk terserang penyakit dapat diminimalisir.

9. Membantu Tumbuh Kembang Bayi

Bayi yang baru lahir tentunya membutuhkan asupan nutrisi dan vitamin agar tumbuh kembangnya dapat berjalan dengan baik.

Pelbagai kandungan nutrisi dan vitamin pada ikan kembung lantas menghasilkan manfaat ikan kembung untuk bayi, walaupun secara tidak langsung, melainkan melalui ASI yang penuh gizi. Oleh sebab itu, baiknya Anda para ibu perbanyak konsumsi  ikan kembung sehingga mampu menghasilkan ASI yang berkualitas.

10. Memperpanjang Usia

Selama ini, ikan salmon dikenal sebagai jenis ikan yang memiliki manfaat untuk membuat usia seseorang menjadi lebih panjang. Faktanya, Anda tidak melulu harus mengonsumsi ikan salmon untuk memiliki umur yang panjang.

Ikan kembung adalah ikan lainnya yang memiliki manfaat sama dengan ikan salmon, yakni memperpanjang usia. Pasalnya, keduanya sama-sama diperkaya oleh asam emak omega-3 yang berfungsi untuk membuat seseorang panjang umur.

Bahkan, efektivitas ikan kembung dalam hal ini lebih tinggi ketimbang ikan salmon. Hal tersebut didasari fakta bahwa ikan kembung memiliki kandungan omega-3 yang lebih banyak, yakni sekitar 2,6 g. Sementara itu, kandungan omega-3 pada ikan salmon hanya sekitar 14, g.

11. Menambah Massa Otot

Pada setiap 100 gram ikan kembung, terdapa tak kurang dari 21,4 mg kandungan protein di dalamnya, Hal ini lantas menjadikan ikan kembung makanan yang cocok dikonsumsi bagi Anda yang ingin meningkatkan massa otot. Bahkan, ikan kembung merupakan sumber protein hewani yang tak kalah dengan sumber lainnya seperti daging sapi maupun daging ayam.

Itu dia daftar manfaat yang bisa Anda dapatkan dari ikan kembung. Harganya yang relatif murah (sekitar 30 ribu Rupiah per kilogram) tak lantas menjadikan ikan ini minim manfaat, tetapi justru seimbang dengan ikan salmon yang notabene memiliki range harga jauh di atasnya. Jadi, jangan ragu untuk rajin mengonsumsi ikan kembung, ya. Semoga bermanfaat!

 





Source link