11 Manfaat Daun Dadap Serep dan Cara Mengolahnya

By | July 31, 2019


Photo Source: www.asia-medicinalplants.info

DokterSehat.Com – Sebagian besar masyarakat Indonesia telah mengenal dan menggunakan tanaman dadap serep sebagai tanamas hias. Padahal, tidak hanya digunakan sebagai tanaman hias saja, daun dadap serep juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Apa saja manfaat daun dadap serep yang berguna bagi kesehatan tubuh? Cek penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Kandungan Daun Dadap Serep

Sebelum menjelaskan mengenai khasiat daun dadap serep bagi tubuh, hal yang tak kalah penting untuk diketahui adalah kandungan zat di dalam daun dadap serep (Erythrina orientalis). Berikut adalah beberapa kandungan dari dadap serep, antara lain:

    • Alkaloid.
    • Flavonoid.
    • Eritrina.
    • Aritramina.
    • Aritradin.
    • Erisofina.
    • Hipaforina.
    • Zat anti-inflamasi.
    • Zat anti-piretik.
    • Phaseollin.
    • 8-Prenyldaizein.
  • Shinpterocarpin.
  • Alpinumisoflavone.
  • 4′-O-Methyl licoflavanone.

Manfaat Daun Dadap Serep untuk Kesehatan

Setelah Anda mengetahui kandungan daun dadap serep, kini saatnya Anda mengetahui manfaat dadap serep. Berikut adalah beberapa manfaat daun dadap serep yang bisa dimanfaatkan, di antaranya:

1. Menjaga kadar gula darah tetap stabil

Manfaat daun dadap serep yang pertama berguna untuk Anda yang ingin menghindari penyakit diabetes. Tingginya kadar gula bisa mengakibatkan Anda terkena diabetes melitus. Karena diabetes adalah salah satu penyakit berbahaya, konsumsi daun dadap serep adalah langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan.

2. Menurunkan risiko keguguran

Manfaat daun dadap serep berikutnya berguna bagi ibu hamil. Daun dadap serep berguna untuk menguatkan kandungan, yang pada akhirnya akan mencegah terjadinya keguguran pada ibu hamil muda. Minumlah air rebusan daun gagap satu gelas sehari selam 3 hari berturut-turut.

3. Melancarkan produksi ASI

Tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil, manfaat daun dadap serep lanjutannya adalah melancarkan serta meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Minumlah air rebusan daun dadap secara rutin minimal satu gelas per hari.

4. Menurunkan demam

Sebuah penelitian mengungkapkan, zat anti-piretik dari daun dadap serep mampu menurunkan suhu panas yang dialami oleh seseorang. Namun, manfaat daun dadap serep akan bisa maksimal apabila Anda mengonsumsi air rebusannya secara rutin. Jika lebih dari 3 hari panas belum mereda, segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

5. Relaksasi otot

Sebuah penelitian mengenai manfaat daun dadap serep mengungkapkan bahwa, ektrak daun dadap serep bisa membuat penekanan sistem saraf pusat seperti relaksasi otot simpatolitik dan para simpatomimetik

Perlu diketahui, bahwa sistem saraf simpatis juga dikenal seabagi sistem adrenergik karena sebelumnya sering dikira bahwa adrenalin merupakan neurotransmiter yang mempersarafi otot-otot polos. Kini neurotransmitter tersebut dikenal sebagai norepinefrin.

Obat-obatan yang menyerupai efek dari norepinefrin disebut sebagai obat-obat adrenergik atau simpatomimetil.

6. Melancarkan menstruasi

Jika Anda mengalami sakit saat menstruasi, terutama jika rasa sakitnya sampai membuat Anda merasakan kesakitan yang teramat sangat, sepertinya Anda harus mendapatkan manfaat daun dadap serep.

Perlu diketahui, salah satu penyebab utama rasa sakit tersebut adalah siklus menstruasi yang tidak lancar dan tidak teratur. Guna mengatasi masalah ini, konsumsi air rebusan daun dadap serep sebaiknya menjelang hingga menstruasi berakhir.

7. Mengatasi malaria

Sebuah studi fitokimia daun dadap serep yang dilakukan oleh beberapa ahli mengungkapkan, tanaman ini bisa menghasilkan senyawa flavonoid, alkaloid, arylbenzofurans, stilbenes dan pterocarpans, yang merupakan senyawa akif. Kombinasi daun dan kulit dadap serep dipercaya sebagai obat tradisional untuk mengatasi malaria.

8. Mencegah kanker

Sebuah penelitian mengungkapkan, senyawa 8-Prenyldaizein, Alpinumisoflavone, Shinpterocarpin, dan Phaseollin, yang terdapat pada daun dadap serep berguna sebagai sebagai zat antikanker.

9. Mengatasi disentri dan cacingan

Konsumsi ekstrak daun dadap dibarengi dengan penggunaan madu dipercaya dapat mengobati cacingan. Sementara daun dadap yang dicampur minyak jarak (kasteroli) bisa digunakan untuk menyembuhkan disentri.

10. Menguatkan sistem imun

Sebuah penelitan mengungkapkan, senyawa flavonoid yang terdapat di daun dadap serep memiliki aktivitas sebagai antibiotik terhadap beberapa strain bakteri Staphylococcus dan Streptococcus.

11. Mengobati sakit gigi

Manfaat daun dadap serep yang terakhir adalah mampu mengobati sakit gigi sekaligus mengatasi masuk angin. Senyawa phaseollin dan senyawa 8-Prenyldaizein pada daun dadap serep cukup aktif sebagai antioksidan, bahkan lebih aktif daripada vitamin C.

Nah, itulah manfaat daun dadap serep yang berguna untuk kesehatan Anda.

Cara Mengolah Daun Dadap Serep

  1. Ambilah sekitar 5 lembar daun dadap serep, kemudian rebuslah dengan dua gelas air. Tambahkanlah dua sendok madu ke dalam rebusan air. Anda bisa meminumnya pada pagi atau sore hari.
  2. Selain dengan direbus, Anda juga bisa mengunyah secara langsung daun dadap serep. Jika cara ini tidak membuat Anda nyaman, cobalah untuk dikukus terlebih dahulu.
  3. Cara lain mengonsumsi daun dadap serep adalah dengan melumatkannya. Ambilah beberapa lembar daun muda, remas-remas atau lumatkan, kemudian bisa Anda tempelkan ke jidat. Cara ini bisa dilakukan saat Anda mengalami demam.
  4. Apabila Anda mengalami gatal-gatal, koreng, atau luka kulit ringan lainnya, Anda juga bisa langsung membalurkan daun dadap serep pada area tersebut. Selain itu, manfaat daun dadap serep juga berguna untuk mengompres perut saat nifas, nyeri haid atau mulas.

Meski khasiat daun dadap serep seperti di atas bisa Anda coba untuk mengatasi penyakit, Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter untuk setiap gangguan yang dialami.





Source link