11 Manfaat Buah Lontar Ini Tak Disangka!

By | July 16, 2019


DokterSehat.Com – Nama buah lontar tentunya sudah tidak asing lagi di telinga Anda, bukan? Seringkali kita menemukan pedagang yang khusus menjual buah ini dalam bentuk minuman segar. Nah, jika Anda merupakan penggemar buah lontar, beruntunglah karena buah lontar ini mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Lantas, apa saja manfaat buah lontar tersebut? Simak informasinya berikut ini.

Buah Lontar dan Kandungan Nutrisinya

Buah lontar (Borassus flabeliffer) adalah buah yang masuk ke dalam golongan palma. Buah yang memiliki nama lain ‘siwalan’ ini banyak tumbuh di daerah tropis, dan wilayah Asia Selatan juga Asia Tenggara menjadi habitat utama dari pohon lontar tersebut. Di Indonesia sendiri, pohon lontar dapat ditemui di sejumlah daerah mulai dari Jawa, Bali, Sulawesi, hingga Nusa Tenggara.

Buah lontar atau siwalan yang rupanya mirip dengan kolang-kaling ini merupakan buah yang mengandung segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat buah lontar bagi tersebut tak lepas dari kandungan sejumlah nutrisi dan vitamin, seperti:

  • Serat
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Kalsium
  • Kalium
  • Fosfor
  • Seng
  • Vitamin A, B, dan C

Sudah bisa dibayangkan manfaat apa saja yang bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi buah lontar secara rutin, bukan?

Manfaat Buah Lontar bagi Kesehatan yang Tak Terduga

Selain menyegarkan (apalagi jika dijadikan minuman), buah lontar mengandung banyak manfaat terkait kesehatan tubuh. Berikut ini adalah daftar manfaat buah lontar bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Merawat Sistem Pencernaan

Sebagai buah yang mengandung serat, tak heran manfaat buah lontar adalah untuk merawat kesehatan sistem pencernaan, juga mengatasi sejumlah masalah pada sistem pencernaan seperti sembelit dan diare.

Seperti yang sudah kita ketahui, serat adalah zat yang memiliki fungsi utama untuk memperlancar sistem pencernaan. Serat peptin misalnya. Serat ini—bersama dengan bakteri baik pada usus—bertugas untuk membentuk asam lemak rantai pendek, yang mana asam lemak ini nantinya akan meregenerasi sel-sel yang ada di dalam usus.

Pelbagai masalah pada sistem pencernaan umumnya lebih disebabkan oleh kurangnya asupan serat ke dalam tubuh, sehingga pastikan asupan serat ke dalam tubuh tetap terpenuhi, salah satunya dengan mengonsumsi buah lontar ini.

2. Mencegah Dehidrasi

Kandungan air yang tinggi pada buah lontar, yakni mencapai 90 persen, menghasilkan manfaat buah lontar untuk mencegah tubuh agar tidak kekurangan cairan atau dehidrasi.

Guna fungsi tubuh secara keseluruhan dapat berjalan optimal, tubuh memerlukan asupan cairan yang memadai. Dengan mengonsumsi buah lontar secara rutin, Cairan tubuh yang hilang akan senantiasa tergantikan sehingga tubuh bebas dari kondisi dehidrasi yang tentu saja akan sangat mengganggu.

3. Merawat Fungsi Hati dan Ginjal

Selain mencegah dehidrasi, tingginya kadar air pada buah lontar atau siwalan menjadikan buah yang satu ini juga efektif dalam merawat fungsi hati dan ginjal, serta mencegah keduanya dari pelbagai penyakit.

Hati dan ginjal adalah 2 (dua) organ vital yang perlu dijaga kesehatannya. Pasalnya, dua organ tersebut berperan dalam proses pengolahan dan pembuangan limbah atau racun tubuh hasil dari makanan yang dikonsumsi. Nah, kandungan mineral fosfor pada buah lontar inilah yang lantas bertugas untuk mengoptimalkan proses pembuangan (ekskresi) tersebut.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Ingin kulit Anda sehat terawatt dan bebas dari sejumlah masalah kulit seperti jerawat maupun gejala penuaan dini? Maka salah satu solusi mudah dan murah untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan mengonsumsi buah lontar.

Manfaat buah lontar untuk menjaga kesehatan kulit ini dihasilkan oleh kandungan vitamin C di dalamnya, yang mana vitamin C tersebut memiliki sifat antioksidan guna melindungi sel-sel kulit dari kerusakan yang dipicu oleh serangan radikal bebas.

5. Mengobati Diabetes

Bagi Anda yang mengidap penyakit gula darah atau diabetes, mengonsumsi buah lontar sangat disarankan. Pasalnya, buah lontar mengandung glikemia dalam jumlah rendah sehingga dapat membantu tubuh untuk mengendalikan kadar gula darah.

Tak hanya buahnya, akar pohon lontar apabila diekstraksi juga menghasilkan manfaat buah lontar yang sama, yakni membantu agar kadar gula di dalam darah tetap terkendali.

6. Meningkatkan Kesuburan

Anda para pria, apakah saat ini sedang berencana untuk memiliki momongan? Jika ya, maka rajin-rajinlah mengonsumsi buah lontar agar istri cepat hamil. Manfaat buah lontar untuk pria dipercaya bisa meningkatkan, baik kualitas maupun kuantitas sperma.

Memang, belum ada studi yang secara khusus meneliti manfaat buah lontar untuk kesuburan pria ini. Namun, tak ada salahnya jika Anda turut memasukkan buah lontar ke dalam menu sehat sehari-hari selama program hamil. Tentunya harus diimbangi dengan konsumsi makanan bergizi lainnya juga, ya.

7. Mengobati Disfungsi Ereksi

Manfaat buah lontar untuk pria yang juga dipercaya banyak kalangan adalah, bisa mengatasi disfungsi ereksi atau impotensi.

Namun sama seperti klaim manfaat buah lontar untuk kesuburan pria, manfaat buah lontar yang satu ini juga masih diragukan kebenarannya mengingat belum adanya studi yang menelitinya.

8. Antibiotik

Buah lontar juga dikenal sebagai antibiotik alami. Kandungan enzimdi dalam buah segar ini menurut sejumlah penelitian cukup efektif dalam menghambat pertumbuhan mikroorganisme jahat seperti virus dan bakteri yang mengancam kesehatan tubuh.

Selain itu, lontar juga turut serta memaksimalkan kinerja probiotik atau bakteri ‘baik’ dalam melawan bakteri jahat.

9. Antioksidan

Seperti yang tadi sudah dijelaskan, buah lontar kaya akan kandungan zat antioksidan. Hal ini lantas menghasilkan manfaat buah lontar untuk mencegah stres oksidatif di dalam tubuh, yang mana kondisi tersebut bisa berujung pada kerusakan sel-sel tubuh.

Kerusakan sel-sel tubuh tentu saja merupakan sesuatu hal yang harus dihindari karena dampaknya bisa memunculkan sel-sel abnormal yang berpotensi menjadi tumor, bahkan bisa berkembang menjadi sel kanker nan berbahaya.

10. Sumber Energi

Kendati kandungan gula di dalam buah lontar tergolong sedikit, namun hal ini sudah cukup untuk menjadikan buah siluwan sebagi sumber energi yang baik bagi tubuh.

Sebagaimana diketahui, gula adalah salah satu komponen yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai ‘bahan bakar’ agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

11. Menghilangkan Stres

Manfaat buah lontar yang juga tak kalah penting adalah untuk menghilangkan stres. Sensasi segar yang dihasilkan oleh buah lontar (apalagi jika dikonsumsi dalam bentuk minuman dingin) secara tidak langsung turut memengaruhi suasana hati atau mood menjadi lebih baik dan bersemangat.

Hal ini tak lepas dari kandungan vitamin C di dalamnya. Menurut penelitian, vitamin C efektif dalam meningkatkan mood pasien rawat inap. Hal yang sama bisa saja berlaku untuk siapapun yang mengonsumsi vitamin C secara rutin.

Cobalah konsumsi buah lontar manakala Anda tengah dilanda rasa stres dan buktikan khasiatnya.

Itu dia daftar manfaat buah lontar bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Sekarang, tidak ada alasn lagi untuk enggan mengonsumsi buah yang satu ini. Bukan? Selamat mencoba dan dan semoga bermanfaat!





Source link