11 Manfaat Buah Bacang, si ‘Saudara’ Mangga

By | July 22, 2019


DokterSehat.Com – Jika selama ini Anda mengenal bacang, atau lebih tepatnya bakcang, sebagai penganan khas masyarakat Tionghoa yang secara bentuk mirip-mirip lontong, maka Anda juga harus tahu bahwa nama bacang juga merujuk pada sejenis buah-buahan yang masih berkerabat dengan buah mangga. Nah, dilihat dari manfaatnya, buah bacang ini tak kalah dengan ‘saudaranya’ tersebut, lho. Apa saja manfaat buah bacang?

Buah Bacang dan Kandungannya

Seperti yang sudah disebutkan di awal, buah bacang adalah buah yang masih berkerabat dengan buah mangga. Hal ini dapat dilihat dari bentuk, warna kulit dan daging buah, hingga tekstur buah bacang yang sekilas memang terlihat sama dengan mangga. Perbedaan keduanya mungkin dapat diketahui dari rasanya. Selain itu, buah bacang cenderung berwarna kuning pucat saat masak, sedangkan mangga cenderung oranye.

Buah bacang (Mangifera foetida lour) dipercaya memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, sama seperti ‘saudaranya’, yakni buah manga. Manfaat buah bacang ini tidak lepas dari kandungan sejumlah zat penting, seperti:

  • Air (72,2 gram)
  • Karbohidrat (24,4 gram)
  • Protein (1,4 gram)
  • Lemak (0,2 gram)
  • Kalsium (21 miligram)
  • Fosfor (15 miligram)
  • Vitamin A (1218 IU)
  • Vitamin B1 (0,03 miligram)
  • Vitamin C (56 miligram)
  • Kalori (98 Kkal)

Manfaat Buah Bacang bagi Kesehatan

Atas kandungan zat-zat tersebut, buah bacang akan mendatangkan banyak manfaat jika Anda mengonsumsinya secara rutin. Berikut ini adalah daftar manfaat buah bacang yang penting untuk diketahui.

1. Mengatasi Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi di mana tubuh kekurangan cairan. Hal ini lantas memunculkan sejumlah gejala yang cukup mengganggu, seperti badan terasa lemas dan kepala terasa pusing. Guna mengatasi dehidrasi, tentunya Anda harus memperbanyak asupan cairan ke dalam tubuh, bukan?

Buah bacang adalah salah satu solusi efektif untuk mengatasi dehidrasi. Manfaat buah bacang yang satu ini sudah jelas, yakni dikarenakan kandungan airnya yang sangat banyak, yakni mencapai 72,2 gram. Sekalipun Anda sedang tidak dehidrasi, tetaplah mengonsumsi buah bacang agar kadar cairan di dalam tubuh tetap terpenuhi sehingga terhindar dari dehidrasi.

2. Menjaga dan Mengoptimalkan Stamina Tubuh

Ingin stamina tubuh tetap terjaga agar semua aktivitas yang Anda jalani berjalan lancar? Jangan lupa untuk memasukkan buah bacang sebagai salah satu menu sehat harian. Kandungan karbohidrat pada buah bacang adalah penghasil manfaat buah bacang yang satu ini.

Kendati demikian, jangan hanya bergantung pada buah bacang, ya. Pastikan Anda turut mengimbanginya dengan konsumsi sumber energi lainnya, pun memperbaiki gaya hidup menjadi lebih sehat.

3. Membantu Program Diet

Buah bacang merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh. Hal ini dikarenakan buah bacang mengandung cukup kalori, yang mana kalori ini sendiri fungsinya sebagai ‘bahan bakar’. Kendari demikian, kandungan lemak pada buah bacang tergolong sedikit, kok.

Hal ini lantas menghasilkan manfaat buah bacang untuk menjaga agar berat badan tidak mengalami peningkatan. Bagi Anda yang sedang menjalani program diet menurunkan berat badan, sudah selayaknya memasukkan buah bacang ke dalam menu sehat sehari-hari jika tak ingin rencana gagal.

4. Merawat Otak

Dari sekian banyak vitamin otak alami, buah bacang adalah salah satunya. Mengonsumsi buah bacang secara rutin dipercaya dapat merawat fungsi otak, termasuk mencegahnya dari pelbagai penyakit seperti Alzheimer, bahkan tumor otak sekalipun.

Manfaat buah bacang untuk otak ini tak lepas dari peran vitamin C, yang mana vitamin tersebut memiliki sifat antioksidan sehingga efektif dalam melindungi sel-sel otak dari serangan radikal bebas yang berbahaya.

5. Merawat Paru-Paru

Selain otak, organ vital lainnya yang bisa dijaga kesehatan dan fungsinya dengan mengonsumsi buah bacang adalah paru-paru. Lagi-lagi, kandungan air yang melimpah pada buah bacang menjadi alasan mengapa buah ini wajib Anda konsumsi jika ingin organ pernapasan tersebut terhindar dari komplikasi kesehatan.

Namun, studi yang secara khusus meneliti tentang manfaat buah bacang yang satu ini belum banyak, sehingga efektivitasnya belum bisa dikatakan kuat. Untuk itu, jangan hanya mengandalkan buah bacang guna merawat paru-paru Anda. Imbangi juga dengan konsumsi makanan bergizi lainnya dan hindari kebiasaan-kebiasaan yang berpotensi merusak paru-paru, seperti merokok.

6. Melancarkan Peredaran Darah

Darah memegang peranan penting bagi keberlangsungan fungsi tubuh. Pasalnya, darah inilah yang menjadi ‘kendaraan’ bagi oksigen dan juga nutrisi untuk menuju organ-organ tubuh. Sebagaimana diketahui, organ tubuh memerlukan asupan oksigen dan nutrisi agar bisa bekerja optimal.

Lantas, apa korelasi antara lancarnya peredaran darah dengan buah bacang? Jawabannya adalah, buah bacang mengandung banyak air, sementara 82 persen kandungan darah adalah air. Jika kadar air di dalam darah sedikit, hal ini berimbas pada tidak lancarnya aliran darah menuju organ tubuh. Oleh sebab itu, air pada buah bacang membantu pemenuhan asupan air bagi darah.

7. Mengoptimalkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang terkandung di dalam buah bacang juga menghasilkan manfaat buah bacang lainnya yang tak kalah penting, yakni menjaga dan mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh.

Sebagaimana diketahui, sistem kekebalan tubuh atau autoimun adalah benteng utama tubuh terhadap serangan penyakit yang umumnya berasal dari mikroorganisme jahat seperti virus, bakteri, atau jamur. Oleh sebab itu, perkuat ‘benteng’ tubuh Anda tersebut dengan mencukupi asupan vitamin C, salah satunya melalui buah bacang ini.

8. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Ibu hamil tentu saja membutuhkan banyak asupan nutrisi dan vitamin guna menjaga dirinya dan juga bayi yang tengah dikandungnya tetap sehat.

Buah bacang memiliki paket lengkap berkaitan dengan kesehatan ibu hamil. Manfaat buah bacang untuk ibu hamil ada bermacam-macam, seperti:

  • Sumber energi
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mengoptimalkan tumbuh kembang janin

Bagi Anda yang kini sedang menjalani masa kehamilan, memasukkan buah bacang ke dalam daftar menu sehat sehari-hari sudah selayaknya dilakukan.

9. Menetralisir Racun

Mengonsumsi buah bacang secara rutin juga diklaim efektif dalam meningkatkan kinerja organ hati (liver). Dengan begitu, racun-racun yang ada di dalam tubuh dapat dinetralisir dengan baik sebelum membahayakan tubuh.

Walaupun belum ada penelitian lebih lanjut mengenai manfaat bacang yang satu ini, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengonsumsi buah bacang guna merawat dan mengoptimalkan fungsi organ hati.

10. Merawat Kesehatan Mata

Berbicara mengenai kesehatan mata, maka hal ini tidak lepas dari vitamin A sebagai vitamin yang memang salah satu fungsi utamanya adalah merawat kesehatan mata. Nah, buah bacang juga termasuk sumber vitamin A. Untuk setiap 100 gram buah bacang, terdapat sekitar 1218 IU di dalamnya, jumlah yang cukup ideal untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin A.

Konsumsilah buah bacang secara rutin agar mata Anda senantiasa sehat. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan manfaat vitamin A lainnya jika mengonsumsi buah bacang, antara lain:

  • Mengoptimalkan pertumbuhan tulang
  • Mencegah timbulnya jerawat
  • Membantu tumbuh kembang janin
  • Membentuk dan merawat tulang

11. Merawat Kesehatan Tulang dan Gigi

Adanya mineral berupa kalsium dan fosfor di dalam buah bacang menjadikan buah ini juga efektif untuk membentuk serta merawat kesehatan dan kekuatan tulang maupun gigi.

Selain itu, fosfor pada buah bacang juga berfungsi untuk mengoptimalkank fungsi ginjal, membantu pembentukan DNA, hingga menjaga fungsi otot dan saraf. Oleh sebab itu, jangan sampai lewatkan buah yang satu ini, ya.

Itu dia manfaat buah bacang bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Bagaimana, masih enggan untuk mengonsumsi buah yang juga kerap disebut sebagai mangga bacang ini? Semoga bermanfaat!





Source link