11 Manfaat Akvitas Fisik Bagi Kesehatan

By | August 12, 2019


DokterSehat.Com – Sudahkah Anda melakukan aktivitas fisik setiap hari? Melakukan aktivitas fisik secara teratur sangat disarankan untuk mewujudkan gaya hidup sehat dan juga meningkatkan kualitas hidup. Tanpa adanya aktivitas fisik, risiko berbagai penyakit dapat meningkatkan dan mengintai kapan saja. Yuk, simak berbagai manfaat aktivitas fisik yang dapat menjadi motivasi untuk terus aktif berikut ini!

Manfaat Aktivitas Fisik

Kegiatan sehari-hari mungkin hampir menguras seluruh waktu Anda, tapi hal ini bukan alasan untuk tidak melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Demi mewujudkan pola hidup sehat, melakukan aktivitas fisik merupakan hal yang wajib dilakukan secara teratur.

Berikut adalah berbagai manfaat aktivitas fisik yang mungkin tidak kita sadari!

1. Membantu menjaga berat ideal

Berat badan ideal adalah salah satu kunci dari hidup sehat.

Seseorang yang memiliki berat tubuh berlebihan atau obesitas umumnya memiliki risiko yang lebih tinggi terkena berbagai penyakit.

Salah satu manfaat aktivitas fisik adalah membantu dalam penurunan berat tubuh dan mencegah penambahan berat tubuh yang berlebihan. Semakin intens aktivitas fisik yang dilakukan, maka dapat membantu tubuh membakar kalori lebih banyak.

Tentunya risiko yang sama juga dapat dirasakan oleh seseorang yang memiliki berat tubuh di bawah ideal. Aktivitas fisik dan asupan makanan yang tepat akan dapat membantu Anda mencapai berat tubuh ideal yang sehat.

2. Mengontrol tekanan darah

Manfaat aktivitas fisik teratur yang kedua adalah dapat membantu mengontrol tekanan darah, terutama menghindarkan Anda dari risiko tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi sering kali disebut sebagai silent killer. Kondisi ini memang tidak selalu menimbulkan gejala, tapi sebenarnya berpotensi tinggi untuk menyebabkan kondisi berbahaya lain seperti serangan jantung. Kurangnya aktivitas fisik merupakan salah satu risiko tertinggi seseorang mendapatkan tekanan darah tinggi.

3. Mencegah diabetes

Aktivitas fisik rutin juga dapat membantu Anda terhindar dari risiko diabetes, terutama diabetes tipe 2.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik teratur terbukti dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Selain itu, sebelumnya sudah disebutkan manfaat aktivitas fisik yang dapat membantu menghindarkan Anda dari kelebihan berat badan. Obesitas merupakan salah satu faktor utama penyebab diabetes.

4. Membantu mengontrol kadar kolesterol

Selain dapat membantu mengontrol tekanan darah dan kadar gula dalam darah, aktivitas fisik juga dapat membantu Anda mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Aktivitas fisik teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah. Sebaliknya, jumlah high-density lipoprotein (HDL) yang merupakan kolesterol ‘baik’ justru akan meningkat berkat aktivitas fisik yang dilakukan.

5. Menurunkan risiko osteoporosis

Seiring dengan bertambahnya usia, kepadatan tulang seseorang dapat menurun.

Risiko osteoporosis ini jauh lebih tinggi pada wanita dibandingkan pria, karena wanita memiliki tulang yang lebih ringan dan tipis. Pencegahan osteoporosis dapat dilakukan dengan cara melakukan aktivitas fisik teratur sejak usia muda.

Manfaat aktivitas fisik adalah untuk membantu mempertahankan kepadatan tulang. Penelitian menunjukkan bahwa jenis olahraga high-impact seperti senam atau lari terbukti dapat meningkatkan kepadatan tulang dibanding dengan low-impact exercise seperti berenang dan bersepeda.

6. Menjaga sendi dan otot

Selain menjaga kesehatan tulang, aktivitas fisik juga sangat baik untuk kesehatan sendi dan otot.

Ketika melakukan aktivitas fisik, tubuh akan melepaskan hormon yang membantu otot dalam penyerapan asam amino. Hal ini yang membantu otot tumbuh dan mencegah kerusakan pada otot. Aktivitas fisik juga membantu menjaga kelenturan sendi sehingga dapat terus berfungsi dengan baik.

7. Menjaga fungsi otak

Manfaat aktivitas fisik lainnya yang mungkin juga tidak Anda sadari adalah meningkatnya fungsi otak serta terjaganya daya ingat dan keterampilan berpikir.

Aktivitas fisik akan meningkatkan denyut jantung, otomatis alirah darah yang kaya oksigen ke seluruh organ tubuh juga akan meningkat, termasuk juga ke otak. Meningkatnya aliran darah kaya oksigen ke otak ini lah yang membantu menjaga kesehatan otak dan juga memori. Pada orang usia paruh baya, aktivitas fisik juga berguna untuk melindungi fungsi mental.

8. Meningkatkan kualitas tidur

Tidur yang cukup dan berkualitas adalah salah satu kunci dari pola hidup sehat.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas fisik teratur dapat membuat kita lebih rileks dan tidur lebih baik. Berkat tidur yang lebih berkualitas, Anda juga dapat menjadi lebih produktif di siang hari.

9. Mengendalikan stres dan membuat lebih bahagia

Siapa yang tidak menginginkan hidup yang bahagia dan terbebas dari stre?

Manfaat aktivitas fisik untuk meningkatkan mood dan mengurangi perasaan seperti depresi, kecemasan, dan stres sudah terbukti. Aktivitas fisik dapat meningkatkan produksi endorfin, senyawa alami tubuh yang membantu meningkatkan mood.

Selain itu, aktivitas fisik juga meningkatkan sensitivitas otak terhadap hormon serotonin dan norepinefrin yang membantu menghilangkan rasa depresi.

10. Meningkatkan energi

Siapa bilang melakukan aktivitas fisik akan membuat Anda kelelahan? Faktanya aktivitas fisik justru dapat meningkatkan energi Anda sehari-hari.

Dilansir dari Health Line, sebuah studi menemukan bahwa olahraga secara teratur selama enam minggu dapat mengurangi rasa lelah pada 36 orang sehat yang melapor merasakan kelelahan berkepanjangan. Olahraga secara signifikan juga dapat meningkatkan energi bagi orang yang menderita sindrom kelelahan kronis dan penyakit serius lainnya.

11. Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat aktivitas fisik terakhir yang sayang jika dilewatkan adalah dapat meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh.

Sistem imun yang lebih kuat akan lebih mampu untuk melawan berbagai infeksi dan virus yang mungkin menyerang tubuh. Tentunya aktivitas fisik juga harus dibarengi dengan pola hidup sehat lainnya seperti konsumsi makanan bergizi dan tidur yang cukup agar imunitas dapat terjaga dengan baik.

Itu dia berbagai manfaat aktivitas fisik teratur yang bisa Anda dapatkan. Disarankan untuk melakukan paling tidak melakukan 150-300 menit aktivitas fisik intensitas sedang atau 75-150 menit aktivitas fisik intensitas berat dalam satu minggu. Selamat beraktivitas!

 

 

Sumber:

  1. Manfaat aktivitas fisik – http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/page/20/manfaat-aktivitas-fisik
  2. Exercise: 7 benefits of regular physical activity – https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/exercise/art-20048389
  3. The Top 10 Benefits of Regular Exercise – https://www.healthline.com/nutrition/10-benefits-of-exercise





Source link