11 Makanan agar Cepat Hamil (Suami Istri Wajib Tahu)

By | July 29, 2019


DokterSehat.Com – Memiliki buah hati adalah salah satu keinginan yang diinginkan oleh setiap pasangan yang baru menikah. Namun tidak semua pasangan yang baru menikah cepat diberikan momongan. Langkah termudah yang bisa dilakukan supaya cepat hamil adalah dengan memperhatikan setiap asupan makanan. Berikut adalah makanan agar cepat hamil yang wajib diketahui.

Pilihan Makanan agar Cepat Hamil

Sebelum menjelaskan mengenai makanan cepat hamil, perlu Anda ketahui bahwa makanan biar cepat hamil tidak hanya dikonsumsi oleh wanita saja, akan tetapi oleh pria juga. Asupan makanan menjadi sesuatu yang penting karena semua kandungan nutrisi yang ada di dalamnya akan diserap dan memiliki dampak langsung pada tubuh.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa makanan supaya cepat hamil ini tidak akan berpengaruh apabila Anda memiliki masalah kehamilan yang disebabkan oleh kasus-kasus yang berat.

Berikut adalah makanan agar cepat hamil yang sebaiknya Anda konsumsi, di antaranya:

1. Ikan

Makanan agar cepat hamil yang pertama dan mudah didapatkan adalah ikan. Ikan sendiri banyak mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 dapat membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh organ reproduksi. Omega-3  dapat Anda temukan pada sarden, salmon, tuna, dan ikan lele.

Sementara bagi Anda yang sudah hamil, konsumsi ikan dengan kandungan omega-3 tak kalang pentingnya bagi janin. Di dalam omega-3 terdapat DHA dan EPA yang membuat kandungan dan janin lebih sehat. Hal penting yang perlu Anda ingat adalah hindari ikan yang banyak mengandung merkuri, karena itu justru tidak baik untuk tubuh dan membuat Anda tidak cepat hamil.

2. Susu dan semua produk olahannya

Ingin cepat hamil? Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi produk susu yang kaya akan lemak karena ditengarai dapat membantu meningkatkan kesuburan. Hal ini berbeda dengan susu rendah lemak dan susu skim yang justru mengurangi kesuburan.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa wanita yang mengonsumsi setidaknya satu porsi produk susu seperti yoghurt ataupun keju dan susu murni setiap hari, memiliki kesuburan yang lebih baik dibandingkan yang tidak mengonsumsi.

Sementara untuk yang produk susu rendah lemak justru tidak dianjurkan karena dengan menghilangkan lemak dari susu, hal itu dapat mengubah keseimbangan hormon seks yang dapat memengaruhi kemungkinan ovulasi.

3. Minyak zaitun

Peradangan dalam tubuh merupakan salah satu yang menggangu proses ovulasi, memperlambat proses kehamilan dan perkembangan janin. Lantas, apa hubungannya dengan minyak zaitun?

Minyak zaitun adalah makanan agar cepat hamil yang bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan risiko peradangan. Bagi Anda yang ingin cepat hamil, cobalah untuk mengonsumsi minyak zaitun.

Sebaliknya, seorang wanita harus mengurangi minyak lain yang justru banyak mengandung lemak trans yang justru memicu peradangan sehingga membuat ovulasi tidak teratur.

4. Makanan kaya zat besi

Makanan cepat hamil yang harus banyak dikonsumsi adalah makanan yang banyak mengandung zat besi. Makanan yang banyak mengandung zat besi seperti kacang-kacangan, bayam, sereal, dan lain-lain.

5. Gandum

Gandum merupakan makanan yang banyak mengandung asam folat yang tinggi. Seperti diketahui asam folat dapat membantu tubuh untuk memproduksi sel baru. Ketika seorang memiliki kadar asam folat yang tinggi selama satu bulan setelah dan sebelum hamil, maka kehamilannya akan sehat dan bayi yang dilahirkannya pun akan terhindar dari cacat lahir.

Salah satu makanan agar cepat hamil yang bisa dikonsumsi setiap hari adalah gandum. Gandum bisa meningkatkan kesuburan dan mempercepat kehamilan. Selain gandum, makanan agar cepat hamil yang mengandung asam folat seperti kacang hitam, hati sapi, bayam rebus dan sereal.

6. Buah dan sayuran

Buah dan sayur yang mengandung phytonutrisi yang dapat bekerjasama melindungi kesehatan. Phytonutrisi ini dikelompokkan sebagai antioksidan seperti flavonoid dan karotenoid yang mampu meningkatkan kesuburan perempuan agar cepat hamil.

Konsumsilah buah dan sayuran yang berwarna-warni ini seperti labu, delima, kale dan paprika banyak mengandung antioksidan dan juga multivitamin yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi.

7. Kerang

Makanan agar cepat hamil lainnya yang bisa dikonsumsi–terutama Anda yang tidak memiliki alergi adalah kerang. Makanan laut seperti kerang atau tiram penting untuk meningkatkan kesuburan karena kandungan zinc yang cukup tinggi membantu pembentukan sel telur.

Selain itu, kandungan vitamin B12 yang ada pada makanan laut juga berguna untuk menjaga hormon estrogen tetap dalam keadaan stabil, serta membantu pelekatan sel telur yang sudah dibuahi.

8. Daging

Daging sapi dan ayam rendah lemak adalah makanan agar cepat hamil yang bisa Anda coba. Selain kandungan protein yang tinggi di dalamnya, daging sapi dan ayam kaya akan kandungan zat besi. Meski bermanfaat, Anda tidak disarankan untuk tidak mengonsumsinya lebih dari tiga porsi.

9. Rempah

Meski sering digunakan sebagai bumbu masakan, rempah atau bahan-bahan herbal juga bisa dijadikan makanan agar cepat hamil. Jahe dan kunyit adalah contohnya.

Jahe adalah rempah yang mengandung selenium dan antioksidan yang berguna untuk kesuburan dengan meningkatkan gerakan sperma sehingga peluang terjadinya pembuahan bisa semakin besar. Sedangkan kunyit adalah rempah yang mengandung antioksidan yang bisa mengurangi permasalahan terkait dengan haid.

10. Karbohidrat kompleks

Nasi merah dan sereal biji-bijian utuh adalah makanan agar cepat hamil yang bisa konsumsi. Perlu diketahui, bahwa makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh memiliki nutrisi penting untuk kesuburan seperti zat besi, antioksidan dan vitamin B.

Sementara jika Anda tetap mengonsumsi karbohidrat olahan, hal itu bisa meningkatkan kadar insulin dan gula darah, di mana hal ini bisa mengacaukan siklus menstruasi dan menganggu hormon reproduksi.

11. Protein hewani

Makanan agar cepat hamil yang terakhir adalah makanan-makanan yang mengandung protein. Selain protein yang bersumber dari makanan nabati, protein hewani juga dibutuhkan untuk meningkatkan kesuburan. Telur, daging tanpa lemak dan salmon adalah jenis protein hewani yang baik untuk Anda konsumsi.

Nah, itulah makanan agar cepat hamil yang wajib diketahui oleh suami istri. Selamat mencoba!





Source link