11 Cara Menenangkan Diri (No. 5 Sering Dilewatkan)

By | June 25, 2019


DokterSehat.Com – Jika Anda memiliki gangguan kecemasan, langkah penting yang harus segera dilakukan adalah mengatur strategi untuk mengelola atau mengurangi kecemasan dalam jangka panjang. Melakukan terapi bicara atau pengobatan, membatasi asupan kafein dan alkohol adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan. Lantas, cara menenangkan diri apa lagi yang bisa dilakukan? Simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Menenangkan Diri yang Paling Efektif dan Mudah

Sebelum menjelaskan bagaimana cara menenangkan diri yang efektif, perlu Anda ketahui dulu bahwa kecemasan biasanya timbul dari rasa marah yang terpendam. Jika hal ini dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, beberapa penyakit yang berisiko terjadi lebih tinggi adalah sakit kepala, darah tinggi, gangguan jantung, menurunnya sistem kekebalan tubuh, hingga munculnya masalah pencernaan.

Berikut ini adalah cara menenangkan diri yang mudah untuk Anda lakukan, di antaranya:

1. Mengenali kembali penyebab kecemasan

Kecemasan sering kali membuat Anda seperti mengalami ‘serangan jantung’. Oleh karena itu, ingatkan terus diri Anda bahwa kecemasan yang dialami hanyalah sementara. Kecemasan akan mengaktifkan respon fight-or-flight dalam tubuh, sebuah sistem yang membuat Anda terus aktif.

Banyak orang yang cemas hanya terpaku pada skenario terburuk, padahal yang diperlukan adalah bersikap realistis pada kondisi yang terjadi. Beberapa hal akan berjalan baik apabila Anda berhasil mengenali penyebab kecemasan. Memikirkan kembali ketakutan akan membantu melatih otak untuk menemukan cara rasional untuk menghadapi kecemasan.

2. Mengalihkan perhatian

Cara menenangkan diri berikutnya bisa dilakukan dengan melakukan aktivitas seperti berjalan-jalan, membersihkan pekarangan, atau membaca. Tindakan apapun yang mengganggu pikiran negatif dapat membantu Anda untuk mendapatkan kendali atas pikiran.

Perlu diketahui, saat Anda sedang dilanda kecemasan, tubuh bagian atas–tempat jantung dan paru-paru berada–akan langsung membungkuk sebagai reaksi alami untuk melindungi organ tersebut.

Saat hal ini terjadi, hal yang bisa dilakukan adalah tarik pundak ke belakang, berdiri atau duduk dengan kaki terbuka. Gerakan ini membantu tubuh untuk merasakan bahwa kondisi sudah terkendali.

3. Hindari gula

Saat Anda sedang dilanda stres, biasanya Anda akan tergoda untuk mengonsumsi makanan atau minuman manis. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak gula justru bisa memperburuk perasaan cemas itu sendiri. Minumlah segelas air dan konsumsi makanan tinggi protein untuk membuat tubuh Anda kembali pulih.

4. Bicara dengan orang lain

Saat kecemasan melanda, cara menenangkan diri lainnya adalah dengan membicarakan kekhawatiran Anda dengan keluarga atau sahabat. Membicarakan apa yang menjadi kekhawatiran pada orang lain dapat membantu Anda untuk melihat dengan jelas apa yang menjadi penyebab kecemasan.

5. Melihat video-video lucu

Cara menenangkan diri yang satu ini sering kali dilewatkan saat seseorang dilanda kecemasan yang berlebih. Padahal, cara menenangkan diri adalah yang paling mudah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tertawa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental. Bahkan, tertawa menurunkan kecemasan lebih banyak ketimbang Anda melakukan olahraga.

6. Bernapas dengan teratur

Saat Anda cemas atau marah, Anda akan cenderung bernapas dengan cepat dan pendek. Kondisi ini membuat tubuh mengirimkan pesan ke otak untuk memperkuat respon fight-or-flight. Agar hal ini tidak terjadi, Anda harus bernapas dalam dan panjang untuk membuat tubuh lebih tenang.

Terdapat berbagai teknik pernapasan untuk membantu Anda lebih tenang. Salah satunya adalah pernapasan tiga bagian. Tiga bagian pernapasan mengharuskan Anda untuk mengambil satu napas dalam-dalam, kemudian menghembuskan napas sepenuhnya sambil memberi perhatian pada tubuh Anda.

7. Merilekskan tubuh

Setiap otot tubuh dapat menjadi tegang saat Anda sedang dilanda kecemasan atau marah. Berlatih relaksasi otot progresif dapat membantu menenangkan diri dan membuat Anda lebih fokus.

Cara menenangkan diri dengan merilekskan tubuh juga bisa dilakukan dengan meditasi. Meditasi mampu menurunkan stres yang Anda alami. Bagaimana melakukan meditasi?Caranya cukup mudah, yaitu hanya duduk tegak dengan kedua kaki di lantai. Kemudian, tutup mata dan fokuskan perhatian. Guna mendukung meditasi Anda juga bisa menambahkan musik dengan tempo lambat.

8. Pijat atau akupuntur

Tempat untuk menenangkan diri yang bisa Anda kunjungi adalah panti pijat atau klinik akupuntur. Jika Anda tidak sempat berkunjung di kedua tempat tersebut, Anda bisa melakukan  akupresur pada diri Anda sendiri untuk menghilangkan kecemasan.

Metode ini melibatkan tekanan dengan jari-jari pada titik-titik tertentu dari tubuh. Tekanan ini melepaskan ketegangan dan merilekskan tubuh Anda. Salah satu area tubuh untuk memulai tekanan adalah telapak tangan. Lakukan tekanan dengan ibu jari pada area ini selama dua menit sebagai cara menenangkan diri.

9. Tidak menyalahkan orang lain

Mengkritisi atau menyalahkan orang lain lebih mungkin terjadi saat Anda sedang marah. Kondisi ini justru membuat ketegangan yang lebih besar. Cara menenangkan diri yang harus Anda lakukan adalah hentikan menyalahkan orang lain.

Cobalah mengatakan hal-hal yang lebih spesifik, mengenai bagaimana Anda menganggap itu sebagai sesuatu yang tidak benar. Ungkapkanlah perasaan Anda dengan rasa kemanusiaan dan penuh hormat.

10. Mendengarkan musik

Sudah sejak lama musik telah digunakan sebagai cara menenangkan diri. Musik juga membantu Anda untuk mengekspresikan apa yang sulit diartikulasikan dengan kata-kata. Sejumlah terapis telah memanfaatkan kekuatan penyembuhan dari lirik-lirik dan komposisi lagu untuk membantu mereka yang berjuang untuk melepaskan depresi.

Cobalah dengarkan musik klasik untuk menurunkan detak jantung, tekanan darah dan kadar hormon stres. Jika Anda tidak pas dengan lagu klasik, Anda bisa menggantinya dengan lagu yang iramanya lebih cepat. Ikutlah bernyanyi agar kecemasan yang dialami bisa berkurang.

11. Menghirup udara segar

Cara menenangkan diri yang terakhir adalah dengan mendapatkan udara segar. Udara segar hanya bisa didapatkan di luar ruangan. Udara segar dipercaya dapat menenangkan pikiran. Carilah tempat untuk menenangkan diri agar momen ini dapat menjernihkan pikiran dari hal-hal negatif.

Nah, itulah beberapa cara menenangkan diri yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba.





Source link