10 Sayuran Terbaik untuk Membuat Jus

By | July 9, 2019


DokterSehat.Com – Selama ini kita hanya sering membuat atau memesan jus dari buah-buahan saja. Padahal ada banyak jenis sayuran yang bisa diolah menjadi jus yang menyehatkan. Nah, kalau Anda ingin mencoba membuat jus sayuran, coba gunakan beberapa sayuran di bawah ini saja atau boleh dicampur dengan beberapa jenis buah.

Sayuran terbaik untuk jus

Sayuran memang lebih sering dimasak menjadi makanan dan jarang dibuat menjadi jus. Namun, Anda bisa menggunakan beberapa jenis sayuran terbaik di bawah ini untuk membuat jus yang menyehatkan.

  1. Wortel

Salah satu jenis sayuran yang paling dianjurkan untuk diolah menjadi jus adalah wortel. Penggunaan wortel dilakukan karena sayuran ini cenderung memiliki rasa manis. Dengan rasa ini seseorang yang tidak suka sayur pun masih bisa meminumnya. Selain itu, wortel juga mengandung cukup banyak mineral dan vitamin dan bermanfaat.

Kandungan vitamin A dari wortel ada banyak dan bermanfaat untuk antioksidan. Mengonsumsi jus wortel secara rutin akan membuat kesehatan mata dari seseorang meningkat dan gangguan tidak terjadi. Gangguan jantung hingga kanker prostat juga bisa dicegah dengan jus wortel. Anda bisa mengolah wortel menjadi jus dengan jeruk, lemon, dan jahe.

  1. Kale

Kale adalah salah satu sayuran daun hijau yang sangat mudah dikonsumsi. Anda bisa mengonsumsinya sebagai salad, ditumis, atau dibuat jus dan smoothies. Kale yang memiliki warna hijau ini banyak mengandung vitamin yaitu A, C, K. Tiga vitamin ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah seseorang mengalami sakit.

Kalau Anda memiliki kolesterol yang tinggi, jus kale bisa digunakan untuk mengatasi masalah itu secara perlahan-lahan. Kolesterol yang tinggi berpotensi menyebabkan gangguan pada tubuh seperti serangan jantung dan masalah kardiovaskular lainnya. Anda bisa mengolah kale dengan dicampur beberapa buah seperti apel atau pisang.

  1. Kubis

Anda bisa menggunakan kubis untuk jus khususnya kubis yang memiliki warna ungu. Kubis ini lebih banyak dikonsumsi dalam kondisi segar atau mentah sebagai bagian dari salad dan smoothies. Kubis mengandung vitamin yang terdiri dari vitamin K dan C serta beberapa mineral seperti mangan, folat, dan vitamin B6.

Mengonsumsi kubis secara rutin bisa memberikan beberapa manfaat seperti menurunkan risiko diabetes pada seseorang. Selanjutnya risiko mengalami inflamasi di tubuh dan gangguan jantung bisa diminimalkan.

  1. Akar bit

Akar bit yang memiliki warna ungu bermanfaat untuk tubuh kalau dikonsumsi secara rutin. Anda bisa menggunakannya sebagai bahan masakan atau membuatnya menjadi campuran jus. Umbi ini akan memberikan warna ungu yang menyehatkan karena bisa menormalkan tekanan darah pada mereka yang mengalami hipotensi.

Akar bit ini mengandung cukup banyak nitrat yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu ada juga mineral seperti mangan, folat, dan potasium yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Anda bisa mengolah bit kapan saja baik untuk campuran jus, smoothies, atau diolah jadi bahan pewarna untuk membuat mi atau makanan lain.

  1. Bayam

Bayam mengandung cukup banyak antioksidan seperti quercetin, kaempferol, dan lutein. Tiga antioksidan ini akan membantu Anda dalam mengatasi gangguan pada tubuh dan mencegah radikal bebas untuk masuk. Selanjutnya dari studi yang dilakukan, mengonsumsi ayam bisa menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko gangguan jantung.

  1. Brokoli

Brokoli memang cenderung dikonsumsi dalam bentuk makanan seperti dibuat sop, capcai, hingga digoreng tepung. Sayuran yang mirip dengan bunga kol tapi punya warna hijau ini ternyata bermanfaat untuk tubuh karena menyuplai serat dalam jumlah banyak dan memberikan cukup banyak vitamin seperti A, B6, dan C. Anda bisa mencampur brokoli dengan buah untuk dibuat jus.

  1. Peterseli

Peterseli biasanya digunakan sebagai penghias makanan sebelum disajikan atau dikeringkan sebagai salah satu bumbu. Ternyata sayuran hijau ini juga bisa ditambahkan ke beberapa buah dan menjadi jus yang sangat bergizi. Daun yang runcing kecil-kecil ini mengandung vitamin A, C, dan K serta bisa melindungi kesehatan hati.

  1. Mentimun

Mentimun banyak digunakan untuk lalapan, dimakan secara langsung, atau dicampur menjadi salad. Selain itu, mentimun juga banyak digunakan sebagai campuran minuman dan juga jus. Rasa dari mentimun cenderung segar dan mampu menurunkan tekanan darah pada mereka yang mengalami hipertensi.

Mentimun juga baik untuk penurunan berat badan, menjaga kesehatan ginjal, hingga membantu pencernaan. Lebih lanjut, mentimun juga baik untuk kesehatan kulit khususnya mencegah inflamasi.

  1. Seledri

Mengonsumsi seledri secara rutin bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskular khususnya aliran darah ke jantung dan seluruh tubuh. Mengonsumsi seledri dalam bentuk makanan, jus, atau ekstrak yang dikeringkan bisa menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol buruk di tubuh. Lebih lanjut, seledri juga bisa digunakan untuk mengatasi inflamasi di dalam tubuh.

  1. Tomat

Tomat adalah sayuran yang sering dianggap sebagai buah karena bisa digunakan sebagai apapun. Tomat bisa untuk bumbu masakan dan dimakan sebagai buah. Jenisnya ada banyak mulai dari yang besar hingga yang kecil. Anda bisa menggunakan tomat untuk jus tanpa campuran apa pun atau dicampur dengan apel dan jeruk.

Tomat mengandung vitamin C, potasium, dan folat. Selanjutnya lycopene dari tomat juga bisa digunakan sebagai antioksidan yang sangat kuat. Anda bisa mengonsumsi setiap hari atau dua hari sekali untuk mencegah tubuh mudah sakit.

Inilah beberapa jenis sayuran yang bisa Anda gunakan untuk membuat aneka jenis jus. Dengan menggunakan sayuran di atas, Anda bisa memiliki banyak alternatif minuman yang segar dan menyehatkan. Nah, kira-kira dari beberapa jenis sayuran di atas, mana saja yang ingin Anda buat menjadi jus dan dikonsumsi setiap hari secara rutin?

 





Source link