10 Penyebab Telinga Gatal, dari yang Ringan hingga Berat

10 Penyebab Telinga Gatal, dari yang Ringan hingga Berat


Photo Credit: Flickr.com/Shai Barzilay

DokterSehat.Com – Gatal adalah masalah yang paling umum dialami oleh setiap orang. Namun, apabila gatal terjadi di bagian telinga apakah hal ini bisa dianggap sebagai sesuatu yang sepele? Simak penjelasan selengkapnya mengenai penyebab telinga gatal di bawah ini.

Penyebab Telinga Gatal

Sebelum menjelaskan mengenai penyebab telinga gatal, perlu Anda ketahui bahwa telinga gatal bukanlah suatu penyakit yang berdiri sendiri melainkan terdapat penyebab yang mendasarinya.

Meski sering dianggap sebagai hal yang biasa, telinga gatal bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius. Dengan mengetahui berbagai penyebab telinga gatal, hal itu dapat membantu Anda agar lebih siap untuk mengatasi kondisi tersebut.

Selain itu, pentingnya memahami penyebab telinga gatal juga membantu Anda untuk menentukan penanganan yang sesuai dengan kondisi yang dialami.

Berikut adalah beberapa penyebab telinga gatal yang wajib Anda ketahui, di antaranya:

1. Menggunakan alat tertentu

Penyebab telinga gatal yang pertama adalah ketika Anda sedang menggunakan alat tertentu untuk membersihkan telinga. Penggunaan cotton bud untuk membersihkan telinga ternyata bisa membuat telinga gatal.

Selain cotton bud, penyebab telinga gatal lainnya adalah alat lain seperti alat pencabut rambut hingga kebiasaan memasukan jari ke dalam telinga. Kebiasaan memasukan jari ke telinga berisiko menyebabkan luka goresan di dalam telinga. Hal tersebut menyebabkan bakteri mudah masuk ke telinga sehingga menjadi penyebab infeksi.

2. Alergi makanan

Penyebab telinga gatal berikutnya yang banyak orang tidak sangka adalah disebabkan oleh alergi makanan. Beberapa makanan atau minuman yang bisa menyebabkan alergi antara lain: ikan, kerang, susu, kedelai, dan kacang.

Selain gatal di telinga, alergi pada beberapa orang juga bisa menyerang wajah. Sindrom alergi oral adalah jenis reaksi alergi yang berhubungan dengan serbuk sari yang biasanya menyebabkan rasa gatal di sekitar mulut, tetapi beberapa orang juga melaporkan menjadi penyebab telinga gatal.

Makanan yang menyebabkan sindrom alergi oral antara lain: apel, melon, ceri, kiwi, pisang, biji bunga matahari, kacang almond, dan kacang hazel. Apabila Anda mengalami kesulitan bernapas setelah makan atau bersentuhan dengan alergen, hal itu menandakan Anda mengalami anafilaksis. Kondisi ini perlu mendapatkan penanganan dengan segera.

3. Sedang menggunakan alat bantu dengar

Bagi Anda yang menggunakan alat bantu dengar, alat ini ternyata bisa menjadi penyebab telinga gatal. Hal ini disebabkan karena bahannya yang terbuat dari plastik. Beberapa orang ada yang memiliki kulit sensitif  atau reaksi alergi ringan terhadap plastik.

Selain itu, seseorang yang menggunakan alat bantu dengar juga bisa mengalami telinga yang gatal jika air terperangkap di belakang alat bantu dengar.

4. Menumpuknya kotoran telinga

Saat tubuh memproduksi terlalu banyak kotoran telinga, hal itu menyebabkan menumpuknya kotoran pada saluran telinga. Kotoran ini sebenarnya mempunyai fungsi untuk melindungi telinga bagian dalam dari debu dan bakteri.

Jika Anda berusaha untuk mengeluarkan kotoran telinga dengan bantuan cotton bud, hal itu justru membuat kotoran telinga semakin masuk ke dalam dan menutup liang telinga. Akibatnya, rasa nyeri dan gatal terjadi pada telinga.

5. Kulit kering

Ketika telinga tidak memproduksi cukup kotoran yang digunakannya sebagai pelumas, maka hal itu menyebabkan kulit pada area telinga akan mengering. Dampak yang bisa terjadi selain gatal, kulit telinga juga bisa mengelupas dari dalam telinga.

6. Masuknya serangga

Penyebab telinga gatal yang satu ini sering kali terjadi ketika Anda sedang berada di tempat yang kurang terjaga kebersihannya. Selain itu, jika Anda memiliki kebiasaan makan di tempat tidur, hal itu juga bisa membuat serangga naik ke tempat tidur.

Jika gatal yang Anda rasakan disertai rasa tidak nyaman atau muncul bengkak, sebaiknya segera periksakan kondisi ini ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

7. Infeksi telinga

Infeksi telinga atau otitis eksterna adalah infeksi pada saluran yang menghubungkan lubang telinga luar dengan gendang telinga. Kondisi ini lebih sering terjadi pada mereka yang memiliki kebiasaan berenang.

Air yang tertinggal dalam saluran telinga dapat menjadi media perkembangbiakan bakteri dan jamur. Selain menjadi penyebab telinga gatal, air yang tertinggal juga bisa menyebabkan nyeri. Infeksi jamur telinga juga bisa menjadi penyebab telinga gatal. Gangguan ini sering terjadi di lingkungan yang panas dan lembap.

8. Rhinitis

Penyebab telinga gatal berikutnya juga bisa disebabkan oleh rhinitis. Rhinitis sendiri merupakan peradangan di lapisan rongga hidung yang bersifat musiman atau terjadi secara terus menerus-menerus.

Rhinitis bisa terjadi karena sistem kekebalan tubuh bereaksi pada penyebab alergi dengan mengeluarkan histamin. Selain hidung berair dan bersin, gatal di tenggorokan dan telinga bisa terjadi.

9. Psoriasis

Salah satu penyakit jangka panjang yang menyerang kulit adalah psoriasis. Gejalanya bisa terlihat dari munculnya ruam, kulit kering, menebal, dan terkelupas. Beberapa gejala ini bisa muncul di bagian seluruh tubuh, termasuk di telinga. Kondisi ini sering terjadi pada orang berusia 15-35 tahun, namun juga tak jarang ditemukan pada mereka yang berusia di atas 50 tahun.

10. Dermatitis saluran telinga

Penyebab telinga gatal yang terakhir adalah dermatitis saluran telinga. Kondisi ini terjadi ketika kulit di dalam dan sekitar saluran telinga meradang. Pada umumnya, kondisi ini terjadi akibat reaksi alergi terhadap produk yang mengenai bagian dalam atau luar telinga. Beberapa pemicunya seperti perhiasan logam seperti anting, penggunaan kondisioner atau sampo.

Nah, itulah beberapa penyebab telinga gatal yang harus Anda kenali. Jangan lupa periksakan dan bersihkan telinga secara rutin ke dokter THT, atau gunakanlah obat tetes telinga yang bisa dibeli bebas di apotek. Selain itu, hindari membersihkannya telinga menggunakan benda asing, seperti cotton bud atau penjepit rambut.





Source link

AKDSEO