10 Penyebab Mual di Pagi Hari yang Harus Anda Waspadai

10 Penyebab Mual di Pagi Hari yang Harus Anda Waspadai

[ad_1]

penyebab-mual-di-pagi-hari-doktersehat

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berpikir jika sensasi mual di pagi hari hanya akan dialami oleh mereka yang sedang hamil saja. Padahal, siapa saja bisa mengalami kondisi yang sama. Pada beberapa kasus, mual di pagi hari sering kali membuat Anda melewatkan sarapan–waktu makan yang penting bagi sumber energi dan kesehatan tubuh. Lantas, apa yang menjadi penyebab mual di pagi hari ini?

Penyebab Mual di Pagi Hari

Sebelum menjelaskan mengenai hal-hal yang menjadi penyebab sering mual di pagi hari, perlu Anda ketahui bahwa muntah bukanlah penyakit, namun hanya suatu gejala. Rasa mual menjadi pertanda bahwa Anda mengalami kondisi tertentu yang perlu ditangani sesuai dengan penyebabnya.

Berikut ini adalah penyebab mual di pagi hari yang harus Anda kenali, di antaranya:

1. Sakit kepala

Penyebab mual di pagi hari yang pertama bisa disebabkan karena sakit kepala. Jika Anda mengalami sensasi sakit kepala atau pusing saat bangun tidur, maka Anda akan lebih mudah mengalami sensasi mual di pagi hari.

Sebagai contoh, jika Anda mengalami masalah sinus yang membuat hidung memproduksi lendir saat tidur, maka Anda akan lebih rentan mengalami mual-mual di pagi hari. Selain itu, jenis sakit kepala seperti migrain juga bisa menyebabkan dampak yang sama.

2. Gangguan pencernaan

Beberapa masalah pencernaan seperti irritable bowel syndrome (IBS) dan cyclic vomiting syndrome, bisa menyebabkan sensasi tidak nyaman pada pencernaan yang akhirnya menyebabkan datangnya rasa mual.

3. Gangguan hormon

Bagi wanita yang sedang mengalami siklus menstruasi, maka akan terjadi perubahan hormon yang akhirnya sering mual di pagi hari. Selain itu, penyebab mual di pagi hari juga bisa dialami oleh mereka yang mengidap penyakit Addison. Penyakit ini menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang bisa berimbas pada munculnya gejala seperti mual-mual di pagi hari.

4. Gangguan pada ginjal

Jika Anda mengalami gangguan pada ginjal, dikhawatirkan organ ini tidak akan mampu menyaring berbagai racun atau zat yang tidak bermanfaat bagi tubuh. Masalahnya adalah berbagai zat ini akan mengendap di dalam tubuh dan akhirnya menjadi penyebab mual di pagi hari

Beberapa kondisi yang bisa memengaruhi gangguan ginjal seperti hipertensi, diabetes, gangguan autoimun, dan kanker.  Selain mual-mual, terkadang Anda juga bisa mengalami gejala lain seperti tubuh yang lemas, penurunan nafsu makan, dan tubuh yang pucat.

5. Efek samping dari kemoterapi

Mereka yang menderita kanker dan harus menjalani kemoterapi memang harus mempersiapkan diri untuk mengalami berbagai macam efek samping. Salah satu dari efek samping itu ternyata sering mual di pagi hari.

Meskipun ampuh untuk membunuh sel-sel kanker, kemoterapi juga menjadi penyebab mual di pagi hari. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari dosis obat, cara pemberian obat, dan frekuensi perawatan.

6. Gastroparesis

Penyebab mual di pagi hari berikutnya adalah gastroparesis. Gastroparesis adalah gangguan pada otot lambung yang membuat gerakan lambung mendorong makanan ke usus menjadi lebih lambat. Selain itu, gastroparesis ditandai dengan gejala lainnya adalah mudah merasa kenyang.

7. Meningitis

Meningitis adalah penyakit yang gejala awalnya yang mirip dengan flu, seperti sakit kepala dan demam. Hal lain yang juga perlu Anda ketahui adalah meningitis bisa menjadi penyebab mual di pagi hari.

Meningitis sendiri dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti virus, bakteri, parasit atau jamur. Sementara, kondisi-kondisi tertentu seperti melemahnya sistem imun tubuh juga dapat memicu munculnya meningitis.

8. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Gastroesophageal Reflux Disease atau dikenal sebagai penyakit asam lambung. Penyakit ini bisa menjadi penyebab mual di pagi hari karena menyebabkan naiknya asam lambung menuju esofagus (kerongkongan).

Pada akhirnya, asam di dalam perut akan kembali ke kerongkongan dan mulut, sehingga memunculkan rasa asam dan pahit.

9. Intoleransi laktosa

Sering mual di pagi hari ternyata juga bisa disebabkan karena intoleransi laktosa. Intoleransi laktosa adalah masalah pencernaan yang terjadi ketika tubuh tidak dapat mencerna laktosa, yaitu salah satu bentuk gula yang terdapat pada susu dan semua produk olahannya.

Enzim laktase yang ada di dalam tubuh membuat laktosa dicerna menjadi galaktosa dan glukosa yang digunakan sebagai sumber energi. Seseorang dengan intoleransi laktosa, tidak akan menghasilkan laktase yang cukup, kondisi ini membuat laktase tidak bisa dicerna oleh usus besar lalu terfermentasi oleh bakteri, dan menimbulkan berbagai gejala salah satunya adalah mual.

10. Serangan jantung

Penyebab mual di pagi hari yang terakhir dan harus diwaspadai adalah adanya serangan jantung. Serangan jantung adalah sebuah kondisi darurat di mana terjadi penghentian aliran darah yang membawa oksigen ke jantung. Kondisi terburuknya adalah menyebabkan kematian.

Selain mual, serangan jantung juga bisa menimbulkan sesak napas dan dada terasa nyeri. Nyeri dada dapat menjalar ke pundak kiri, punggung, tulang dada, tubuh bagian atas dan lengan.

Nah, itulah beberapa penyebab mual di pagi hari yang harus Anda kenali.

Mengatasi Sensasi Mual di Pagi Hari

Meskipun Anda membutuhkan asupan makanan untuk sarapan, jangan memaksakan diri untuk makan, karena disaat mual bisa jadi hal ini justru akan membuat Anda muntah. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sensasi mual di pagi hari.

Pertama, konsumsilah makanan atau minuman yang bisa membuat pencernaan menjadi lebih nyaman seperti roti, biskuit, teh, minuman jahe, hingga minuman yang terbuat dari bahan pepermin.

Demi mencegah kondisi ini sering terjadi, anjuran yang kedua adalah Anda disarankan untuk tidak terlambat makan dan membiasakan makan dengan teratur, serta tidak sembarangan mengonsumsi makanan dengan aroma yang tajam, makanan pedas, atau makanan asam.

Anjuran yang ketiga, sering-seringlah mengonsumsi sayur dan buah-buahan serta pastikan untuk mencukupi kebutuhan air putih minimal 8 gelas (sekitar 2 liter) setiap harinya. Selain itu, makanlah secara perlahan dan jangan langsung berbaring setelah makan, serta hindari kebiasaan membaca buku atau melihat gawai ketika sedang berada di dalam kendaraan.



[ad_2]

Source link

AKDSEO