10 Pengganti Telur untuk Membuat Kue Sehat & Enak

By | July 2, 2019


DokterSehat.Com – Telur adalah salah satu bahan makanan yang sehat dan mengandung banyak nutrisi. Telur mengandung protein dan lemak dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, telur juga bisa dibuat menjadi berbagai jenis makanan baik itu berjenis savory atau sweet. Sayangnya, tidak semua orang bisa menggunakan telur karena alasan tertentu.

Alasan tidak mengonsumsi telur

Setidaknya ada dua alasan mengapa seseorang memutuskan untuk tidak mengonsumsi telur dalam hidupnya. Meski demikian, mereka tetap membutuhkan pengganti yang agar bisa membuat apa saja. Berikut alasan tidak mengonsumsi telur.

  1. Alergi dengan telur

Alergi pada telur kerap dialami oleh banyak orang. Biasanya anak-anak sering mengalami ini kalau mengonsumsi ayam petelur dari peternakan. Telur yang dihasilkan kemungkinan mengandung beberapa bahan kimia atau mereka memang alergi dengan protein atau komponen lain di telur.

Alergi terhadap telur bisa hilang dengan sendirinya saat dewasa seiring dengan meningkatnya daya tahan tubuh. Namun, beberapa orang ada yang tetap memilikinya hingga dewasa. Alergi muncul dalam bentuk gatal di tubuh hingga jerawat di wajah muncul lebih banyak.

  1. Menjalani gaya hidup vegetarian

Seseorang yang menjalani gaya hidup vegetarian tidak akan mengonsumsi produk hewani seperti daging, ikan, susu, hingga telur. Mereka akan menggunakan bahan nabati termasuk untuk mencukupi lemak dan juga protein. Dua bahan itu penting untuk memberikan suplai energi yang besar.

Alternatif bahan untuk pengganti telur

Telur banyak digunakan untuk berbagai jenis makanan hingga kue, kita hampir tidak bisa untuk menghilangkannya. Namun, kalau dua kondisi di atas terjadi, tentu kita mau tidak mau harus menggunakan bahan lainnya untuk mengganti telur. Berikut beberapa bahan yang bisa digunakan untuk mengganti telur.

  1. Bubur apel

Bubur apel atau applesauce bisa dibuat dengan memasak apel yang sudah masak lalu menghancurkannya. Apel ini biasanya tidak ditambah lagi dengan gula meski beberapa orang kerap menambahkan pala atau kayu manis untuk memberikan aroma yang kuat untuk dibuat makanan.

Anda bisa menggunakan sekitar 65 gram puree apel ini untuk mengganti satu butir telur. Kalau dalam satu resep ada lebih dari satu telur, Anda bisa mengukurnya  sendiri.

  1. Tumbukan pisang

Tumbukan pisang bisa digunakan untuk mengganti telur kalau Anda membuat kue. Bahan dari pisang ini akan memberikan rasa lembut dan manis. Sayangnya pisang memiliki rasa yang sangat kuat. Residu rasa pisang akan tetap terasa meski tidak terlalu banyak pada produk yang dihasilkan.

Selain pisang, bahan tumbukan atau puree lain dari labu kuning dan alpukat juga bisa digunakan. Lakukan uji coba sendiri mana saja jenis puree yang bisa memberikan rasa nikmat dan tekstur yang tepat.

  1. Serbuk chia seeds dan biji rami

Chia seeds dan biji rami bentuknya sangat kecil dan kerap digunakan sebagai campuran makanan. Kalau Anda ingin menggunakan dua bahan ini ada baiknya ditumbuk dulu hingga halus baru digunakan. Satu sendok makan chia seeds dengan tiga sendok air setara dengan satu butir telur.

Selain memberikan tekstur yang unik, chia seeds dan biji rami juga mengandung omega-3. Nutrisi ini baik untuk kesehatan otak dan juga jantung.

  1. Pengganti telur produk kemasan

Pengganti telur kemasan yang ada di pasaran ada banyak dan bisa dibeli di toko kue atau toko khusus vegetarian. Biasanya bahan pengganti untuk telur ini terbuat dari kentang atau bahan sayuran pati lainnya.

  1. Tahu sutera

Tahu sutera memiliki tekstur yang lembut sehingga bisa membantu Anda membuat adonan dengan sempurna. Selain itu tahu juga tanpa rasa sehingga Anda bisa menggunakan 60 gram dalam bentuk puree untuk pengganti satu butir telur.

  1. Cuka dan soda kue

Kombinasi cuka apel dan soda kue bisa digunakan untuk mengganti telur di hampir semua resep kue. Anda bisa mencampur 1 sendok makan cuka dengan 1 sendok teh soda kue untuk mengganti satu butir telur.

  1. Yoghurt dan buttermilk

Kalau Anda tidak sedang menjalani gaya hidup vegetarian, bisa menggunakan yoghurt atau buttermilk untuk pengganti telur. Takarannya adalah 60 gram yoghurt setara dengan sebutir telur.

  1. Bubuk garut

Bubuk garut memberikan efek lembut pada kue. Tepung ini kerap digunakan untuk membuat aneka kue tanpa telur. Dua sendok tepung garut dan tiga sendok air setara dengan satu gelas air.

  1. Aquafaba

Aquafaba sebenarnya merupakan residu atau sisa dari air rebusan beberapa jenis biji-bijian atau kacang-kacangan. Air ini memiliki beberapa bagan protein yang terlarut dan juga pati sehingga agar sedikit kental. Anda bisa menggunakannya sebagai pengganti telur dengan 3 sendok aquafaba sama dengan 1 butir telur.

  1. Agar-agar atau gelatin

Bahan terakhir yang bisa digunakan untuk mengganti telur kalau ingin membuat makanan khususnya jenis kue ada agar-agar atau gelatin. Kalau Anda sedang menjalani diet jenis vegetarian, mungkin agar-agar bisa digunakan karena terbuat dari bahan nabati seperti rumput laut. Sebaliknya kalau Anda tidak menjalani diet apapun, gelatin bisa digunakan karena terbuat dari hewan.

Penggunaannya juga sangat sederhana. Anda bisa menggunakan satu sendok makan gelatin atau agar-agar untuk mengganti satu butir telur. Selanjutnya campur dengan dua sendok makan air panas lalu aduk hingga merata. Selanjutnya Anda bisa segera menggunakannya.

Inilah beberapa pengganti telur yang bisa Anda gunakan untuk membuat makanan tertentu. Nah, kira-kira dari beberapa pengganti telur di atas, mana yang cukup dekat antara fungsi, nutrisi, dan rasanya? Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda yang tidak bisa mengonsumsi telur, tapi ini membuat sesuatu yang nikmat.





Source link