10 Minuman Terbaik dan Terburuk untuk Diabetes

By | July 29, 2019


DokterSehat.Com – Seorang penderita diabetes tidak bisa makan atau minum sembarangan seperti mereka yang sehat. Mereka harus memperhatikan komponen gula atau karbohidrat di dalamnya. Kalau sampai ada gula masuk terlalu banyak ke dalam tubuh, gula darah bisa naik dengan sangat cepat dan memunculkan berbagai gejala seperti tubuh lemas atau mudah mengantuk.

Minuman terbaik untuk diabetes

Minuman terbaik untuk penderita diabetes ada banyak di luar sana. Meski mengidap diabetes, bukan berarti tidak bisa minum apa pun. Namun, kontrol yang baik tetap harus dilakukan untuk mencegah kambuhnya gejala diabetes yang sangat mengganggu. Berikut beberapa jenis minuman terbaik untuk diabetes.

  1. Air putih

Air putih dibutuhkan oleh semua orang tidak hanya mereka yang sehat saja, mereka yang mengidap diabetes pun juga wajib mengonsumsinya. Dalam satu hari, air yang masuk ke dalam tubuh haruslah 6-8 gelas. Air ini akan mencegah tubuh mengalami dehidrasi, lebih mengontrol gula darah, dan Anda tidak lapar mata karena tubuh mengalami dehidrasi.

  1. Teh tanpa gula

Teh juga cocok dikonsumsi oleh mereka yang sedang menderita diabetes,. Namun, teh yang dipilih haruslah teh yang tanda ada tambahan gula pasir. Kalau ada tambahan gula, akan menyebabkan diabetes kambuh dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Anda bisa membuat teh yang dicampur lemon atau teh dicampur dengan bahan lain sesuai dengan preferensi.

  1. Kopi tanpa gula

Kopi juga merupakan minuman alternatif lain yang bisa diminum selain menggunakan teh. Kopi yang dikonsumsi secara rutin ternyata mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Selain itu mereka yang sudah mengidapnya juga bisa mendapatkan gula darah yang jauh lebih stabil. Kalau Anda ingin minum kopi, pastikan tidak menambahkan bahan dengan kandungan karbohidrat dan gula terlalu banyak.

  1. Susu rendah lemak

Susu rendah lemak adalah salah satu pilihan yang tepat kalau ingin menambah protein di dalam tubuh dengan mudah. Namun, selalu ingat untuk tidak memilih susu yang memiliki banyak kadar gula dan manis. Anda bisa melihat di kemasan terkait berapa kadar gulanya agar tahu dalam satu hari bisa minum berapa gelas, umumnya 1-2 gelas saja sudah cukup.

Anda bisa mencoba juga susu dari bahan nabati. Saat akan minum susu dari beras atau kedelai, pastikan untuk melihat labelnya. Dua susu ini memang rendah lemak, tapi masih memiliki kandungan karbohidrat yang besar.

  1. Jus sayuran

Jus memang baik untuk tubuh asal tidak mendapatkan tambahan gula. Anda bisa menggunakan beberapa buah meski pembatasan harus dilakukan khususnya pada buah yang terlalu manis. Alternatifnya adalah dengan membuat jus sayuran dengan campuran beberapa buah tanpa ada tambahan gula dan krimer.

Minuman terburuk untuk diabetes

Kalau minuman pada poin sebelumnya bisa dikonsumsi kapan saja minuman di bawah ini ada baiknya dihindari. Jangan sesekali minum meski hanya sedikit. Kalau Anda melakukannya, gula darah akan langsung menanjak dan memicu gangguan lebih parah. Berikut minuman terburuk untuk penderita diabetes.

  1. Alkohol

Seseorang yang rutin mengonsumsi alkohol akan mengalami berbagai masalah pada tubuh seperti peningkatan risiko diabetes tipe 2 dan diabetes. Kalau hal ini terus dibiarkan, besar kemungkinan kondisi diabetes akan terbentuk dengan lebih mudah. Jadi, kalau Anda ada riwayat dari keluarga, ada baiknya untuk menghindari minuman ini.

Kalau Anda sudah mengidap diabetes dan tetap mengonsumsi alkohol. Kemungkinan besar akan terjadi masalah pada tubuh seperti gangguan pada tekanan darah dan juga kerusakan saraf semakin sulit untuk dicegah.

  1. Berbagai jenis soda

Soda adalah salah satu minuman yang sangat disukai oleh banyak orang dan selalu hadir di restoran cepat saji. Meski memiliki rasa nikmat, soda jenis apa pun sangat berbahaya untuk tubuh karena bisa menyebabkan pengeroposan pada gigi dan juga menyebabkan tubuh jadi obesitas. Soda mengandung cukup banyak gula yang akan memicu gula darah naik dengan cepat.

Kalau sedang makan di luar lebih baik membeli air mineral dalam botol atau membawa botol minum sendiri. Dengan melakukan ini Anda tidak perlu sering minum sesuatu yang bersoda dan membahayakan tubuh.

  1. Energy drink

Minuman berenergi banyak beredar di luar sana. Fungsi dari minuman ini adalah meningkatkan energi pada tubuh dan meningkatkan konsentrasi. Secara umum minuman ini mengandung gula cukup banyak untuk menambah energi. Selain itu, minuman ini juga mengandung kafein. Kombinasi dua hal ini bisa memicu gula darah dan memicu tubuh lebih resisten dengan insulin.

  1. Jus dalam kemasan

Jus buah dan sayuran mungkin tidak akan menyebabkan masalah pada tubuh. Namun, jus yang dijual dalam kemasan atau jus yang memiliki banyak gula akan berbahaya untuk tubuh. Oleh karena itu Anda disarankan untuk tidak mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Selalu banyak berapa kandungan gula dalam satu takaran saji agar bisa mengetahui batas aman saat mengonsumsinya.

  1. Berbagai jenis es dan makanan pencuci mulut

Saat udara sedang panas, Anda akan haus dan ingin minum sesuatu yang dingin. Berbagai jenis es memang pilihan yang tepat meski untuk penderita diabetes hal itu adalah larangan. Berbagai jenis es yang dijual di luaran sana termasuk es krim sekali pun mengandung cukup banyak gula di dalamnya dan bisa memicu kondisi diabetes memburuk.

Inilah beberapa ulasan tentang minuman terbaik dan terburuk untuk mereka yang sedang mengalami diabetes. Minuman di atas harus Anda konsumsi atau hindari dengan baik. Kalau sampai salah minum atau sengaja mengonsumsinya, kondisi gula darah di dalam tubuh bisa saja tidak terkontrol dan memicu masalah yang lebih serius.

 





Source link