10 Menu Sarapan untuk Menurunkan Berat Badan

By | August 5, 2019


DokterSehat.Com – Apa yang kita makan akan menentukan bagaimana kondisi fisik yang kita miliki. Kalau Anda makan sembarangan, kemungkinan besar tubuh bisa mengalami obesitas dan penurunan berat badan menjadi lambat. Oleh karena itu biasakan untuk makan sehat setiap hari dimulai dari sarapan secara rutin.

Makanan untuk sarapan yang membantu menurunkan BB

Sarapan secara rutin memang tidak serta-merta membuat Anda jadi lebih sehat dan penurunan berat badan terjadi. Namun, sarapan dengan rutin bisa membuat Anda kenyang dan tidak makan berlebihan di siang dan sore harinya. Untuk memastikan sarapannya sehat, konsumsi beberapa makan di bawah ini.

  1. Telur

Telur adalah salah satu makanan yang sering disebut sebagai power house of food karena gizinya lengkap dan harganya cenderung murah. Dalam satu butir telur terdapat lemak dan juga protein. Kombinasi dua nutrisi ini akan membuat Anda kenyang lebih lama dibandingkan dengan Anda makan lainnya.

Dari beberapa penelitian, makan telur di pagi hari akan mencegah makan berlebihan di siang hari. Selain itu percobaan pada mereka yang mengalami obesitas akan mengalami penurunan berat badan signifikan dan juga penurunan lingkar perut. Anda bisa makan telur secara rutin setiap harinya dengan cara direbus atau digoreng dengan minyak yang sehat.

  1. Pisang

Pisang juga disarankan untuk dimakan saat sarapan. Anda bisa makan pisang dengan cara mengupasnya langsung, dibuat smoothies, salad, atau dibuat panekuk. Buah ini mengandung pati sehingga bisa diolah menjadi apa pun untuk sarapan dan tetap memiliki rasa nikmat. Saat mengolah pisang usahakan jangan menambahkan gula terlalu banyak.

Kandungan nutrisi dari pisang yang cukup banyak adalah karbohidrat dan gula. Untuk pati yang terkandung, usus tidak akan menyerapnya dan hanya memberikan rasa kenyang saja. Selain itu pisang juga mengandung potasium yang baik untuk peredaran darah. Rutin makan pisang untuk sarapan akan membuat Anda tidak mengalami hipertensi.

  1. Yoghurt

Yoghurt memiliki rasa asam kalau dikonsumsi tanpa campuran apa pun. Kalau Anda merasa memiliki masalah dengan rasa asam, ada baiknya untuk mencampurnya dengan sedikit madu atau buah yang manis seperti pisang. Selanjutnya yoghurt bisa dikonsumsi di pagi hari.

Makanan dari fermentasi susu ini bermanfaat untuk tubuh dalam mengatasi masalah sembelit dan juga menekan nafsu makan secara berlebihan. Kandungan probiotik yang ada di dalamnya juga membantu menjaga kesehatan usus.

  1. Smoothies

Anda bisa mencampurkan apa pun ke dalam smoothies. Yang paling penting adalah memasukkan cukup banyak buah dan sayuran yang rendah kalori dan tinggi serat. Kalau Anda memiliki protein bubuk bisa dicampurkan juga di dalamnya agar lebih kenyang dan tidak mudah lapar.

  1. Buah berry

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, buah berry seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan lainnya memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh. Manfaat itu terdiri dari menurunkan keinginan untuk makan karena serat yang terkandung sangat banyak. Selain itu, kandungan antioksidannya juga sangat banyak dan mencegah tubuh mudah sakit.

  1. Kopi

Selain makan sesuatu yang padat dan mengenyangkan, beberapa orang lebih suka untuk mengonsumsi kopi. Setiap pagi, kopi akan diseduh lalu diminum begitu saja tanpa tambahan apa-apa atau ditambah krimer. Kopi yang dikonsumsi secara rutin setiap pagi bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Penggunaan kopi jangka panjang dengan dosis tepat juga membantu mengontrol berat badan. Kalau Anda bisa minum kopi di pagi hari, lakukan secara rutin setiap harinya. Usahakan untuk memakai gula terlalu banyak karena fungsi menurunkan berat badannya tidak ada.

  1. Teh hijau

Anda boleh makan apa pun di pagi hari asal tidak berlebihan. Selanjutnya, konsumsi teh hijau sebanyak satu cangkir tanpa menggunakan gula. Teh hijau membantu tubuh dalam meningkatkan metabolisme. Kalau sejak pagi metabolisme sudah dinaikkan, kemungkinan terjadi pembakaran lemak akan besar. Apalagi kalau Anda tidak makan sembarangan.

  1. Buah kiwi

Ada beberapa alasan mengapa buah kiwi termasuk yang cocok untuk sarapan dan penurunan berat badan. Pertama buah ini mengandung cukup banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Salah satu nutrisi itu adalah vitamin C dan juga serat yang membantu tubuh untuk kenyang lebih lama.

Selanjutnya ada zat yang bersifat laksatif. Zat ini tidak hanya akan membantu seseorang untuk mengeluarkan feses secara rutin. Selain itu buah kadar air berlebihan juga bisa dikeluarkan sehingga berat badan tidak berlebihan.

  1. Oatmeal

Anda bisa mengkonsumsi oatmeal di pagi hari sebagai pengganti nasi. Kandungan serat yang dimiliki oatmeal tidak akan membuat kenyang lebih lama. Selain itu oatmeal juga baik dalam mengatasi kolesterol berlebihan di dalam tubuh serta tidak akan menaikkan gula darah dengan cepat.

  1. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Tidak semua orang memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan banyak hal di pagi hari. Kalau Anda termasuk tipe ini sehingga masalah sarapan sering sekali terganggu, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan yang sederhana saja. Misal mengonsumsi kacang-kacangan sebanyak satu genggaman tangan.

Selain kacang-kacangan Anda bisa menggunakan biji-bijian seperti chia atau flax seed. Campurkan ke jus buah atau apa saja. Biji-bijian ini mengandung cukup banyak protein dan lemak yang akan memberikan cukup banyak tenaga hingga waktunya makan siang tiba.

Inilah beberapa makanan yang wajib kita konsumsi setiap hari kalau Anda ingin menurunkan berat badan. Dengan melakukan beberapa cara di atas dan juga olahraga secara rutin, proses penurunan berat badan bisa berjalan dengan lebih cepat dan Anda bisa mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan.

 





Source link