10 Manfaat Witch Hazel untuk Kulit yang Harus Anda Tahu

By | Juli 9, 2019


Photo Source: Hans Braxmeier from Pixabay

DokterSehat.Com – Witch hazel adalah salah satu bahan alami yang sering digunakan pada produk kecantikan. Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit, Witch Hazel juga dipercaya memiliki kemampuan untuk mengatasi peradangan. Berikut adalah beberapa manfaat Witch Hazel lainnya yang harus Anda tahu

Apa Itu Witch Hazel?

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat Witch Hazel, Anda harus mengetahui hal lain dari tanaman yang memiliki nama latin Hamamelis virginiana ini. Selain bagian daun yang bisa dimanfaatkan, bagian kulit kayunya juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Karena Witch Hazel mengandung zat tanin, tanaman ini bisa diaplikasikan langsung pada kulit atau ditambahkan pada teh herbal. Salah satu manfaat Witch Hazel yang sering digunakan banyak orang adalah digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Ekstrak daun Witch Hazel sering digunakan pada kulit berminyak karena bisa menghambat produksi minyak dan mengecilkan pori-pori.

Manfaat Witch Hazel

Nah, setelah Anda mengetahui penjelasan singkat mengenai apa itu Witch Hazel, kini saatnya Anda mengetahui beberapa manfaat Witch Hazel bagi kesehatan, di antaranya:

1. Mengatasi jerawat

Manfaat Witch Hazel yang pertama dan sering digunakan adalah mengatasi jerawat. Hal ini dikarenakan Witch Hazel mengandung zat anti-peradangan yang bisa mengatasi peradangan pada jerawat. Selain itu, Witch Hazel adalah tanaman yang juga dapat menyerap kelebihan minyak pada kulit.

2. Mengatasi kulit kering

Apakah Anda memiliki kulit kering? Jika iya, sepertinya Anda harus mendapatkan manfaat Witch Hazel. Memiliki kulit kering membuat Anda rentan mengalami breakout. Tidak heran jika Anda harus memilih skincare yang kandungan bahannya harus mampu menutrisi sekaligus mengunci kelembapan pada sel kulit.

Pada akhirnya, pilihlah produk yang mengandung Witch Hazel, karena Witch Hazel mengandung moisturizer yang tinggi dan bersifat sebagai astringen sehingga membuat kulit terasa lebih segar.

3. Mencegah kulit keriput

Fungsi lain dari Witch Hazel adalah menjaga kulit tetap kencang dan awet muda. Hal ini lantaran kemampuan Witch Hazel melindungi kulit dari paparan sinar UV yang menjadi penyebab utama radikal bebas. Tidak hanya itu saja, manfaat Witch Hazel juga bisa menekan proses rusaknya sel yang kerap mengakibatkan kerutan.

Saat ini sudah banyak skincare yang sudah dilengkapi dengan kandungan ekstrak Witch Hazel di dalamnya. Biasanya bahan satu ini digunakan pada skincare khusus kulit berminyak, acne-prone mau pun produk anti-aging.

4. Meredakan iritasi kulit

Ekstrak tanaman Witch Hazel memiliki khasiat untuk meredakan sunburn, iritasi kulit, serta menyejukan kulit. Oleh karena itu, gunakanlah pembersih wajah yang mengandung Witch Hazel. Pembersih wajah dengan bahan yang keras dapat memicu terjadinya produksi minyak berlebih dan memicu iritasi.

5. Menghilangkan mata bengkak

Mata bengkak bisa memengaruhi rasa percaya diri seseorang ketika berhadapan dengan orang lain. Guna mengatasi masalah ini, oleh karenanya Anda harus mendapatkan manfaat Witch Hazel. 

Air rendaman Witch Hazel bisa digunakan untuk mengencangkan kulit wajah, termasuk mata bengkak yang disebabkan oleh stres. Kompres area kelopak mata dengan kapas yang telah direndam dengan Witch Hazel. Tempelkan selama 15 menit atau lebih untuk menghilangkan mata bengkak.

6. Mengatasi wasir

Selain untuk kulit, Witch Hazel juga dipercaya dapat mengatasi wasir. Wasir sendiri disebabkan oleh  pembengkakan dan peradangan pembuluh darah di rektum dan anus, yang bisa mengakibatkan gatal dan perdarahan. Lantas, bagaimana penerapannya? Kain atau kapas yang direndam bersama Witch Hazel kemudian dioleskan pada area yang terkena.

Efek positif bisa terjadi karena efek anti-inflamasi pada Witch Hazel, terlebih sifat hemostatik yang dimilikinya mampu menghentikan pendarahan yang disebabkan oleh wasir. Namun, karena penelitian terkait hal ini masih terbatas, penelitian lanjutan mengenai manfaat Witch Hazel untuk wasir masih diperlukan.

7. Mengurangi sensitivitas kulit kepala

Sensitivitas kulit kepala dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, mulai dari perawatan rambut kosmetik hingga kondisi dermatologis, seperti psoriasis atau dermatitis seboroik.

Mengoleskan sedikit minyak Witch Hazel ke kulit kepala Anda sebelum mencuci rambut dapat membantu mengobati kepekaan kulit kepala dan meredakan gejala seperti gatal dan rasa nyeri.

Manfaat Witch Hazel berikutnya juga dapat membantu meredakan peradangan, hal ini berguna dalam mengurangi sensitivitas kulit kepala yang disebabkan oleh kondisi seperti psoriasis atau eksim. Kadang-kadang, Witch Hazel juga digunakan obat alami untuk mengatasi masalah kulit kepala lainnya seperti ketombe dan kulit kering.

Namun, penelitian lanjutan diperlukan untuk mengevaluasi manfaat Witch Hazel dalam mengatasi masalah ini.

8. Menangkal infeksi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat Witch Hazel dapat memerangi beberapa jenis infeksi virus. Salah satu penelitian mengungkapkan, kandungan tanin di Witch Hazel menunjukkan antivirus terhadap influenza A dan human papillomavirus (HPV).

Bahkan, studi lain menunjukkan bahwa ekstrak Witch Hazel mampu menghambat aktivitas herpes simplex virus 1. Untuk alasan ini, Witch Hazel sering diterapkan secara topikal sebagai obat alami untuk membantu melawan dan meredakan luka dingin.

Meski begitu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat efek Witch Hazel dan dampak infeksi virus pada orang dewasa yang sehat.

9. Mencegah penyebaran sel kanker kulit

Witch Hazel kaya akan tanin, senyawa tanaman alami dengan sifat antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan. Sebuah penelitian terhadap hewan mengungkapkan bahwa, tanin dapat membantu menetralkan radikal bebas dan mencegah penyebaran sel kanker kulit.

Penelitian lain pada hewan menemukan bahwa tanin dalam Witch Hazel mampu memperlambat pertumbuhan tumor kulit pada tikus yang terpapar radiasi. Karena sebagian besar penelitian dilakukan pada hewan, penelitian lanjutan diperlukan untuk mengevaluasi manfaat Witch Hazel pada manusia.

10. Mengatasi sakit tenggorokan

Karena kemampuannya untuk mengurangi peradangan, Witch Hazel kadang-kadang digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Rebus Witch Hazel dengan air sebanyak 240 ml selama kurang lebih 10 menit. Kumur dengan air rebusan ini untuk mengurangi pembengkakan dan mengeringkan lendir yang disebabkan oleh sakit tenggorokan.

Meski dipercaya bisa mengatasi masalah tenggorokan, klaim terhadap hal ini masih dibutuhkan penelitian lanjutan.

Nah, itulah beberapa manfaat Witch Hazel yang berguna bagi kesehatan. Selamat mencoba.





Source link