10 Manfaat Vanili Ini Bikin Anda Bilang ‘Wow’!

By | July 25, 2019


    DokterSehat.Com – Selama ini, Anda mungkin lebih mengenal vanili atau vanilla sebagai bahan perasa makanan atau minuman, bahkan parfum. Rasanya yang khas membuat banyak orang suka dengan vanili yang merupakan olahan dari tanaman dengan nama yang sama. Nah, tahukah Anda jika selain menjadi bahan perasa, vanili juga bermanfaat bagi kesehatan? Lantas, apa saja manfaat vanili bagi kesehatan tersebut?

Tanaman Vanili dan Kandungannya

Vanili adalah nama sejenis tumbuh-tumbuhan yang berasal dari daratan Meksiko. Tanaman ini memiliki nama lain ‘panili’ atau ‘parneli. Vanili (Vanilla planifolia), seperti yang sudah dijelaskan di atas, utamanya dimanfaatkan sebagai bahan perasa boga. Adalah buah dari tanaman ini—berbentuk seperti kacang polong—yang lantas diolah menjadi bubuk vanili untuk kemudian digunakan menjadi perasa makanan maupun minuman tersebut.

Vanili, di samping bermanfaat untuk memberikan cita rasa pada makanan atau minuman, juga dipercaya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan vanili mengandung sejumlah zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh agar senantiasa sehat, seperti:

  • Vanillin
  • Serat
  • Mineral
  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin E

Zat-zat tersebut hadir dan bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing, mulai dari yang berfungsi sebagai antioksidan hingga antibakteri.

Manfaat Vanili bagi Kesehatan yang Jarang Disadari

Beruntunglah Anda yang gemar mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vanili di dalamnya. Pasalnya, sejumlah manfaat vanili yang jarang disadari ini bisa Anda dapatkan. Apa saja manfaat tanaman vanili tersebut? Berikut informasinya.

1. Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Salah satu masalah kulit yang sering dialami banyak orang adalah jerawat. Munculnya jerawat bisa karena pelbagai faktor, yaitu:

  • Produksi sebum yang berlebih
  • Infeksi bakteri Propionibacterium acnes
  • Penyumbatan folikel rambut
  • Produksi hormon androgen yang berlebih

Salah satu cara alami mencegah timbulnya jerawat adalah dengan mengonsumsi vanili. Hal ini khususnya untuk jerawat yang disebabkan oleh infeksi bakteri Propionibacterium acnes. Manfaat vanili yang satu ini dikarenakan baik buah, daun, maupun batangnya memiliki kandungan zat yang bersifat antibakteri.

Tak hanya mencegah, vanili juga dinilai efektif dalam mengatasi jerawat pada wajah yang sudah terlanjur muncul. Kendati belum ada studi yang secara khusus meneliti tentang seberapa efektif manfaat tanaman vanili ini, namun tak ada salahnya untuk Anda menggunakan cara ini demi membasmi jerawat.

2. Merawat Kesehatan Kulit

Selain wajah, manfaat vanili lainnya juga untuk merawat kesehatan kulit secara keseluruhan. Mengosnumsi atau menjadikan vanili sebagai krim alami kulit dipercaya ampuh membuat kulit senantiasa sehat dan terhindar dari masalah kulit seperti penuaan dini, kulit kering, dan sebagainya.

Manfaat tanaman vanili untuk kulit ini dihasilkan oleh zat-zat di dalamnya yang diklaim bersifat antioksidan, pun antiinflamasi. Zat-zat tersebut mencegah sel-sel kulit mengalami kerusakan dan peradangan yang bisa merusak kulit Anda.

3. Merawat Kesehatan Rambut

Banyak produsen shampoo maupun produk perawatan rambut lainnya yang memasukkan ekstrak vanili ke dalam komposisi produk yang mereka buat. Faktanya, hal ini bukan hanya sekedar sebagai pengharum.

Lebih dari itu, penggunaan vanili pada produk perawatan rambut dikarenakan tanaman ini memang memiliki manfaat untuk merawat kesehatan dan kekuatan rambut. Vanili diklaim efektif mencegah kerontokan rambut, pun memperlancar aliran darah menuju kulit kepala sehingga pertumbuhan rambut berjalan optimal.

4. Menurunkan Berat Badan

Anda mungkin bertanya-tanya, di mana korelasi antara vanili dengan manfaat menurunkan berat badan?

Tak dinyana, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa manfaat vanili dalam membantu menurunkan berat badan ini dihasilkan oleh aroma khas dari vanili itu sendiri. Ya, dikatakan jika menghirup aroma vanili dapat memberikan efek kenyang, sehingga porsi dan frekuensi makan Anda dapat dikurangi. Hal ini tentu saja penting untuk mencegah kegagalan dari program penurunan berat badan yang sedang dijalani.

5. Mengatasi Mual saat Hamil

Bagi Anda para ibu hamil, gejala mual tentunya sudah akrab, bukan? Nah, salah satu cara mengatasi mual yang mengganggu tersebut adalah dengan mengambil manfaat tanaman vanili untuk ibu hamil.

Sama seperti poin sebelumnya, manfaat vanili ini bisa didapat dengan cara menghirup aroma khas vanili. Lakukan cara ini setiap kali gejala mual datang dan buktikan khasiatnya.

6. Mengatasi Depresi

Berbicara mengenai manfaat tanaman vanili yang didapat dari aromanya seakan tiada habisnya. Kali ini, vanili dianggap mampu mengatasi gejala depresi.

Sifat antidepresan pada vanili ini lagi-lagi dihasilkan oleh zat vanillin yang dikandungnya, yang mana hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian yang dirilis oleh Indian Journal of Pharmacology. Para peneliti yang terlibat mengatakan bahwa vanillin memiliki efek yang sama dengan fluoxetine, yakni jenis obat yang lazim digunakan untuk mengatasi depresi dan masalah obsesif kompulsif.

Namun demikian, objek penelitian yang masih berupa hewan tikus mengharuskan adanya studi lebih lanjut—tentunya dengan objek manusia—guna memperkuat bukti manfaat vanili yang satu ini.

7. Meminimalisir Risiko Penyakit Kardiovaskular

Kandungan zat bernama vanillin di dalam tanaman vanili disebut-sebut menghasilkan manfaat vanili yang, tidak disangka-sangka, bisa meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular yakni jantung dan stroke.

Vanillin disebut-sebut efektif untuk mengontrol kadar lemak LDL atau kolesterol ‘jahat’. Sebagaimana diketahui, kolesterol menjadi salah satu penyebab utama terjadinya komplikasi kardiovaskular, mulai dari pembengkakan arteri, aterosklerosis, dan pembekuan darah.

8. Mencegah Kanker

Selain stroke dan jantung, manfaat besar dari si vanili ini melalui vanillin yang dikandungnya adalah mencegah terjadinya kanker.

Sebuah studi yang dirilis oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry pada tahun 2007 mengungkapkan bahwasanya kandungan vanillin pada tanaman vanili efektif mencegah pembentukan sel-sel abnormal di dalam tubuh.

Lebih lanjut, penelitian lainnya yang dirilis oleh Archives of Pharmacal Research di tahun 2010 mengatakan jika vanillin mampun mencegah terjadinya angiogenesis, yakni aktivitas sel kanker untuk bertahan hidup dengan cara membentuk jaringan pembuluh darahnya sendiri.

9. Merawat Sistem Pencernaan

Sementara itu, kandungan serat pada vanili menghasilkan manfaat vanili untuk merawat sistem pencernaan.

Tentu saja Anda tahu, bahwa serat adalah salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh, utamanya sistem pencernaan, agar dapat berfungsi dengan baik. Asupan serat yang kurang akan berujung pada sejumlah masalah sistem pencernaan, konstipasi atau sembelit adalah dampak yang sering terjadi akibat hal ini.

Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu mencukupi kebutuhan serat harian, yang salah satunya bisa didapatkan dari vanili.

10. Mencegah Infeksi

Vanili, terutama yang sudah diolah menjadi minyak esensial, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Swiss pada tahun 2014 dinilai ampuh untuk mencegah sekaligus mengatasi infeksi, terutama  infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Manfaat tanaman vanili yang satu ini tak lepas dari kandungan vanillin dan eugenol. Keduanya diklaim sebagai zat yagn bersifat antibakteri.

Vanili: Enak Rasanya, Besar Manfaatnya

Itu dia daftar manfaat vanili bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Tak hanya aromanya yang enak, vanili juga bisa menjadi alternatif pengobatan herbal guna merawat kesehatan tubuh dan mengatasi pelbagai gangguan kesehatan yang kerap dialami. Semoga bermanfaat!





Source link