10 Manfaat Minyak Wijen (Berdasarkan Penelitian)

By | July 23, 2019


photo credit: multiscreensite.com

DokterSehat.Com – Salah satu kesalahan yang sering kita lakukan setiap hari adalah tidak tahu mana yang fakta sesuai dengan penelitian dan mana hanya mitos. Terkadang apa yang banyak dipercaya oleh masyarakat di luaran sana dianggap sebagai fakta padahal tidak terlalu benar. Nah, bagaimana dengan fakta terkait dengan manfaat minyak wijen?

Manfaat minyak wijen untuk kesehatan tubuh

Minyak wijen memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh. Manfaat itu tidak hanya dalam membuat masakan jadi nikmat saja. Namun, juga bisa memberikan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh secara umum. Berikut manfaat wijen sesuai dengan penelitian ilmiah.

  1. Mengandung antioksidan yang tinggi

Minyak zaitun yang sering digunakan untuk makanan ternyata mengandung cukup banyak antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh. Antioksidan itu terdiri dari sesamol dan sesamiol. Dua antioksidan itu bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah terjadinya gangguan pada kerusakan sel akibat radikal bebas yang berbahaya.

Antioksidan yang tinggi akan membantu Anda dalam mengatasi radikal bebas baik dari dalam tubuh atau luar. Itulah kenapa kita disarankan untuk mengonsumsinya sebagai bagian dari makanan atau cukup dioleskan ke kulit sebagai obat topikal untuk mencegah masuknya radikal bebas.

  1. Mengandung komponen antiinflamasi

Inflamasi adalah salah satu gangguan pada tubuh yang memicu masalah lebih parah. Oleh karena itu kita disarankan untuk mencegah terjadinya inflamasi yang berlebihan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan cara mengonsumsi makanan dengan komponen antiinflamasi seperti minyak wijen.

Dari beberapa tes yang dilakukan memakai minyak wijen, didapatkan informasi kalau minyak wijen mampu menurunkan inflamasi. Itulah kenapa pada pengobatan tradisional di Taiwan, minyak wijen banyak digunakan untuk mengatasi beberapa masalah seperti inflamasi di persendian dan sakit gigi yang menyebabkan pembengkakan.

  1. Membantu mengontrol gula darah

Seseorang yang sedang mengalami diabetes biasanya disarankan untuk menjaga pola makannya dengan baik. Mereka tidak disarankan untuk mengonsumsi berbagai makanan yang manis atau mengandung cukup banyak karbohidrat sederhana dan gula. Kalau pola makan bisa diatur, gula darah di dalam tubuh bisa segera distabilkan.

Salah satu indikator pengaturan gula darah adalah penurunan hemoglobin A1c. Kalau Kadar hemoglobin ini menurunkan, gula darah juga akan menurun. Nah, penurunan hemoglobin A1c ini bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi minyak wijen secara rutin setiap hari.

  1. Membantu kesehatan jantung

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengonsumsi lemak yang sehat. Lemak yang sehat ini biasanya jenis lemak tidak jenuh yang memicu gangguan di pembuluh. Anda harus mengonsumsi lemak sehat yang mengandung omega-3 atau omega-6.

Minyak wijen mengandung cukup banyak omega-6 yang merupakan salah satu komponen menjaga kesehatan jantung. Dari beberapa studi yang dilakukan, minyak wijen akan membuat jantung menjadi lebih sehat dan LDL atau kolesterol buruk yang menyebabkan masalah bisa diturunkan dengan sendirinya.

  1. Membantu menyembuhkan luka

Kalau Anda memiliki luka ringan, kemungkinan besar bisa disembuhkan dengan minyak wijen. Anda cukup mengoleskannya apa luka setelah dibersihkan agar penyembuhannya berjalan dengan lebih cepat dari sebelumnya. Jangan aplikasikan minyak wijen pada luka yang terlalu besar karena akan berbahaya. Lakukan konsultasi pada dokter terlebih dahulu karena setiap orang memiliki kondisi fisik berbeda-beda.

  1. Membantu mengatasi arthritis

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pengobatan tradisional di Taiwan penggunaan minyak wijen untuk mengatasi masalah persendian. Nah, kemampuan ini juga diteliti meski butuh pengembangan lebih jauh. Minyak dari biji wijen mampu mengatasi masalah artritis atau kaku dan nyeri di persendian yang kerap dialami mereka yang sudah lanjut usia.

  1. Melindungi kulit dari sinar UV

Sinar UV atau ultraviolet menyebabkan kerusakan pada permukaan kulit kalau paparan terus terjadi. Kalau Anda sering berada di luar, minyak wijen bisa digunakan untuk tabir surya. Oleskan di beberapa bagian yang membutuhkan, misal di tangan.

  1. Kemungkinan meningkatkan kualitas tidur

Mengonsumsi minyak wijen sebagai bagian dari makanan juga bisa membantu seseorang dalam mengatasi masalah tidur. Kalau ada masalah tidur tidak nyenyak dan durasinya selalu pendek, minyak wijen akan membantu seseorang kembali ke siklus circadian.

Efek dari minyak wijen ini mungkin akan berbeda-beda di setiap orang. Oleh karena itu ubah juga kebiasaan buruk lainnya seperti merokok, minum alkohol, hingga terlalu banyak mengonsumsi kopi.

  1. Meredakan nyeri di tubuh

Kalau di tubuh terjadi nyeri entah itu memar atau ada masalah lainnya, minyak wijen bisa membantu untuk meringankannya. Anda bisa mengoleskannya dari luar atau menggunakannya sebagai bahan makanan dan jamu tradisional.

  1. Meningkatkan kesehatan rambut

Masalah yang sering dialami oleh rambut adalah rapuh dan mudah sekali patah. Kalau Anda memiliki rambut jenis ini disisir agak keras langsung parah dan berguguran. Selain rapuh, rambut yang tidak sehat cenderung tidak bercahaya. Dua kombinasi ini akan membuat rambut semakin rusak dan susah diatasi.

Salah satu cara untuk membuat rambut jadi lebih sehat adalah dengan mengaplikasikan minyak wijen. Penggunaan secara rutin bersama dengan vitamin E bisa meningkatkan kekuatan dan rambut jadi lebih berkilau. Aplikasikan masker dengan minyak wijen selama beberapa saat di rambut lalu bilas dengan air hingga bersih.

Selama ini kita mengenal wijen sebagai salah satu biji yang digunakan untuk membuat makanan, misal onde-onde. Selain itu, wijen juga diambil minyaknya untuk membuat aneka masakan khususnya masakan oriental. Nah, kira-kira manfaat dari minyak wijen di atas, mana saja yang paling hebat dan ingin Anda rasakan?





Source link