10 Manfaat Minum Teh Setiap Hari bagi Kesehatan

10 Manfaat Minum Teh Setiap Hari bagi Kesehatan

[ad_1]

minum-teh-doktersehat

DokterSehat.Com – Teh adalah minuman yang lebih banyak digunakan untuk teman makan kue atau teman makanan yang pedas dan berlemak. Selain memberikan efek segar pada tubuh setelah menenggaknya, teh juga memiliki banyak manfaat sehingga kita disarankan untuk meminumnya setiap hari.

Manfaat Minum Teh Setiap Hari

Meski sering dikonsumsi, kita sering tidak tahu kalau teh ternyata tidak sekadar minuman saja. Teh juga merupakan obat herbal yang akan memberikan cukup banyak manfaat untuk tubuh. Kalau Anda ingin tahu apa saja manfaat ngeteh setiap hari, berikut ulasan selengkapnya.

  1. Menyehatkan Jantung

Kandungan polifenol dari teh cukup banyak. Bahan aktif ini akan menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler seperti gangguan pada jantung. Untuk mendapatkan manfaat dari teh, konsumsi minuman ini setiap hari paling tidak pagi sebelum melakukan aktivitas atau sore saat bersantai.

Teh yang dimaksud di sini adalah jenis teh hitam atau teh hijau yang banyak dikonsumsi sehari-hari. Untuk menambah kesehatan jantung, konsumsi secara rutin untuk mengganti berbagai minuman ringan yang mengandung cukup banyak gula tambahan.

  1. Mencegah Gangguan Penglihatan

Kandungan antioksidan dari teh sangat tinggi dan bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan dari mata. Kalau antioksidan di dalam tubuh rendah, gangguan pada mata akan sangat besar. Gangguan itu bisa berupa infeksi akibat bakteri atau penurunan kemampuan melihat karena muncul katarak.

Dari studi yang dilakukan pada tahun 2001 lalu, penglihatan seseorang bisa mengalami penurunan kalau minum antioksidan. Namun, setelah mengonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan tinggi seperti teh, gangguan seperti katarak hingga kebutaan tidak terjadi.

  1. Menurunkan Level Kortisol

Kortisol adalah salah satu jenis hormon yang cukup merugikan kalau levelnya sangat tinggi. Level yang cukup tinggi ini menyebabkan beberapa gangguan seperti mudah mengalami keriput di wajah hingga memicu terjadinya obesitas karena lemak yang ada di sekitar perut jadi lebih mudah terbentuknya.

Kortisol juga merupakan hormon yang membuat Anda mudah sekali mengalami stres. Hormon ini akan menurun kalau kondisi tubuh membaik dan pola tidur kembali normal. Selain itu dengan meminum teh setiap hari, level dari kortisol juga akan rendah dan Anda tidak akan mengalami masalah dengan mood yang buruk.

  1. Menurunkan Risiko Alzheimer

Penelitian yang dipublikasikan di The Journal of Nutritional Biochemistry membeberkan hasil kalau teh hijau mampu menurunkan risiko Alzheimer. Saat risiko penyakit ini menurun, demensia atau penurunan daya ingat bisa dihindari meski Anda sudah berusia cukup lanjut.

Mengingat manfaat dari teh ini sangat besar khususnya saat Anda mulai beranjak tua, ada baiknya untuk memulai kebiasaan ini setiap harinya. Minumlah pagi atau sore hari agar menjadi kebiasaan baik di kemudian hari.

  1. Meningkatkan Kemampuan Fisik

Meski tidak sebesar kopi, kandungan kafein yang dimiliki oleh teh bisa meningkatkan metabolisme di tubuh. Peningkatan ini akan membuat tubuh melakukan pembakaran kalori dan menghasilkan energi. Efek dari metabolisme yang meningkat adalah kenaikan dari energi yang dimiliki oleh tubuh.

Selain meningkatkan energi yang ada di dalam tubuh, kafein juga bermanfaat dalam hal menaikkan kemampuan fisik. Kalau Anda tidak suka kopi sebelum olahraga, ganti dengan teh. Saat minum teh, usahakan untuk tidak menambahkan terlalu banyak gula. Kalau ingin ada tambahan rasa bisa dicampur dengan buah menjadi semacam infused water.

  1. Membantu Penurunan Berat Badan

Minum teh hijau secara rutin setiap hari akan menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Minuman ini membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga disarankan untuk dikonsumsi secara rutin setiap hari pada mereka yang mengalami obesitas atau ingin menjaga bentuk tubuhnya.

Teh jenis lain juga memiliki efek yang sama asal dikonsumsi secara rutin. Kalau Anda bisa mengimbanginya dengan olahraga, penurunan berat badan akan jadi lebih cepat.

  1. Menjaga Kesehatan Mulut

Teh mengandung cukup banyak komponen anti bakteri. Itulah kenapa teh sering digunakan untuk campuran bahan atau obat untuk membasmi bakteri atau patogen lainnya. Anda bisa menggunakan teh untuk menjaga kesehatan mulut. Rutin minum teh bisa menurunkan risiko infeksi di dalam mulut.

Kalau Anda tidak suka teh lantaran rasanya agak pahit khususnya yang jenis teh hijau, gunakan untuk berkumur saja. Seduh teh dengan air lalu biarkan agak dingin lalu segera gunakan untuk berkumur.

  1. Menurunkan Risiko Diabetes

Selain membantu menyehatkan jantung, kandungan polifenol pada teh  juga membantu menjaga kadar gula dalam darah agar stabil. Polifenol menekan gula darah yang berlebih lalu memaksa tubuh untuk segera menggunakannya. Mengonsumsi teh tanpa gula setiap hari akan menurunkan risiko terkena diabetes.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Mengonsumsi teh secara rutin setiap hari akan membuat tubuh menyerap polifenol dan kafein. Dua bahan aktif ini mampu mencegah kanker muncul dalam tubuh dan melakukan infeksi. Salah satu kanker yang bisa dicegah oleh teh adalah kanker ovarium yang terjadi pada wanita.

Meski risiko bisa turun, Anda tetap harus mengimbanginya dengan gaya hidup sehat. Lakukan olahraga setiap harinya atau sekitar 3-5 kali seminggu.

  1. Meningkatkan Ekspektasi Hidup

Tahukah Anda mengapa orang di Jepang cenderung memiliki usia lebih panjang dari orang di belahan dunia manapun? Jawabannya adalah mereka sering mengonsumsi teh hijau. Dari beberapa penelitian, kandungan antioksidan yang tinggi membuat seseorang jadi lebih sehat secara umum.

Inilah beberapa manfaat dari minum teh setiap harinya. Dengan mengonsumsi teh setiap hari, tubuh akan mendapatkan cukup banyak manfaat seperti menurunkan berat badan hingga mencegah terjadinya penyakit tertentu. Anda bisa mengonsumsi teh setiap harinya, tapi pastikan untuk tidak minum teh dengan banyak gula, ya!



[ad_2]

Source link

AKDSEO