10 Manfaat Mandi Air Dingin bagi Kesehatan Tubuh

By | August 9, 2019


Photo Credit: Flickr.com/Peter Southey

DokterSehat.Com – Setiap orang memiliki kebiasaan mandi yang berbeda-beda, ada yang terbiasa mandi dengan air panas, tetapi ada juga yang mandi dengan air dingin. Meski air hangat bisa memberikan rasa nyaman daripada mandi air dingin, faktanya mandi air dingin bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Simak penjelasan mengenai manfaat mandi air dingin bagi kesehatan di bawah ini.

Manfaat Mandi Air Dingin

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat air dingin, bagi Anda yang tidak terbiasa mandi dengan air dingin, sebagai langkah awal Anda bisa memulainya dengan mandi air hangat kemudian mengganti air menjadi lebih dingin. Suhu air dikatakan dingin apabila menunjukkan angka 20° Celcius.

Berikut adalah beberapa manfaat mandi air dingin yang baik untuk kesehatan, di antaranya:

1. Meningkatkan kadar testosteron

Manfaat mandi air dingin yang pertama adalah meningkatkan kadar testoteron. Beberapa studi menunjukkan bahwa tubuh pria yang terpapar air dingin mengalami peningkatan jumlah sperma, bentuk dan pergerakannya.

Selain itu, penelitian lain mengungkapkan, seorang pria yang jarang mandi dengan air hangat akan mengalami peningkatan sperma hingga 5 kali lipat. Artinya, mandi air dingin membuat jumlah sperma per mililiter air mani akan menjadi melimpah.

Namun, penelitian ini masih dibutuhkan penelitian lanjutan karena dengan hanya terpapar air dingin tidak serta-merta meningkatkan jumlah sperma. Kalau pria memiliki gaya hidup buruk seperti merokok, sering minum alkohol, hingga mengalami obesitas, kemungkinan besar bisa menurunkan jumlah sel sperma.

2. Meningkatkan energi sekaligus menghilangkan rasa sakit

Sebuah penelitian mengungkapkan, manfaat mandi air dingin seperti halnya efek kafein pada tubuh yaitu memberikan energi tambahan dengan cepat. Selain itu, mandi air dingin juga dipercaya dapat menghilangkan rasa sakit.

Paparan air dingin dapat menyebabkan pembuluh darah mengerut, yang dapat membantu mengurangi pembengkakan yang menyebabkan rasa sakit. Air dingin juga dapat memperlambat kecepatan sinyal saraf melakukan impuls. Hal inilah yang dapat mengurangi kecepatan saraf mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak, sehingga dapat menurunkan rasa nyeri yang dialami.

3. Meningkatkan metabolisme

Air dingin juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh karena memaksa tubuh bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu yang stabil. Namun, karena durasi khas mandi dingin hanya sekitar 5-10 menit, seseorang tidak boleh mengandalkan efek peningkatan metabolisme sebagai teknik penurunan berat badan.

4. Mengatasi lelah

Kelelahan setelah menjalankan aktivitas seharian yang padat? Cobalah untuk mendapatkan manfaat mandi air dingin. Mandi air dingin dipercaya dapat membantu rasa lelah yang Anda alami. Air yang dingin dapat meredakan nyeri dan inflamasi pada otot.

Dengan kemampuan ini, Anda yang rutin berolahraga atau sering melakukan aktivitas berat disarankan untuk mandi dengan air dingin.

5. Meningkatkan kewaspadaan

Manfaat mandi air dingin yang satu ini sudah cukup populer di kalangan masyarakat. Mandi dengan air dingin membuat seseorang menjadi lebih waspada. Hal ini bisa terjadi karena paparan langsung air dingin pada tubuh mendorong seseorang untuk lebih aktif secara fisik.

Berdasarkan penelitian meta-analisis, mandi air dingin memiliki banyak efek fisiologis pada tubuh, antara lain: peningkatan denyut jantung, tekanan darah tinggi dan peningkatan laju pernapasan.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebuah penelitian mengungkapkan, orang-orang yang mandi air dingin lebih kecil kemungkinannya untuk sakit. Meskipun mereka yang mandi air dingin cenderung tidak mudah sakit, mereka tidak melaporkan absen sakit yang lebih sedikit.

Para peneliti menyimpulkan bahwa mandi air dingin mungkin membuat penyakit seseorang menjadi tidak parah, sehingga memungkinkan untuk melanjutkan kegiatan sehari-hari. Pada akhirnya, terlepas dari berapa lama waktu mandi dengan air dingin, hal itu tetap memicu kerja sistem kekebalan tubuh.

7. Menjaga suasana hati

Mandi air dingin bisa mengaktifkan sistem saraf simpatik dan meningkatkan ketersediaan neurotransmiter seperti norepinefrin dan endorfin. Hal itu membuat seseorang lebih kecil kemungkinannya mengalami gejala depresi setelah mandi air dingin.

Namun, penting untuk dicatat bahwa seseorang tidak boleh mengganti pengobatan depresi yang ditentukan dengan mandi air dingin.

8. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Salah satu cara alami untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut adalah dengan mandi air dingin. Manfaat mandi air dingin ini dipercaya bisa mengencangkan kutikula rambut dan kulit lewat pengerutan pembuluh darah sementara–selagi tubuh bereaksi terhadap perubahan suhu.

Ketika kutikula dan pori kulit mengencang, hal itu akan mencegah kotoran dan elemen berbahaya lainnya menyumbat pori-pori kulit dan kulit kepala. Selain itu, manfaat mandi air dingin juga bisa membuat rambut tampak lebih kuat, bersinar, dan meningkatkan kemampuannya untuk menggenggam kulit kepala

9. Meningkatkan sirkulasi darah

Salah satu ekspresi yang pasti dialami saat mandi air dingin adalah kaget. Kaget yang Anda rasakan bisa memicu jantung bekerja lebih efisien memompa darah ke seluruh tubuh.

Sirkulasi darah yang lebih lancar setelah mandi air dingin juga dapat menurunkan tekanan darah, membilas plak yang menumpuk dalam pembuluh darah, dan mendorong kerja sistem imun lebih baik. Dampak lanjutannya, penurunan drastis akan terjadi pada kadar asam urat selama mendapatkan paparan air dingin.

10. Membantu melawan infeksi

Manfaat mandi air dingin yang terakhir adalah merangsang sel darah putih (leukosit) dalam aliran darah. Leukosit sendiri berfungsi untuk melawan infeksi di dalam tubuh, sehingga risiko Anda untuk terkena flu dan pilek bisa menurun.

Cara Mandi dengan Air Dingin yang Benar

Sebenarnya mandi dengan air dingin bisa dilakukan dengan cara apa pun. Namun, tidak semua orang bisa mandi dengan air dingin jika sebelumnya terbiasa mandi dengan air hangat. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Biasakan tubuh Anda terlebih dahulu. Cobalah mandi dengan air yang tidak terlalu panas, kurangi suhunya sedikit demi sedikit hingga terbiasa dengan air yang lebih dingin.
  • Mandi seperlunya saja asal sudah membersihkan tubuh. Jangan lama-lama mandi dengan air dingin karena bisa menyebabkan masalah. Beberapa orang bisa mengalami masuk angin, beser, hingga menggigil.
  • Usahakan untuk tidak berendam terlalu lama karena bisa membuat kulit jadi mengerut. Dampaknya, kotoran di tubuh tidak bisa mengalir dan bisa saja kembali menempel di tubuh.
  • Jika kondisi tubuh sedang tidak sehat, mandi air dingin akan menyebabkan sakit semakin parah. Mandilah dengan air hangat atau jika Anda tetap ingin mandi dengan air dingin, lap saja tubuh dengan kain.

Dari ulasan di atas terlihat dengan jelas kalau ternyata manfaat mandi air dingin banyak memberikan manfaat bagi kesehatan. Sementara bagi Anda yang memiliki masalah kardiovaskular, sebaiknya Anda harus menghindari mandi air dingin. Namun jika tidak ada kondisi medis yang mendasarinya, maka tak ada salahnya mandi dengan air dingin.

 

Sumber:

  1. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325725.php
  2. https://www.healthline.com/health/cold-shower-benefits#takeaway
  3. https://www.today.com/health/benefits-cold-showers-according-doctors-t150017
  4. https://www.medicaldaily.com/benefits-cold-showers-7-reasons-why-taking-cool-showers-good-your-health-289524





Source link