10 Manfaat Kulit Melinjo (Atasi Asam Urat?)

By | June 28, 2019


DokterSehat.Com – Bagi masyarakat Indonesia, nama melinjo pastinya sudah tidak asing lagi. Buah yang satu ini kerap diolah menjadi pelbagai jenis makanan, sebut saja sayur asem dan emping. Nah, tidak hanya biji melinjo, kulit melinjo pun bisa dimanfaatkan untuk dijadikan masakan atau kudapan yang menggugah selera, dan siapa sangka jika kulit melinjo punya banyak manfaat. Apa saja manfaat kulit melinjo?

Kandungan Nutrisi Kulit Melinjo

Mengonsumsi melinjo, terutama yang sudah diolah menjadi emping, dipercaya dapat menimbulkan masalah kesehatan yang bernama asam urat. Tingginya kandungan purin di dalam emping melinjo lantas menjadi alasan mengapa Anda sangat tidak disarankan untuk sering-sering mengonsumisi emping melinjo.

Akan tetapi, hal sebaliknya justru terjadi pada kulit melinjo. Mengonsumsi kulit melinjo justru mendatangkan banyak manfaat, termasuk mencegah dan mengobati asam urat. Manfaat kulit melinjo bagi kesehatan ini tidak lepas dari kandungan pelbagai jenis nutrisi dan vitamin di dalamnya, seperti likopen, beta karoten, mineral (copper, fosfor, kalsium, seng), dan juga vitamin C.

Manfaat Kulit Melinjo bagi Kesehatan Tubuh

Sama seperti kulit apel, jangan sia-siakan juga kulit melinjo karena manfaat yang diberikannya sungguhlah tidak terduga. Berikut ini manfaat kulit buah melinjo yang perlu untuk Anda ketahui.

1. Mengendalikan Suhu Tubuh

Mengonsumsi kulit melinjo akan membuat Anda dapat merasakan manfaat kulit melinjo dalam mengendalikan suhu tubuh.

Seperti yang kita ketahui, tubuh akan secara alamiah mengatur suhu di dalamnya sesuai dengan kondisi suhu di lingkungan sekitarnya. Ketika Anda sedang berada di tempat panas, maka sistem di dalam tubuh akan menjaga agar suhu tubuh tetap dingin dengan cara mengeluarkan keringat. Pun sebaliknya jika sedang berada di tempat dingin, sistem akan mengontrol suhu tubuh agar jangan sampai menurun.

Pasalnya, kondisi suhu tubuh yang tidak normal dapat memengaruhi kinerja organ-organ tubuh. Oleh karenanya, harus dapat dipastikan jika sistem yang mengatur suhu tubuh berfungsi dengan baik.

Senyawa yang terkandung di dalam kulit melinjo diklaim efektif untuk menjaga tubuh agar tetap berada pada suhu yang ideal, caranya dengan membantu metabolisme dan enzim yang berkaitan dengan hal ini.

2. Melancarkan Pertumbuhan

Seperti yang tadi sudah disebutkan, kandungan kulit melinjo terdiri dari sejumlah zat mineral seperti copper dan kalsium. Keduanya lantas menghasilkan manfaat kulit buah melinjo yakni untuk memaksimalkan pertumbuhan tubuh.

Copper adalah mineral yang punya peran penting dalam mengoptimalkan pertumbuhan sel-sel tubuh secara keseluruhan, sedangkan kalsium lebih ke pembentukan tulang yang sempurna. Oleh sebab itu, kiranya Anda para orang tua bisa memasukkan kulit melinjo untuk dijadikan menu sehari-hari.

3. Merawat Fungsi Ginjal

Sementara itu, kandungan fosfor pada kulit melinjo dipercaya ampuh untuk merawat fungsi ginjal dan mencegah organ tubuh yang satu ini untuk terserang sejumlah penyakit yang berkaitan.

Kulit melinjo melalui kandungan fosfor dan sejumlah zat lainnya dapat membantu menjaga kadar cairan di dalam tubuh, memastikan kadar garam dan lemak tetap seimbang, juga mengoptimalkan fungsi ginjal dalam menyaring dan membuang racun-racun di dalam tubuh.

4. Merawat Fungsi Otak

Sebagai salah satu organ vital, otak harus selalu dijaga kesehatannya. Hal ini karena masalah pada otak dapat menjerumuskan Anda pada pelbagai jenis penyakit serius yang bisa menganggu fungsi kognitif otak, bahkan menyebabkan kematian.

Alzheimer, meningitis, hingga kanker otak adalah penyakit-penyakit pada otak yang bisa menyerang siapapun yang tidak dapat menjaga kesehatan otaknya dengan baik.

Jangan sampai Anda menjadi salah satunya. Menjaga kesehatan otak pun tidak sulit, melainkan hanya perlu menerapkan pola hidup sehat dan konsumsi makanan bergizi. Satu di antara sekian banyak makanan berigizi yang baik untuk otak adalah kulit buah melinjo. Kandungan zat antioksidan di dalam kulit melinjo menghasilkan manfaat kulit melinjo untuk melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, mangan yang juga dikandung kulit melinjo berperan dalam mengikat neurotransmitter otak sehingga proses pengiriman sinyal dari otak ke saraf dapat berjalan lancar dan efisien.

5. Merawat Kesehatan Kulit

Vitamin C yang dikandung oleh kulit melinjo memiliki sifat antioksidan. Dengan begitu, mengonsumsi kulit melinjo dapat melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas, termasuk sel kulit.

Kerusakan pada sel-sel kulit dapat berimbas pada masalah kesehatan kulit, seperti penuaan dini yang ditandai oleh kerutan pada kulit dan disertai dengan flek hitam, pun garis-garis halus.

6. Mengobati Asam Urat

Jika mengonsumsi buah melinjo dapat berujung pada penyakit asam urat, maka mengonsumsi kulit melinjo justru mencegah dan mengobati penyakit yang satu ini.

Manfaat kulit melinjo untuk asam urat ini dikarenakan kulit melinjo mengandung senyawa yang berfungsi untuk menghambat enzim bernama xantin-oksidase, yakni enzim yang menyebabkan terjadinya pensintesis asam urat.

7. Mengoptimalkan Fungsi Otot

Manfaat kulit buah melinjo yang juga tak kalah penting adalah berkaitan dengan otot-otot tubuh.

Kulit melinjo mengandung protein yang mana protein ini berperan dalam membentuk sekaligus mengoptimalkan fungsi otot tubuh. Jadi, bagi Anda yang ingin memiliki otot sehat dan kuat, baiknya konsumsi kulit melinjo ini secara rutin, ya.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan-makanan bergizi, terutama yang mengandung vitamin A.

Kulit melinjo adalah salah satu sumber vitamin A yang bisa Anda dapatkan. Tambahkan kulit melinjo ke dalam menu makanan Anda sehari-hari guna mendapatkan manfaat kulit melinjo yang satu ini.

9. Menjaga Kesehatan Gigi

Gigi adalah salah satu indikator kesehatan seseorang. Pun, gigi yang sehat dan bersih menandakan seberapa peduli seseorang terhadap kesehatan dirinya.

Salah satu cara menjaga gigi agar tetap sehat dan kuat adalah dengan rajin-rajin mengonsumsi kulit melinjo. Manfaat kulit melinjo bagi kesehatan gigi ini dihasilkan oleh kandungan mineral dan fosfor.

10. Sumber Energi

Kulit melinjo juga menjadi sumber energi yang ideal bagi tubuh Anda. Pasalnya, kulit melinjo kaya akan kandungan karbohidrat, yang mana karbohidrat ini sangat dibutuhkan tubuh sebagai ‘bahan bakar’ agar tubuh bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Tak hanya itu, karbohidrat pada buah melinjo efektif untuk memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga cocok untuk dikonsumsi Anda yang tengah berdiet.

Itu dia sederet manfaat kulit melinjo yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!





Source link