10 Manfaat Grapeseed Oil bagi Kecantikan Kulit

By | July 12, 2019


DokterSehat.Com– Salah satu bahan alami yang bisa dijadikan sebagai bahan perawatan kulit adalah grapeseed oil atau minyak biji anggur. Manfaat grapeseed oil ini ternyata sejak lama digunakan sebagai bahan untuk kecantikan kulit. Bahkan, sejumlah produk skincare juga dilengkapi dengan kandungan bahan yang satu ini. Nah, sebenarnya apa saja sih manfaat grapeseed oil untuk wajah?

Manfaat Grapeseed Oil untuk Kecantikan & Kesehatan Kulit

Kandungan sifat anti-inflamasi, anti-oksidan dan lemak sehat dalam grapeseed oil, secara signifikan bermanfaat bagi kesehatan kulit. Berikut ini manfaat minyak biji anggur yang bisa Anda dapatkan:

1. Memudarkan bekas luka dan kerutan

Manfaat grapeseed oil yang pertama adalah mampu memudarkan bekas luka dan kerutan. Dilansir dari laman Livestrong, hal ini disebabkan oleh adanya kandungan beta-carotene serta vitamin C, D, dan E. Tidak hanya itu saja, grapeseed oil juga dilengkapi dengan beragam asam lemak yang menjadikan kulit tetap kenyal dan sehat.

2. Mencegah penuaan dini

Manfaat grapeseed oil untuk wajah ternyata bisa digunakan untuk mengatasi dan mencegah gejala penuaan, seperti kulit keriput dan kendur. Tidak hanya membantu melembapkan kulit, tetapi sifat anti-oksidannya dari kandungan polyphenol yang dapat menghancurkan radikal bebas yang menurunkan produksi kolagen, suatu zat yang penting untuk mencegah penuaan sel-sel kulit.

Anca cukup mengoleskan grapeseed oil ke wajah sebelum tidur dan biarkan meresap. Pastikan minyak tidak mengenai mata Anda. Mengoleskan minyak setelah mandi air hangat akan membantu minyak meresap lebih dalam. Penggunaan minyak secara rutin akan memberikan hasil yang maksimal.

3. Menstimulasi kolagen

Manfaat grapeseed oil ternyata juga ampuh dalam mengembalikan kekencangan dan elastisitas kulit. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan oligomeric proanthocyanidins (OPC), OPC ini mampu menstimulasi produksi kolagen yang memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan kulit Anda.

Grapeseed oil sendiri sudah banyak dijual dalam bentuk minyak esensial maupun jenis-jenis skincare. Tidak heran jika hal ini memudahkan Anda menggunakan grapeseed oil yang kaya akan manfaat bagi kulit. Kendati demikian, jangan lupa untuk melakukan perawatan lainnya seperti rajin membersihkan wajah dengan produk dan bahan yang tepat, ya!

4. Mencegah jerawat

Manfaat minyak biji anggur melawan penyebab dan mencegah jerawat, karena sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba yang sangat baik bagi kulit. Mekanisme lain tentang cara kerjanya adalah dengan mengganti sebum, zat yang diproduksi secara alami oleh kulit untuk mencegah dehidrasi, secara efektif diganti oleh minyak biji anggur.

Sebum adalah yang memberi makan bakteri penyebab jerawat. Minyak biji anggur mampu membasmi bakteri dengan mengganti sebum, secara efektif membuatnya kelaparan. Setiap jerawat yang menyakitkan atau ruam kulit lainnya akan diatasi oleh sifat anti-inflamasi minyak.

5. Pelembap

Mengoleskan grapeseed oil sangat bermanfaat jika Anda mengalami kulit kering selama musim dingin atau musim panas. Minyak biji anggur akan dengan cepat mengatasi kulit kering yang Anda alami.

Selain memiliki kandungan minyak esensial sehat yang dapat menjaga kulit tetap terhidrasi, vitamin E dan antioksidan mampu mencegah kulit kering. Minyak biji anggur tidak akan menyumbat pori-pori kulit Anda, kareba tidak seperti pelembap kulit lainnya, jadi tidak akan menyebabkan kulit berjerawat.

Kulit yang sangat kering mungkin membutuhkan minyak yang banyak. Minyak biji anggur ini juga bisa dibuat menjadi pasta, memungkinkan dosis yang lebih banyak pada kulit sekaligus.

6. Melindungi dari paparan sinar matahari

Meskipun tidak sepenuhnya mengganti krim tabir surya untuk menghindari paparan sinar matahari, manfaat minyak biji anggur telah terbukti memiliki beberapa resistensi terhadap radiasi ultraviolet. Vitamin E yang terkandung dalam minyak ini juga dapat mencegah peradangan kulit akibat sengatan matahari.

Minyak biji anggur memiliki ketahanan air yang cukup, sehingga bagus untuk kegiatan di dalam air. Namun, minyak biji anggur cenderung menyerap lebih cepat dalam kulit, sehingga Anda perlu sesering mungkin menggunakannya sebagai tabir surya yang efektif.

7. Menghilangkan kantung mata

Kantung di bawah mata tidak hanya dialami orang tua, tetapi Anda yang masih muda juga dapat mengalaminya, gaya hidup seperti stres dan kurang tidur, dapat menyebabkan munculnya kantung mata.

Tenang, Anda dapat mengoleskan minyak biji anggur pada kantung mata yang dapat membantu menyamarkannya. Selain itu, manfaat grapeseed oil untuk wajah juga dapat mengatasi garis-garis di sekitar mata.

Anda bisa mencampurkan minyak anggur dengan mentega untuk meningkatkan efek yang melembapkan.

Meskipun dipercaya menghilangkan kantung mata, kemungkina tidak dapat menyembuhkan lingkaran hitam di mata, karena setiap orang memiliki penyebab yang berbeda.

8. Menghilangkan stretch marks

Stretch mark disebabkan karena rusaknya dermis, bagian kulit yang paling tebal. Pertumbuhan yang cepat dan tiba-tiba, seperti pubertas dan kehamilan, menyebabkan kulit Anda mengalami stretch mark. Manfaat minyak biji anggur pada kulit stretch mark dapat menyamarkan sampai taraf tertentu, terutama jika Anda sering mengoleskannya.

Mengoleskan minyak sebelum kehamilan dapat mencegah dan mengobati stretch mark. Anda juga bisa mencampurkan minyak biji anggur ke dalam air hangat atau panas, yang memungkinkan minyak merendam seluruh tubuh.

9. Mempercepat penyembuhan luka

Selain mengatasi kulit kering, jerawat, keriput dan kantung mata, manfaat grapeseed oil telah ditemukan untuk membantu angiogenesis pada luka – proses di mana kulit menciptakan pembuluh darah baru dan pertumbuhan sel.

Sifat anti-oksidan dan anti-bakteri dari minyak ini dianggap bertanggung jawab untuk membantu penyembuhan luka.

Secara keseluruhan, minyak biji anggur menjadi penyembuh luka dermal yang hebat. Oleskanlah minyak biji anggur pada luka Anda hingga sembuh.

10. Mengatasi ketombe dan dermatitis

Ketombe yang disertai dengan dermatitis (peradangan kulit), disebabkan oleh sel-sel kulit mati yang berlebihan, biasanya akibat dehidrasi. Anda bisa mengatasinya dengan melembapkan kulit kepala, karena kandungan anti-oksidan dan sifat anti-bakteri yang ditemukan dalam minyak biji anggur dapat mencegah penumpukan sel-sel kulit mati dengan cepat.

Ketika menggunakan minyak biji anggur sebagai kondisioner, pastikan untuk memijat kulit kepala Anda. Jangan ragu pula untuk menggosoknya di kulit kepala.

Menggunakan minyak biji anggur untuk ketombe yang parah mungkin akan membutuhkan berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu.

 





Source link