10 Manfaat Dongeng untuk Mendidik Anak sejak Dini

By | August 15, 2019


DokterSehat.Com– Manfaat dongeng sejak dahulu adalah sebagai penghantar tidur anak. Namun pada zaman serba canggih seperti sekarang, kegiatan mendongeng di mata anak-anak tidak populer lagi. Dari bangun hingga menjelang tidur, mereka dihadapkan pada televisi yang menyajikan beragam acara, mulai dari film kartun, kuis, hingga sinetron yang acapkali bukan tontonan yang pas untuk anak. Kalaupun mereka bosan, tidak sedikit anak yang asyik memainkan handphone.

Kendati demikian, kegiatan mendongeng sebetulnya bisa menarik dan memiliki banyak manfaat, bukan hanya bagi anak-anak tetapi juga orang tua yang mendongeng untuk anaknya. Salah satu manfaat membacakan dongeng untuk anak adalah dapat mempererat ikatan dan komunikasi yang terjalin antara orang tua dan anak. Para pakar menyatakan ada beberapa manfaat lain yang dapat digali dari kegiatan mendongeng ini. Apa sajakah itu?

Manfaat Dongeng untuk Anak

Selain mempererat ikatan anak dan orang tua, ada banyak manfaat dongeng lainnya yang baik untuk perkembangan anak dan bahkan juga baik untuk orang tua, berikut di antaranya:

1. Mengasah daya pikir

Manfaat membacakan dongeng untuk anak yang pertama, dapat mengasah daya pikir dan imajinasi anak. Hal yang belum tentu dapat terpenuhi bila anak hanya menonton dari televisi. Anak dapat membentuk visualisasinya sendiri dari cerita yang didengarkan dari dongeng. Ia dapat membayangkan seperti apa tokoh-tokoh maupun situasi yang muncul dari dongeng tersebut. Lama-kelamaan anak dapat melatih kreativitas dengan cara ini.

2. Melatih etika dan empati anak

Manfaat dongeng sebagai media yang efektif untuk menanamkan berbagai nilai dan etika kepada anak, bahkan untuk menumbuhkan rasa empati. Misalnya nilai-nilai kejujuran, rendah hati, kesetiakawanan, kerja keras, maupun tentang berbagai kebiasaan sehari-hari seperti pentingnya makan sayur dan menggosok gigi.

Anak juga diharapkan dapat lebih mudah menyerap berbagai nilai tersebut. Bacalah dongeng dengan tidak bersikap memerintah atau menggurui, sebaliknya para tokoh cerita dalam dongeng tersebutlah yang diharapkan menjadi contoh atau teladan bagi anak.

3. Menumbuhkan minat baca

Manfaat dongeng untuk anak dapat menjadi langkah awal untuk menumbuhkan minat baca anak. Setelah tertarik pada berbagai dongeng, anak diharapkan mulai menumbuhkan ketertarikannya pada buku. Diawali dengan buku-buku dongeng yang kerap didengarnya, kemudian meluas pada buku-buku lain seperti buku pengetahuan, sains, agama, dan sebagainya.

4. Meningkatkan kecerdasan anak

“Jika Anda ingin anak-anak menjadi cerdas, bacakan dongeng untuk anak. Jika Anda ingin anak lebih pintar, bacalah lebih banyak dongeng,” (Albert Einstein).

Membacakan dongeng untuk anak memainkan peran penting dalam pengembangan literasi dini, yang berperan penting dalam kemampuan membaca dan menulis.

Imajinasi anak-anak semakin meningkat setelah mendengarkan dongeng. Orang tua dapat melibatkan anak-anak untuk membahas bagaimana dongeng atau dunia yang luar biasa dari kisah-kisah ini dapat berbeda atau sama dengan dunia nyata.

Melalui interaksi antara orang tua dan anak-anak akan membantunya mengekspresikan ide-ide dengan mudah.

Penelitian juga menunjukkan bahwa manfaat membacakan dongeng untuk anak secara rutin dapat membantu mengumpulkan kosakata anak.

5. Mengajarkan anak berpikir positf

Anak-anak belajar dari karakter dalam cerita dongeng dapat membantunya menghubungkan situasi dengan kehidupan mereka sendiri.

Manfaat dongeng tersebut menunjukkan kepada anak-anak bagaimana cara memiliki pandangan positif di tengah-tengah kecemasan, perkelahian, dan masalah dalam hidup. Cara ini juga mampu mengajarkan anak dalam keterampilan berpikir kritis.

6. Membangun kecerdasan emosional anak

Dunia saat ini mungkin dilihat sebagai tempat yang menakutkan. Tidak sedikit keluarga dan terutama anak-anak dapat mengalami stres yang luar biasa. Ketika kondisi seperti itu, anak-anak perlu dilatih bahwa hal-hal buruk terjadi pada semua orang.

Manfaat membacakan dongeng untuk anak dapat membantunya mengembangkan ketahanan emosional, dengan membantu anak menghubungkan cerita dengan masalah kehidupan nyata di mana sebagian besar ‘pahlawan menang.’

Kisah-kisah tersebut menunjukkan kepada anak bahwa semua orang pasti akan melewati tantangan hidup dan bahwa mereka harus selalu siap dan percaya bahwa akan berhasil dalam hidup.

7. Mengurangi kecemasan

Dongeng sebelum tidur adalah cara yang baik untuk menenangkan pikiran dan tubuhnya. Bahkan jika anak terlalu bersemangat, manfaat membaca dongeng untuk anak akan membantunya terlibat dalam dunia yang sama sekali berbeda dan terbebas dari semua kecemasan.

Membacakan dongeng dapat membantu menjadi tenang sehingga orang tua dan anak bisa tidur. Bacakan anak dongeng setengah jam sebelum tidur dan buatlah suasana tenang dengan meredupkan lampu, dan bacakan cerita favorit dengan suara lembut yang menenangkan.

8. Meningkatkan perhatian anak

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, manfaat dongeng untuk anak sebagai pengantar tidur adalah cara terbaik untuk membantunya merasa nyaman dengan rutin membaca. Kebiasaan ini sangat berguna dan sehat, sehingga dapat meningkatkan rentang perhatiannya saat dibacakan dongeng setiap malam.

9. Memiliki waktu berkualitas bersama anak

Menyisihkan waktu setiap malam untuk membaca dongeng bersama buah hati adalah cara yang bagus untuk mendengarkan cerita yang sangat disukai. Ketika orang tua membawakan buku-buku baru dan favorit dengan membacanya secara ekspresif, tentu ini akan menjalin hubungan emosional yang memungkinkan anak menemukan dan memaknai nilai-nilai dalam buku-buku tersebut.

10. Menuntun anak dalam melakukan sesuatu

Saat anak belajar melakukan sesuatu seperti menggunakan toilet atau mulai pergi ke taman kanak-kanak, adalah hal yang mungkin menakutkan dan mencemaskan bagi anak kecil.

Sebagai penuntun, manfaat dongeng untuk anak dapat membantunya melalui tahap-tahap tersebut, agar menjadi lebih berani dan siap untuk menghadapi tantangan baru.

Jenis dongeng apa yang bisa dibacakan untuk anak?

Membacakan dongeng yang sederhana untuk anak dengan ilustrasi berwarna akan efektif. Buku jenis ini dapat memengaruhi perkembangan bayi secara keseluruhan. Jadi, pilihlah cerita pendek sederhana untuk anak yang terkait dengan tahap kehidupan mereka saat ini, seperti bagaimana anak laki-laki menemukan mainannya yang hilang atau bagaimana anak perempuan belajar menggunakan toilet.

Cerita dongeng bergambar yang tepat akan memperkenalkan si kecil terhadap berbagai mainan, hewan, burung, dan lainnya. Cerita dengan sedikit penjelasan seperti perbedaan warna, bentuk, dan ukuran akan membantu anak membedakan antara pilihan yang tersedia.

Anak mungkin belum mengenali gambar yang dilihatmnya, namun mereka tertarik dengan pola yang berbeda dan warna yang menarik karena penglihatan anak masih berkembang.

Usia berapa anak bisa dibacakan dongeng?

Membacakan dongeng pada anak tidak ada batasan usia terkait waktu yang tepat anak mulai mendapatkan dongeng, namun orang tua harus mengetahui dan memahami psikologi anak sesuai dengan usia dalam memberikan dongeng sehingga nilai yang disampaikan dalam dongeng dapat diterima dan diserap dengan baik oleh anak tersebut.

Saat anak pada usia pra sekolah, orang tua dapat memilih dongeng yang sifatnya membantu anak untuk mengembangkan perbendaharaan kosa kata yang dimilikinya seperti dongeng tentang binatang.

Sedangkan untuk anak-anak yang sudah menginjak sekolah dasar dapat diberikan cerita dongeng yang mengandung nilai, teladan dan pesan moral yang dapat diterapkan dalam kehidupan anak sehari-hari. Mengingat manfaat dongeng pada psikologi anak, orang tua sebaiknya dapat menggunakan media yang efektif ini untuk mendidik anak.

Nah, itulah manfaat membacakan dongeng untuk anak yang mungkin belum orang tua tahu. Yuk mulai sekarang bacakan dongeng untuk si kecil setiap malam, dan pilihlah doneng yang mengandung nilai-nilai positif ya, Teman Sehat!

 

Sumber:

  1. 7 Amazing Benefits Of Reading Bedtime Stories To Your Baby (https://www.momjunction.com/articles/benefits-of-reading-bedtime-stories-to-your-baby_00119461/#gref, diakses 15 Agustus 2019).
  2. The Benefits of Fairy Tales (https://nepeantutoring.com.au/the-benefits-of-fairy-tales/, diakses 15 Agustus 2019).
  3. The Importance Of Reading For Young Children (https://momlovesbest.com/reading-for-kids, diakses 15 Agustus 2019).





Source link