10 Manfaat Daun Melinjo bagi Kesehatan, Bumil Baca

By | November 8, 2019


DokterSehat.Com – Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya melinjo, bukan? Selain buahnya, daun melinjo ternyata memiliki manfaat yang tak kalah hebat bagi kesehatan tubuh. Lantas apa saja manfaat daun melinjo bagi kesehatan tubuh?

Daun Melinjo dan Kandungan Nutrisinya

Melinjo adalah nama tanaman yang banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Tak hanya buah dan kulit buahnya, daun melinjo juga kerap dimanfaatkan sebagai bahan masakan maupun obat herbal. Pemanfaatan daun melinjo sebagai obat herbal dikarenakan secara manfaat, daun melinjo tak kalah dengan bagian lainnya dari tanaman tersebut.

Manfaat daun melinjo ini tak lepas dari kandungan sejumlah zat di dalamnya yang sebagian besar bersifat antioksidan, yaitu:

  • Flavonoid
  • Saponin
  • Tanin
  • Vitamin C
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Zat besi
  • Zinc
  • Magnesium
  • Potasium
  • Fosfor

Manfaat Daun Melinjo bagi Kesehatan

Manfaat daun melinjo bagi kesehatan dapat dilihat dari zat-zat yang terkandung di dalam tanaman dengan nama ilmiah Gnetum gnemon L. tersebut.

Berikut ini adalah manfaat daun melinjo yang perlu Anda ketahui.

1. Mengatasi Infeksi Bakteri

Manfaat daun melinjo yang pertama adalah untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Efektivitas daun melinjo dalam mengatasi infeksi bakteri ini tak lepas dari kandungan senyawa kimia flavonoid, saponin, dan tanin. Ketiganya menurut penelitian memiliki sifat antibakteri.

Flavonoid, misalnya. Senyawa fenol ini memiliki mekanisme kerja menembus dinding sel bakteri untuk kemudian merusaknya, pun mengendapkan protein dari sel bakteri tersebut. Cara kerja yang sama juga berlaku untuk senyawa lainnya yakni tanin.

2. Menghalau Radikal Bebas

Manfaat daun melinjo selanjutnya adalah untuk menghalau serangan radikal bebas.

Dalam uji lab yang dilakukan oleh sebuah penelitian pada tahun 2002, ekstrak melinjo—termasuk daunnya—menunjukkan reaksi terhadap ‘kehadiran’ radikal bebas. Meskipun begitu, bukti ini masih memerlukan analisis lebih lanjut.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Pada studi yang lainnya, ditemukan fakta bahwa daun melinjo (juga buahnya) efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan senyawa pada daun melinjo menurut hasil penelitian tersebut  dapat meningkatkan produksi komponen sistem kekebalan tubuh.

Akan tetapi, manfaat daun melinjo yang satu ini juga belum dikatakan kuat oleh karena studi yang telah dilakukan masih menggunakan hewan tikus sebagai objek penelitiannya. Perlu adanya studi lebih lanjut untuk menguji efektivitas daun melinjo dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

4. Merawat Kesehatan Tulang

Kandungan mineral magnesium pada daun melinjo menjadikan tanaman herbal ini efektif dalam membantu merawat kesehatan tulang.

Magnesium bersama-sama dengan mineral lainnya yakni kalsium memiliki peran penting dari mulai proses pembentukan tulang hingga merawat tulang agar tetap sehat dan kuat.

5. Merawat Kesehatan Kulit

Kandungan senyawa antioksidan pada daun melinjo tak hanya berupa flavonoid, saponin, dan juga tanin. Selain itu, ada juga vitamin C yang juga memiliki sifat antioksidan.

Hal ini secara tidak langsung menghasilkan manfaat daun melinjo untuk merawat kesehatan kulit dan mencegahnya dari berbagai masalah kesehatan termasuk yang sering dihindari adalah penuaan dini.

Pasalnya, kulit yang bermasalah—termasuk penuaan dini—acap kali merupakan imbas dari rusaknya sel-sel kulit akibat serangan radikal bebas. Bahkan pada kasus yang lebih parah, rusaknya sel kulit bisa berujung pada penyakit kanker kulit.

Belum dapat diketahui secara pasti seberapa efektif vitamin C pada daun melinjo dalam membantu merawat kesehatan kulit, namun tak ada salahnya untuk Anda mengonsumsi daun melinjo secara rutin jika ingin kulit senantiasa sehat dan awet muda.

6. Mempercepat Penyembuhan Luka

Masih berkaitan dengan kulit, mengonsumsi daun melinjo secara rutin juga disebut-sebut dapat membantu luka agar bisa sembuh lebih cepat.

Manfaat daun melinjo untuk mempercepat proses penyembuhan luka ini dikarenakan adanya kandungan mineral zinc.

Menurut penelitian, zinc memiliki peran penting dalam memproduksi kolagen yang mana kolagen ini merupakan jaringan yang  dibutuhkan dalam proses pembentukan kulit baru.

7. Mengatasi Stres

Manfaat daun melinjo melalui kandungan vitamin C-nya juga untuk mengatasi rasa stres.

Berdasarkan studi, vitamin C memiliki peran penting dalam membantu mengurangi stress, sebuah kondisi yang tentunya semua orang pasti pernah mengalaminya.

Stres tidak bisa dihindari, namun dengan mengonsumsi daun melinjo secara rutin, diharapkan stres yang Anda alami dapat terkontrol dengan baik dan tidak berlarut-larut hingga berkembang menjadi rasa depresi yang tentunya berbahaya.

8. Menjaga Kehamilan

Bagi para ibu hamil, kebutuhan terhadap zat besi akan meningkat selama masa kehamilan. Hal ini dikarenakan ibu hamil memerlukan lebih banyak darah guna menunjang tumbuh kembang janin yang tengah dikandungnya.

Salah satu cara alami untuk meningkatkan produksi sel darah merah pada ibu hamil adalah dengan mengonsumsi daun melinjo. Pasalnya, daun melinjo adalah salah satu sumber zat besi.

Jadi, Anda yang kini sedang hamil baiknya rutin mengonsumsi daun melinjo, ya! Baik itu dikonsumsi secara langsung maupun minum air rebusannya, jangan lewatkan manfaat daun melinjo yang satu ini.

9. Meminimalisir Risiko Penyakit Kanker

Kembali lagi ke kandungan antioksidan pada daun melinjo, hal ini lantas juga menghasilkan manfaat daun melinjo yang sangat besar yaitu meminimalisir risiko penyakit kanker.

Kanker adalah penyakit yang berawal dari rusaknya sel-sel tubuh. Mengapa sel-sel tubuh bisa rusak? Jawabannya karena adanya serangan radikal bebas. Nah, fungsi dari zat antioksidan adalah untuk menghalau serangan radikal bebas tersebut sebelum merusak sel tubuh.

Dengan begitu, risiko Anda untuk terkena penyakit kanker dapat diminimalisir. Guna mendapatkan manfaat daun melinjo yang satu ini, Anda perlu mengonsumsinya secara rutin baik dimakan secara langsung atau meminum air rebusannya.

10. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Terakhir dari daftar manfaat daun melinjo bagi kesehatan tubuh adalah untuk mencegah timbulnya penyakit batu ginjal.

Khasiat daun melinjo maupun buahnya dalam mencegah penyakit ginjal dikarenakan tanaman ini diperkaya oleh kandungan mineral potasium.

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa potasium mampu menurunkan kadar kalsium pada batu ginjal. Pasalnya, penyakit batu ginjal dipicu oleh berlebihnya kadar kalsium.

Itu dia daftar manfaat daun melinjo bagi tubuh yang perlu Anda ketahui. Daftar manfaat ini tidak bisa serta merta dijadikan rujukan oleh karena masih terbatasnya studi ilmiah yang meneliti efektivitas kandungan zat pada daun melinjo tersebut.

Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi daun melinjo secara rutin sebagai bagian dari pola makan sehat. Jika ragu, berkonsultasilah pada dokter spesialis gizi. Semoga  bermanfaat!

 

Sumber:

  1. Anonim. Antioxidants. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/multimedia/antioxidants/sls-20076428  (Diakses pada 8 November 2019)
  2. Anonim. Melinjo-Gnetum gnemon. https://www.healthbenefitstimes.com/melinjo/ (Diakses pada 8 November 2019)
  3. Bager, K. 2015. Possible health effects of Gnetum gnemon L stilbene dimers. https://www.researchgate.net/publication/315809251_Possible_health_effects_of_Gnetum_gnemon_L_stilbene_dimers (Diakses pada 8 November 2019)
  4. Dewi, C et al. 2012. Aktivitas Antioksidan dan Antimikroba Ekstrak Melinjo (Gnetum gnemon L.). https://jurnal.uns.ac.id/ilmupangan/article/download/13554/11298 (Diakses pada 8 November 2019)
  5. Raman, R. 2017. What Does Potassium do for Your Body? A Detailed Review. https://www.healthline.com/nutrition/what-does-potassium-do#section2 (Diakses pada 8 November 2019)
  6. Ware, M. 2017. Why do we need magnesium?  https://www.medicalnewstoday.com/articles/286839.php#benefits (Diakses pada 8 November 2019)
  7. Ware, M. 2018. Everything you need to know about iron. https://www.medicalnewstoday.com/articles/287228.php (Diakses pada 8 November 2019)
  8. Zelman, K. The Benefits of Vitamin C. https://www.webmd.com/diet/features/the-benefits-of-vitamin-c#1 (Diakses pada 8 November 2019)





Source link