10 Manfaat Buah Sukun Ini Tak Disangka-Sangka!

10 Manfaat Buah Sukun Ini Tak Disangka-Sangka!

[ad_1]

manfaat-buah-sukun-doktersehat

DokterSehat.Com – Anda tentunya sudah tidak asing lagi denga buah sukun, bukan? Buah yang kerap mendapat julukan sebagai ‘breadfruit’ ini kerap diolah menjadi penganan dalam bentuk gorengan. Namun tahukah Anda selain memiliki manfaat sebagai camilan, buah sukun juga memiliki manfaat berkaitan dengan kesehatan tubuh? Lantas, apa saja manfaat buah sukun bagi kesehatan tubuh kita?

Kandungan Nutrisi Buah Sukun

Sama seperti buah pada umumnya, buah sukun adalah buah yang kaya akan manfaat. Buah yang memiliki nama ilmiah Artocarpus altilisini dikatakan demikian karena tak lepas dari kandungan sejumlah nutrisi dan vitamin di dalamnya.

Dilansir dari berbagai sumber, satu buah sukun terdiri dari sejumlah nutrisi dan vitamin, sebut saja serat, karbohidrat kompleks, protein, mineral (fosfor, kalsium, magnesium, zat besi) dan tak ketinggalan vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

Manfaat Buah Sukun yang Tidak Disangka-Sangka

Jika selama ini Anda menganggap buah sukun dapat memberikan rasa kenyang, maka sejatinya manfaat buah sukun lebih daripada itu. Berikut ini adalah manfaat makan sukun yang perlu untuk Anda ketahui.

1. Menghalau Radikal Bebas

Manfaat buah sukun yang pertama adalah untuk menghalau radikal bebas. Pasalnya, sukun mengandung zat flavonoid yang memiliki sifat antioksidan.

Mengonsumsi buah sukun secara rutin kiranya patut Anda lakukan guna mencegah tubuh terpapar radikal bebas. Sebagaimana diketahui, radikal bebas adalah pemicu kerusakan pada sel tubuh untuk kemudian sel tubuh yang mengalami kerusakan tersebut bisa berkembang menjadi sel kanker nan mematikan.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Menurunkan kadar lemak LDL atau kolesterol ‘jahat’ juga menjadi manfaat buah sukun lainnya yang perlu Anda ketahui. Adanya kandungan serat menjadi alasan mengapa buah sukun diklaim efektif guna mencegah agar jangan sampai kolesterol jahat menguasai tubuh.

Pasalnya, kolesterol jahat yang memiliki kadar berlebihan berpotensi menyebabkan tubuh terserang penyakit-penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke, yang mana kedua penyakit tersebut dapat menyebabkan kematian.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Bagi penderita diabetes, memasukkan buah sukun ke dalam daftar menu sehari-hari juga sangat disarankan. Ya, buah sukun ternyata juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol, lho.

Manfaat sukun yang satu ini, lagi-lagi dihasilkan oleh serat yang terkandung di dalamnya. Serat  berfungi untuk mencegah produksi gula darah yang berlebihan. Anda yang tidak memiliki penyakit diabetes pun juga tak ada salahnya untuk mengonsumsi buah satu ini guna mencegah terserang penyakit tersebut di kemudian hari.

4. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang tengah menjalani program penurunan berat badan, salah satu alternatif buah yang bisa dikonsumsi adalah sukun.

Manfaat buah sukun untuk menurunkan berat badan dikarenakan buah ini mengandung karbohidrat kompleks, yang mana hal tersebut dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama, sehingga frekuensi makan bisa sedikit ditekan guna menunjang keberhasilan diet Anda.

5. Mengendalikan Tekanan Darah

Kandungan mineral yang terdapat pada buah sukun lantas menghasilkan manfaat sukun untuk mengendalikan tekanan darah. Dengan begitu, risiko untuk terkena penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat semakin diminimalisir.

Manfaat makan sukun untuk mengendalikan tekanan darah oleh karena buah ini diperkaya oleh sejumlah mineral seperti zat besi dan fosfor, yang mana keduanya memang memiliki peran penting terkait kesehatan sistem peredaran darah.

Ditambah lagi, adanya senyawa fitokimia pada sukun efektif untuk mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah yang tentunya kondisi ini dapat membahayakan diri Anda.

6. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Tubuh yang tidak mudah terserang penyakit pastilah memiliki daya tahan tubuh yang baik. Guna meningkatkan daya tahan tubuh, mengonsumsi sukun secara rutin adalah salah satu cara yang bisa dilakukan.

Manfaat makan sukun untuk menjaga daya tahan tubuh oleh karena sukun mengandung banyak vitamin C di dalamnya, tepatnya 29 miligram (48 persen dari total angka kebutuhan vitamin C harian). Vitamin C sendiri adalah vitamin yang memiliki tugas untuk melawan infeksi penyakit, bahkan radikal bebas sekalipun mengingat vitamin ini berifat antioksidan.

7. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kandungan mineral berupa kalsium pada buah sukun membuat buah ini dipercaya efektif untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, sekaligus mencegahnya dari pelbagai gangguan kesehatan terkait, seperti osteoporosis, plak gigi, dan sebagainya.

8. Sumber Energi

Setidaknya terdapat 227 kalori dalam setiap 202 gram buah sukun yang Anda konsumsi. Hal ini lantas menjadikan buah sukun sebagai salah satu sumber energi terbaik bagi tubuh. Mengonsumsi sukun secara rutin dapat memberikan pasokan energi yang cukup sehingga Anda dapat beraktivitas dengan baik.

Akan tetapi, imbangi asupan kalori dari buah sukun dengan aktivitas fisik yang memadai agar kalori tidak tersimpan sia-sia dan malah menjadi lemak jahat.

9. Merawat Kesehatan Rambut

Sementara itu, kandungan asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-6 pada buah sukun  menjadikan buah ini layak untuk Anda konsumsi jika ingin memiliki rambut yang senantiasa terawat dan bebas dari sejumlah masalah rambut seperti ketombe, rambut mudah rontok, dan sebagainya.

Asam lemak omega-3 dan omega-6 merupakan jenis asam lemak tak jenuh yang secara ilmiah sudah terbukti efektivitasnya dalam merawat kesehatan rambut.

10. Mengatasi Insomnia

Apakah Anda mengalami gangguan tidur (insomnia)? Maka sukun adalah salah satu solusi sehat untuk mengatasi masalah Anda tersebut.

Manfaat buah sukun untuk mengatasi insomnia ini dikarenakan adanya kandungan mineral magnesium di dalamnya, yang mana magnesium ini memang salah satu fungsi utamanya untuk memperbaiki kulaitas tidur, sekaligus menurunkan kadar stres yang menjadi salah satu pemicu insomnia.

Itu dia daftar manfaat sukun yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!



[ad_2]

Source link

AKDSEO