10 Manfaat Bawang Prei untuk Kesehatan, Ajaib!

10 Manfaat Bawang Prei untuk Kesehatan, Ajaib!

[ad_1]

bawang-prei-doktersehat
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com – Kalau Anda terbiasa memasak makanan, mungkin akan mudah membedakan antara bawang daun dan bawang prei. Ukuran bawang prei lebih besar dengan bagian bawah berwarna putih. Selain digunakan sebagai bahan masakan, kira-kira apa saja manfaat bawang prei?

Manfaat Bawang Prei bagi Kesehatan

Meski aneka bawang-bawangan ini memiliki aroma dan rasa yang sama, manfaat yang diberikan bisa saja berbeda satu dengan lainnya. Nah, berikut manfaat dari bawang prei yang bisa dapatkan kalau rutin mengonsumsinya.

  1. Mengandung cukup banyak nutrient

Meski terlihat seperti sayuran biasa yang tidak terlalu banyak mengandung nutrisi, ternyata bawang prei memiliki cukup banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Nutrisi ini akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan tidak perlu mengonsumsi berbagai pil atau tablet multivitamin lainnya.

Ada kandungan vitamin A dalam bawang prei. Kandungan ini akan penglihatan menjadi lebih sehat. Selanjutnya, ada juga vitamin A juga baik untuk mengatasi masalah penurunan sistem imun dan juga reproduksi.

Vitamin C dan K juga banyak terkandung di dalam bawang prei. Vitamin C akan membuat tubuh menjadi sehat karena daya tahannya meningkat, selain itu ada peningkatan perbaikan sel yang rusak dan meningkatkan produksi kolagen. Untuk vitamin K, tubuh akan mudah melakukan pembekuan darah kalau terjadi luka.

Selain vitamin, bawang prei juga mengandung mangan yang bisa menurunkan nyeri pada wanita yang sedang mengalami PMS. Selanjutnya mangan juga baik untuk menjaga kesehatan tiroid. Terakhir, bawang prei juga mengandung tembaga, vitamin B6, zat besi, dan folat.

  1. Mengandung antioksidan tinggi

Bawang prei mengandung cukup banyak antioksidan yang sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi bawang prei, Anda akan mendapatkan suplai senyawa polifenol yang akan menjaga sel dari radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan melakukan infeksi.

Antioksidan yang dimiliki oleh bawang prei, mungkin juga bisa mengatasi kerusakan sel akibat diabetes atau kanker. Selanjutnya bawang prei juga mengandung allicin yang bisa digunakan untuk anti mikroba yang berbahaya dan menurunkan kadar kolesterol di dalam darah yang cukup tinggi.

  1. Menurunkan inflamasi

Bawang prei mengandung cukup banyak komponen anti inflamasi yang akan membuat Anda jadi jarang mengalami sakit. Sebagian besar sakit yang terjadi di tubuh biasanya disebabkan oleh inflamasi yang berlebihan dan juga sulitnya tubuh dalam memperbaiki sel agar kembali seperti semula.

Inflamasi bisa menyebabkan masalah pada tubuh seperti gangguan pada jantung, pembuluh darah, gangguan pada organ seperti hati, dan masalah lain seperti diabetes. Kalau inflamasi berlebihan di tubuh bisa ditekan, kemungkinan besar tubuh akan menjadi lebih sehat seperti semua.

  1. Menurunkan berat badan

Bawang prei mengandung kalori yang sangat rendah sehingga aman dikonsumsi dalam jumlah banyak. Selain itu, sayuran ini juga mengandung cukup banyak serat yang akan membuat Anda semakin jadi tidak mudah lapar. Serat akan membuat Anda kenyang jauh lebih lama.

Selanjutnya, kandungan serat juga akan menekan rasa lapar yang berlebihan. Hal ini akan membuat kalori yang masuk ke dalam tubuh bisa dikurangi. Kalau Anda bisa melakukan hal ini peluang jadi lebih gemuk atau obesitas akan rendah.

  1. Menjaga tubuh dari kanker

Meski uji coba pada manusia belum banyak dilakukan, kemungkinan besar bawang prei bisa memberikan cukup banyak nutrisi yang mampu mencegah terjadinya kanker tertentu yang berbahaya. Salah satu jenis kanker yang bisa diatasi dengan bawang prei adalah kanker colorectal atau kanker di sekitar anus dan rektum.

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Kalau serat cukup banyak dikonsumsi oleh tubuh, gangguan di saluran cerna akan menurun. Kondisi sembelit dan inflamasi di usus besar tidak akan terjadi sehingga Anda bisa hidup dengan lebih sehat setiap harinya.

  1. Menurunkan gula darah

Bawang prei mengandung sulfur atau belerang. Kandungan ini bisa membuat tubuh mengalami penurunan gula darah cukup signifikan. Kalau Anda mengalami diabetes atau memiliki riwayat dari keluarga, bawang prei adalah sayuran yang tepat untuk dipilih.

  1. Meningkatkan fungsi otak

Kandungan belerang pada bawang prei juga bisa menjaga kesehatan dari otak. Rutin mengonsumsi sayuran itu bisa menurunkan risiko penurunan mental dan juga penuaan otak akibat pertambahan usia.

  1. Mencegah infeksi

Meski belum ada penelitian pada manusia, dari studi yang dilakukan pada hewan menunjukkan adanya kemampuan mengatasi infeksi. Kandungan kaempferol di dalam bawang prei diketahui mampu mencegah infeksi dari bakteri, virus, dan juga jamur. Efek pada manusia mungkin bisa sama meski ada perubahan efektivitasnya.

  1. Aman dikonsumsi dan mudah diolah

Manfaat bawang prei yang terakhir adalah mudah dikonsumsi dan juga diolah.

Anda bisa menggunakan bawang prei untuk berbagai jenis masakan. Apa saja bisa dilakukan mulai dari ditumis, dicampur dengan banyak sayuran, hingga dibuat campuran bumbu lain untuk membuat kaldu yang nikmat.

Kandungan nutrisi yang cukup besar juga membuat bawang prei bisa dikonsumsi oleh siapa saja. Apalagi ada kandungan serat yang cukup tinggi, bawang prei bisa menjadi prebiotik dan membuat sehat bakteri baik yang berada di dalam usus dan proses pembuangan akan berjalan lancar.

Itu dia beberapa manfaat bawang prei yang bisa kita dapatkan kalau rutin mengonsumsinya. Anda bisa menggunakan bawang prei untuk membuat berbagai macam masakan termasuk menggoreng telur atau tumisan. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan membuat Anda semakin suka makan berbagai jenis sayuran.



[ad_2]

Source link

AKDSEO