10 Makanan yang Mengandung Potasium Tinggi

10 Makanan yang Mengandung Potasium Tinggi

[ad_1]

makanan-kaya-potasium-doktersehat

DokterSehat.Com – Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tidak hanya protein, lemak, dan karbohidrat yang menyuplai energi setiap hari. Anda juga disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi. Kandungan mineral dan vitamin dapat membantu kinerja organ tubuh.

Makanan yang mengandung potasium tinggi

Selama ini kita sudah tahu kalau pisang mengandung potasium yang tinggi. Selain buah tersebut, ada beberapa makanan yang mengandung potasium tinggi yaitu:

  1. Kentang

Kentang adalah salah satu sumber dari potasium yang sangat besar. Anda disarankan untuk mengonsumsi tomat dalam jumlah cukup setiap harinya. Misal dalam satu hari Anda makan 1-2 porsi kentang sebagai pengganti karbohidrat. Satu porsi kentang akan memberikan sekitar 941 mg potasium. Hindari penambahan garam dan digoreng saat mengolah.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung cukup banyak nutrisi untuk tubuh, Mengonsumsi sayuran hijau akan menyuplai serat yang cukup banyak dan juga protein. Selanjutnya beberapa jenis sayuran hijau juga mengandung potasium yang jumlahnya cukup banyak. Misal satu takaran bayam ada sekitar 838 mg potasium.

  1. Lentil

Lentil adalah salah satu pengganti protein yang cukup bisa diandalkan. Dengan mengonsumsi lentil, Anda akan mendapatkan juga suplai serat yang cukup banyak. Mengonsumsi lentil juga bisa membantu tubuh dalam menurunkan kadar garam secara berlebihan. Satu takaran saji lentil mengandung sekitar 731 mg potasium.

  1. Jus tomat

Jus tomat atau tomat dalam bentuk puree memiliki kandungan potasium yang cukup banyak. Anda bisa membuat sendiri jus tomat atau membeli dalam bentuk kemasan. Dalam setengah mangkuk jus tomat mengandung sekitar 500 mg potasium yang membantu tubuh dalam meregulasi air dan juga garam.

  1. Sayuran dan buah tertentu

Beberapa jenis buah dan sayuran juga menawarkan potasium dalam jumlah banyak. Buah dan sayuran ini bisa dalam bentuk jus segar atau dalam bentuk kemasan kaleng. Buah markisa mengandung 687 mg potasium, jeruk mengandung 496 mg, dan wortel mengandung 689 mg.

  1. Kacang polong

Beberapa jenis kacang polong mengandung cukup banyak potasium per satu takaran saji. Rata-rata potasium yang akan didapatkan sekitar 354-612 mg. Anda bisa mengolahnya menjadi apa saja termasuk dikukus atau dibuat puree.

  1. Kismis

Sekitar setengah mangkuk kismis mengandung 618 mg potasium. Anda bisa mengonsumsi kismis secara langsung atau dicampur dengan bahan lainnya untuk membuat kue.

  1. Yoghurt

Satu takaran saji yoghurt alami tanpa ada campuran sama sekali mengandung sekitar 579 mg potasium. Selain itu, dalam yoghurt juga terkandung cukup banyak kalsium yang baik untuk tulang serta probiotik yang baik untuk kesehatan perut.

  1. Ubi jalar

Ubi jalar sama halnya dengan kentang, hanya saja ubi jalar lebih banyak mengandung betakaroten. Rasanya yang manis dan nikmat memudahkan Anda dalam mengolahnya menjadi apa saja kecuali digoreng dengan minyak yang banyak.

  1. Makanan laut

Ada beberapa jenis makanan laut yang mengandung cukup banyak potasium. Selain potasium yang baik untuk peredaran darah, ada juga kandungan omega-3 yang baik untuk otak dan protein untuk otot. Rutin mengonsumsi makanan laut bisa membuat kita lebih sehat.

Beberapa jenis makanan laut dengan potasium tinggi per satu takar saji adalah ikan makarel, halibut, dan salmon.

Manfaat potasium untuk tubuh

Potasium banyak ditemukan di makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Disadari atau tidak, potasium ini ternyata memiliki cukup banyak peranan untuk tubuh sehingga kita harus bisa memenuhinya. Berikut beberapa manfaat dari potasium.

  • Membuat cairan di dalam tubuh menjadi lebih seimbang. Potasium akan membantu menurunkan jumlah sodium atau garam yang mengikat air. Kalau dua hal ini ada dalam tubuh dan cukup seimbang, gangguan pada tubuh tidak akan terjadi.
  • Mineral ini bekerja sebagai salah satu aktivator dari saraf. Kalau mineral tidak dimiliki oleh tubuh dalam jumlah yang cukup gangguan pada saraf akan terjadi. Kalau jumlah potasium di dalam tubuh seimbang, fungsi jantung, dan refleks yang dimiliki seseorang akan membaik.
  • Potasium bermanfaat untuk kontraksi dan kemampuan dari otot. Seperti yang sudah kita tahu, sebagian besar alat gerak di tubuh menggunakan otot. Kalau otot mengalami penurunan fungsi, kemungkinan menjadi lemah akan besar. Kalau otot jadi lemah, Anda akan sulit bergerak dan mengangkat benda yang terlalu berat.
  • Fungsi yang paling sering dimanfaatkan dari potasium baik dalam bentuk suplemen atau makanan adalah menstabilkan tekanan darah. Mineral ini mampu menurunkan tekanan darah yang terlalu tinggi atau hipertensi. Kalau tekanan darah Anda terlalu tinggi, perbanyak potasium yang masuk ke dalam tubuh.
  • Seseorang yang memiliki kadar potasium seimbang di dalam tubuh akan menurunkan risiko stroke. Dari beberapa penelitian yang dilakukan, mengonsumsi makanan dengan kandungan potasium bisa menurunkan risiko stroke hingga 21%.
  • Membantu mencegah osteoporosis. Wanita dengan usia di atas 50 tahun biasanya rentan mengalami pengeroposan tulang belakang dan patah kalau melakukan aktivitas yang terlalu intens.
  • Menurunkan risiko batu ginjal yang berbahaya untuk tubuh. Dari penelitian yang dilakukan pada 90.000 wanita mengonsumsi makanan dengan kandungan potasium bisa menurunkan risiko terkena batu ginjal hingga 35%.

Itu dia beberapa makanan yang mengandung potasium tinggi dan juga manfaat potasium bagi kesehatan tubuh. Kira-kira, mana yang Anda suka?



[ad_2]

Source link

AKDSEO