10 Makanan Ungu yang Sehat dan Bermanfaat

10 Makanan Ungu yang Sehat dan Bermanfaat

[ad_1]

buah-dan-sayur-ungu-doktersehat

DokterSehat.Com – Makanan dengan warna tertentu baik itu sayur atau buah memiliki kandungan nutrisi tertentu. Misal makanan dengan warna oranye atau merah mengandung banyak vitamin A yang baik untuk mata. Selain itu ada juga makanan dengan warna ungu yang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Makanan Ungu yang Bagus untuk Kesehatan

Buah dan sayuran yang ada di luar sana memiliki warna yang berbeda-beda. Ada yang warnanya merah, hijau, dan juga ungu. Pada pembahasan ini kita akan mengulas berbagai jenis makanan ungu yang memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

  1. Ubi ungu

Ubi ungu adalah sumber karbohidrat kompleks yang akan memberikan rasa kenyang cukup tinggi. Selain itu ubi ungu juga merupakan sumber dari berbagai jenis vitamin seperti A, B, dan C. Rutin mengonsumsi ubi ungu juga akan membuat Anda mendapatkan cukup banyak antioksidan seperti anthocyanin.

Ubi ungu bisa diolah menjadi apa saja termasuk kue dan juga tepung. Kalau Anda ingin mengatasi inflamasi yang terjadi di tubuh, ubi ungu bisa digunakan. Selain itu ubi ungu juga bisa mengatasi masalah kegemukan, dan juga melindungi tubuh dari kanker tertentu seperti kanker kolon.

  1. Blackberry

Kandungan polifenol yang merupakan antioksidan kuat cukup banyak pada blackberry. Buah yang diperas memiliki warna ungu ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat besar. Vitamin ini akan membuat tubuh tidak mudah sakit karena radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh bisa segera diatasi.

Selain menjaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit, gangguan pada organ seperti penyakit jantung juga akan dicegah. Antioksidan juga akan melindungi tubuh dari munculnya sel kanker yang sangat berbahaya. Anda bisa makan blackberry secara langsung atau dibuat jadi jus dan dikeringkan.

  1. Bunga kol ungu

Beberapa orang mungkin akan menganggap kalau bunga kol ungu memiliki nutrisi yang sama dengan kol biasa yang warnanya putih. Namun, mutasi yang menyebabkan warna ungu justru memberikan tambahan antioksidan yang besar. Ada kandungan anthocyanins yang besar pada bunga kol ungu yang dikonsumsi.

Warna ungu juga memberikan tambahan manfaat dalam hal pencegahan inflamasi yang terjadi di tubuh dan mencegah terjadinya kanker. Beberapa jenis kanker seperti kolorektal akan dicegah dengan baik dan risiko masalah pencernaan lain juga akan diturunkan.

  1. Terong ungu

Kalau Anda suka mengolah terong ungu, usahakan untuk tidak mengupas bagian luar sampai habis dan hanya menyisakan dagingnya saja. Nutrisi dari terong ungu juga banyak terdapat di kulit. Bahkan, antioksidan yang ada di dalam kulit cukup tinggi dan bisa mencegah radikal bebas.

Kandungan nutrisi pada kulit terong ungu yang lain adalah mencegah inflamasi yang terjadi di dalam tubuh. Selanjutnya gangguan pada jantung juga bisa dicegah sehingga tubuh jadi lebih sehat dan fungsi kardiovaskular terjaga.

  1. Markisa

Markisa memiliki kulit luar berwarna kekuningan dan kadang ungu. Di dalamnya ada biji yang dilapisi selaput manis atau asam. Nutrisi markisa terletak pada isi buahnya. Ada banyak kandungan vitamin C yang akan membuat tubuh jadi lebih sehat dan juga segar. Markisa bisa dimakan langsung atau diperas lalu dibuat jadi minuman hangat.

  1. Wortel ungu

Wortel ungu mengandung nutrisi penting seperti anthocyanins, cinnamic acid, dan chlorogenic acid. Nutrisi dalam bentuk antioksidan itu akan mencegah tubuh dari obesitas dan juga mencegah terjadi diabetes. Gula darah di dalam tubuh akan terkontrol dengan baik setiap hari.

Anda bisa mengonsumsi wortel ungu secara langsung atau mencampurnya menjadi jus bersama buah. Rasanya cenderung manis dan renyah. Jangan terlalu banyak mengolah wortel apalagi sampai direbus karena nutrisi bisa hilang.

  1. Kubis ungu

Salah satu sayuran ungu yang memiliki cukup banyak nutrisi adalah kubis ungu. Sayuran ini lebih banyak dikonsumsi secara langsung untuk salad atau dimasak dalam bentuk tumis atau berkuah. Kubis ungu mengandung antioksidan yang cukup besar dan juga vitamin C.

Makan kubis ungu bisa mengobati inflamasi yang terjadi di tubuh dan juga meningkatkan kesehatan organ secara menyeluruh. Konsumsi secara rutin atau beberapa kali seminggu dan dikombinasikan dengan jenis sayuran lain.

  1. Manggis

Manggis bisa dimanfaatkan buah di bagian dalam yang memiliki rasa manis dan asam atau di bagian kulit luarnya. Bagian kulit bisa dikeringkan lalu diambil ekstraknya. Baik buah atau kulitnya yang memiliki warna ungu memiliki cukup banyak antioksidan yang bisa mengatasi masalah radikal bebas dan juga inflamasi.

  1. Akar Bit

Akar bit merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Akar bit bisa digunakan untuk membuat jus, dimakan langsung sebagai salad, atau diolah menjadi pewarna makaan alami untuk membuat mi atau berbagai jenis kue.

  1. Acai berry

Acai berry adalah jenis buah buni yang memiliki warna ungu pekat dan memiliki rasa cukup nikmat. Penggunaan acai berry mulai mengalami peningkatan setelah diketahui ada kandungan antioksidan yang cukup tinggi seperti anthocyanins. Antioksidan ini akan membantu anda dalam mengatasi gula darah dan kolesterol yang tinggi.

Acai berry bisa dimakan secara langsung dalam kondisi segar. Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk kering atau dalam ekstrak yang sudah dimasukkan ke dalam kapsul.

Inilah beberapa makanan ungu yang bisa kita konsumsi setiap hari dan memiliki cukup banyak nutrisi. Dari beberapa buah dan sayur yang disebutkan di atas, kira-kira mana yang pernah Anda konsumsi? Semoga ulasan di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan agar memiliki variasi makanan sehat setiap hari.



[ad_2]

Source link

AKDSEO