10 Makanan Terbaik untuk Mengontrol Diabetes

By | July 27, 2019


DokterSehat.Com – Diabetes memang tidak bisa disembuhkan dengan sempurna kalau Anda mengalaminya. Namun, kondisi ini bisa dikendalikan dengan baik dan gejalanya tidak muncul dan merugikan tubuh. Kalau Anda terlanjur memiliki diabetes, cara terbaik untuk bertahan hidup dan menjalankan aktivitas dengan normal adalah dengan mengatur pola makan setiap harinya.

Makanan untuk mengendalikan diabetes

Makanan yang digunakan untuk mengendalikan diabetes ada banyak dan bisa dikonsumsi secara rutin. Meski pola makan harus diatur dengan baik, Anda tidak akan merasa tersiksa saat melakukannya. Berikut beberapa makanan yang bisa dikonsumsi.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau yang biasanya kita konsumsi ternyata mengandung cukup banyak manfaat untuk tubuh. Salah satu manfaat itu adalah menyuplai antioksidan yang cukup banyak. Antioksidan digunakan untuk menjaga daya tahan tubuh dan juga mencegah terjadinya radikal bebas masuk ke dalam tubuh.

Pada mereka yang mengalami masalah diabetes tipe 2 pada tubuh, sayuran hijau khususnya yang berbentuk daun akan memberikan vitamin C. Vitamin ini akan menurunkan inflamasi di tubuh dan menjaga gula darah saat puasa agar tidak terlalu tinggi. Sayuran hijau juga mengandung kalori yang kecil dan kandungan karbohidratnya rendah.

  1. Ikan berlemak

Mengalami diabetes erat hubungannya dengan masalah pembuluh darah. Agar tidak terjadi masalah pada pembuluh darah dan memicu gangguan di jantung, ada baiknya mengonsumsi makanan dengan kandungan DHA dan EPA. Dua nutrisi ini terdapat pada ikan berlemak seperti tuna dan salmon.

Rutin mengonsumsi ikan berlemak akan membuat tubuh jadi lebih sehat dan juga terhindari dari berbagai inflamasi. Terlebih lagi lemak yang terkandung pada ikan juga dibutuhkan oleh tubuh untuk mendapatkan suplai energi dan menggantikan kebutuhan karbohidrat yang pantang saat terkena diabetes.

  1. Telur

Telur sering dihindari karena mengandung lemak dan kolesterol Namun, dua hal itu justru dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi lemak bisa menyuplai energi dalam jumlah banyak. Seseorang dengan kondisi diabetes bisa mengonsumsi telur untuk menurunkan inflamasi di tubuh, meningkatkan sensitivitas insulin, dan meningkatkan HDL.

Telur juga mengandung protein yang baik untuk menyuplai energi dan memberikan tubuh rasa kenyang lebih lama. Rebus telur atau goreng dengan minyak kelapa asli untuk mendapatkan manfaatnya yang besar.

  1. Kayu manis

Kayu manis memiliki dua manfaat untuk mereka yang mengalami diabetes tipe 2. Pertama menyuplai antioksidan dalam jumlah banyak. Seseorang dengan kondisi diabetes biasanya mudah sekali mengalami masalah pada tubuh dalam bentuk sakit.

Selanjutnya, rutin mengonsumsi kayu manis yang diseduh menjadi teh atau mengonsumsi ekstranya bisa menurunkan hemoglobin A1c. Kalau kandungan hemoglobin A1c turun, kemungkinan besar akan memengaruhi tingginya gula darah. Jadi, pastikan gula darahnya rendah agar tubuh selalu sehat.

  1. Chia dan Flex seed

Secara umum manfaat dari chia dan flax seed adalah sama. Dua biji ini mengandung cukup banyak lemak yang sehat. Selanjutnya kandungan proteinnya cukup besar serta kandungan seratnya yang bisa diandalkan. Mengapa bisa diandalkan? Karena seratnya bisa membuat saluran cerna menjadi sehat.

Serat akan menyelimuti usus di tubuh. Saat glukosa masuk ke sana, penyerapannya akan menjadi sangat lambat akibat serat terlarut. Dengan penyerapan yang sangat rendah, Anda tidak akan mengalami peningkatan gula darah berlebihan dan tubuh jadi lebih sehat.

  1. Yoghurt

Yoghurt mengandung cukup banyak probiotik yang bermanfaat untuk kesehatan usus. Anda bisa mengonsumsi yoghurt yang plain atau tanda tambahan gula. Kalau Anda melakukannya kesehatan jantung akan meningkat dan kontrol gula darah bisa dilakukan.

  1. Kunyit

Kunyit yang dikonsumsi secara rutin bisa menyebabkan kenaikan daya tahan tubuh secara menyeluruh. Peluang mengalami inflamasi juga sangat rendah. Dengan inflamasi yang rendah di tubuh, kenaikan gula darah tidak akan terjadi. Anda bisa menggunakan kunyit setiap hari sebagai minuman atau campuran makanan.

  1. Kacang-kacangan

Kacang memang mengandung beberapa karbohidrat, tapi kalau dikonsumsi dengan jumlah yang tepat justru bisa meningkatkan sensitivitas insulin. Inflamasi di dalam tubuh akan rendah serta jumlah hemoglobin A1c serta level LDL akan rendah.

  1. Minyak zaitun

Seseorang yang mengalami diabetes tipe 2 umumnya kerap mengalami masalah dengan sistem peredaran darahnya. Secara umum level dari HDL atau kolesterol buruk di dalam tubuh akan meningkat. Selanjutnya trigliserida juga ikut naik. Kalau kondisi ini tidak dicegah masalah penyumbatan pembuluh darah dan gangguan jantung bisa terjadi.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara mengonsumsi minyak zaitun. Anda bisa menggunakan minyak ini untuk menggoreng bahan makanan atau cukup konsumsi sebanyak 1-2 sendok setiap hari kalau dibutuhkan atau kebutuhan lemak Anda masih rendah.

  1. Cuka apel

Cuka apel adalah salah satu minuman yang cukup bermanfaat untuk tubuh secara umum. Khusus pada penderita diabetes, manfaatnya yang paling utama adalah untuk meningkatkan sensitivitas insulin di tubuh dan membuat gula darah di dalam tubuh saat seseorang sedang tidak makan atau puasa.

Kalau Anda memiliki diabetes, ada baiknya untuk mengonsumsi cuka apel secara rutin sebanyak dua sendok teh lalu dicampur dengan air hangat. Selanjutnya, minum sebelum tidur di malam hari. Karena selama 8 jam kita akan puasa saat tidur, cuka apel akan menstabilkan gula darahnya agar tidak naik signifikan.

Inilah beberapa makanan yang bisa Anda gunakan untuk mengendalikan diabetes. Dengan menggunakan makanan di atas, kondisi tubuh akan selalu sehat setiap saat. Selama gula darah di dalam tubuh bisa dikontrol dengan baik, Anda tidak perlu khawatir dan tetap bisa menjalani kehidupan layaknya orang normal lain.

 





Source link